3 Potensi Manfaat Bayam Merah Berikut Patut Diapresiasi

Bayam merah atau biasa disebut bayam China merupakan salah satu tanaman bernilai ekonomis tinggi. Meski memiliki penyimpangan secara morfologi, bukan berarti manfaat bayam merah tidak ada sama sekali.

Tumbuhan bernama Latin Amaranthus dubius ini dianggap memiliki memiliki set kromosom lengkap yang berasal dari spesies berbeda. Lalu, mungkinkah manfaat bayam merah bisa berguna bagi kesehatan tubuh? Beberapa penelitian dari tumbuhan yang biasa tumbuh antara 80-120 cm tersebut memang masih jarang.

3 potensi manfaat bayam merah berikut patut diapresiasi - alodokter

Meski jarang, beberapa di antaranya termasuk memiliki kesimpulan yang signifikan bagi manusia.

  • Meningkatkan kinerja saat berolahraga

Potensi manfaat bayam merah yang pertama dikaitkan dengan kemampuannya memperbaiki kinerja seseorang. Sebuah penelitian menggunakan ekstrak bayam merah dilakukan guna menguji efek sayuran tersebut pada kinerja olahraga, reaktivitas vaskular, dan aliran darah. Penelitian ini dilakukan mengingat bayam merah kaya akan nitrat. Senyawa tersebut dianggap berguna sebagai penyedia energi bagi tubuh selama melakukan olahraga.

Nitrat diprediksi mampu membantu sel menggunakan oksigen lebih ekonomis. Hal ini akan berguna ketika seseorang berolahraga. Salah satu keuntungannya adalah  membantu atlet untuk menahan rasa lelah lebih lama. Misalnya pada saat bersepeda dan lari jarak jauh. Hanya saja karena penelitian masih dalam proses, maka diperlukan banyak studi lainnya guna memperkuat bukti.

  • Sebagai bahan antikanker

Penelitian lain mencoba mencari tahu manfaat bayam merah sebagai pelawan penyakit kanker. Penelitian ini sendiri menggunakan ekstrak air dari bayam merah. Berdasarkan penelitian in vitro, ditemukan bahwa ekstrak bayam merah ini bisa menghambat perkembangbiakan sel kanker hati dan kanker payudara. Efek menghambat dengan persentase yang lebih kecil juga ditemukan pada sel kanker usus besar.

Manfaat bayam merah juga diujicobakan pada tikus. Kesimpulan dari penelitian ini juga sama, perkembangan sel kanker dalam tikus bisa dihambat dengan ekstrak tumbuhan ini. Tikus-tikus tersebut diberikan suplemen yang mengandung ekstrak air bayam merah sebanyak 5 persen, 7,5 persen, dan 10 persen. Hasilnya, semua tikus yang diberi suplemen tersebut memiliki aktivitas tumor marker yang terhambat. Hambatan paling signifikan didapat pada tikus yang diberi suplemen sebanyak 10 persen.

  • Meningkatkan respons glikemik

Potensi manfaat bayam merah lainnya adalah sebagai bahan untuk meningkatkan asupan serat guna mendongkrak profil lipid dan respons glikemik. Penelitian ini memakai roti yang terbuat dari bayam merah.

Studi ini memakai tikus sebagai bahan percobaan dan dibagi ke dalam tiga kelompok. Kelompok pertama diberi roti tanpa bayam merah, kedua diberi roti yang mengandung 10 persen bayam merah, dan kelompok ketiga diberi roti dengan 20 persen bayam merah. Hasilnya memperlihatkan bahwa ada perbedaan statistik yang signifikan pada konsentrasi glukosa, trigliserida, dan protein pada tikus yang diberikan roti dan bayam merah dengan konsentrasi 10 dan 20 persen.

Meski penelitian-penelitian mengenai manfaat bayam merah masih belum banyak, namun sayuran ini memang sudah digunakan sebagai salah satu bahan makanan, terutama di negara-negara Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Afrika. Jika negara-negara Asia Selatan dan Asia Tenggara hanya menggunakannya untuk dimasak, maka negara-negara Afrika menggunakannya sebagai obat tradisional.