3 Potensi Manfaat Jahe Merah yang Belum Diketahui

Jahe merah berbeda dengan jahe pada umumnya, terutama karena memiliki warna ungu berkat kandungan antosianin di kulitnya. Pengobatan tradisional Indonesia sudah terbiasa dengan menjadikan jahe merah sebagai tanaman herba yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat jahe merah kemungkinan bukan isapan jempol belaka. Penelitian yang dilakukan belakangan membuktikan bahwa beberapa masalah kesehatan mungkin bisa diatasi oleh jahe merah yang memiliki nama Latin Zingiber officinale var. Rubra.

[caption id="attachment_134779" align="alignnone" width="650"]Fresh Organic Oriental Ginger on a background Fresh Organic Oriental Ginger on a background[/caption]

Berpotensi Sebagai Antiperadangan

Di Indonesia, jahe merah dipercaya efektif untuk mengatasi rasa nyeri akibat radang sendi. Sebuah penelitian pada hewan mencoba untuk mengkonfirmasi seberapa efektif peran jahe merah untuk meredakan peradangan baik yang bersifat kronis maupun akut. Jahe merah dites untuk penelitian ini adalah yang telah diekstraksi. Hasil penelitian tersebut menemukan bahwa jahe merah memiliki potensi untuk menekan proses peradangan yang bersifat akut maupun kronis.

Bisa Juga untuk Mencegah Hipertensi dan Penyakit Kardiovaskular

Salah satu manfaat jahe, termasuk manfaat jahe merah, yang telah lama dipercaya adalah perannya dalam mengelola dan mencegah hipertensi dan penyakit kardiovaskular. Penelitian untuk membuktikan hal tersebut kemudian dilakukan dengan menggunakan ekstrak cair dari jahe putih dan jahe merah kepada tikus.

Penelitian ini dikhususkan untuk meneliti bagaimana kaitan jahe dan enzim yang memegang peranan kunci terhadap terjadinya hipertensi. Hasilnya, ekstrak jahe merah memiliki peran yang lebih signifikan dalam menghambat enzim yang terkait dengan hipertensi.

Peran jahe lainnya yang muncul dalam penelitian ini adalah kemampuannya untuk menghambat terjadinya peroksidasi lipid di organ hati atau proses terjadinya kerusakan oksidatif pada lemak di hati. Kemungkinan besar, kemampuan untuk mencegah hipertensi dan penyakit kardiovaskular tersebut dikarenakan adanya kandungan polifenol.

Manfaat Jahe Merah sebagai Antioksidan

Manfaat lain yang dimiliki tanaman asli Asia Tenggara ini adalah terkait dengan aktifitas antioksidan. Telah diketahui bahwa terjadinya peroksidasi (kerusakan oksidatif) pada membran sel dan tingginya kadar ion besi terkait dengan berbagai penyakit degenerasi saraf dan gangguan otak. Sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa ekstrak jahe merah dan jahe putih mempunyai efek proteksi terhadap otak dengan cara menghalangi terjadinya peroksidasi oleh ion besi pada otak. Pada penelitian tersebut, jahe merah lebih mempunyai efek proteksi  dibandingkan jahe putih.

Dugaan yang muncul pada penelitian tersebut adalah adanya aktivitas antioksidan sebagai mekanisme jahe melindungi sel-sel di otak. Dengan begitu, penelitian ini menyimpulkan bahwa mengonsumsi jahe mungkin dapat mencegah dan melawan stres oksidatif di otak.

Meski jahe merah dalam beberapa penelitian di atas menunjukkan manfaat yang baik untuk kesehatan, namun perlu diingat penelitian-penelitian tersebut masih dalam tahapan pengujian pada hewan dan hingga saat ini belum ada rangkuman komprehensif mengenai hasil penelitian-penelitian tersebut. Khusus terkait mengobati masalah kesehatan, keterlibatan dokter akan lebih disarankan demi mendapatkan hasil yang optimal.