4 Informasi Dasar tentang Persalinan yang Wajib Diketahui Para Calon Ibu

Buat wanita yang baru pertama kali hamil mungkin penasaran dan bertanya-tanya mengenai seluk-beluk dunia persalinan. Nah, informasi dasar mengenai persalinan berikut ini mungkin bisa memberi gambaran kepada para calon ibu mengenai proses persalinan.

Sebenarnya, proses persalinan yang dijalani tiap wanita berbeda-beda. Namun, secara garis besar, kamu akan melalui proses persalinan seperti penjelasan di bawah ini:

4 Informasi Dasar tentang Persalinan yang Wajib Diketahui Para Calon Ibu

Tanda-tanda awal kamu akan melahirkan. Ketika sudah mendekati waktu melahirkan, tubuhmu akan mulai mempersiapkan diri untuk mengeluarkan Si Kecil dari kandungan. Beberapa hal yang mungkin terjadi yaitu:

  • Suasana hatimu menjadi tidak menentu. Kamu mungkin akan terbangun dengan perasaan yang sangat bersemangat menyambut kehadiran Buah Hati ke dunia, namun terkadang kamu bisa merasa sangat emosional.
  • Tidur menjadi tidak nyenyak.
  • Punggung bagian bawah terasa sakit. Rasanya seperti ketika kamu sedang menstruasi.
  • Terasa ada tekanan pada panggul atau seperti ada sensasi bayi yang mulai bergeser ke bawah (jalan lahir).
  • Produksi cairan vagina meningkat. Cairan tersebut berwarna jernih, pink (merah muda) atau bisa disertai sedikit darah. Kondisi ini mungkin dapat terjadi beberapa hari sebelum atau saat persalinan terjadi.
  • Kontraksi akan kamu rasakan pada saat ini. Ketika mengalami hal tersebut, kamu akan mengalami perasaan mulas atau perut seperti dicengkeram, lalu kemudian rileks kembali. Kontraksi dapat muncul secara berkala, misal tiap beberapa menit sekali. Mendekati persalinan, kontraksi dapat muncul lebih kuat, lebih lama, dan makin sering.
  • Air ketuban pecah. Kebanyakan wanita dapat mengalami pecah ketuban saat persalinan, namun ada juga yang sebelumnya. Terkadang sulit untuk mengetahui bahwa air ketuban telah pecah. Itu karena keluarnya air ketuban mungkin mirip dengan urine, sehingga sulit untuk membedakan keduanya. Untuk mengetahui seperti apa rasanya air ketuban yang pecah, kamu bisa membacanya di sini.

Kapan harus bergegas ke rumah bersalin? Kamu disarankan untuk pergi ke rumah bersalin ketika kontraksi terjadi sekitar 30 hingga 60 detik dan waktu munculnya berselang 3 hingga 5 menit.

Kamu juga harus segera meluncur ke rumah bersalin ketika:

  • Kamu merasa air ketubanmu telah pecah.
  • Mengalami perdarahan vagina.
  • Pergerakan bayimu berkurang dari biasanya.
  • Kamu merasa demam, pusing, atau nyeri perut yang hebat.

Apakah melahirkan sakit? Melahirkan memang menyakitkan, namun kamu tidak perlu khawatir karena tubuhmu sudah didesain untuk bisa menghadapinya, kok. Lagipula, rasa sakit ini bisa memberikan informasi mengenai sudah sejauh mana proses persalinan berlangsung. Jika tidak tahan dengan rasa sakitnya, kamu bisa memanfaatkan metode pengurang rasa sakit baik secara medis atau alami.

Berapa lama proses persalinan berlangsung? Sebenarnya tidak ada yang bisa memprediksi berapa lama proses persalinan normalmu akan berlangsung. Semua itu tergantung dari berbagai faktor seperti posisi dan ukuran bayi, kekuatan kontraksi, dan seberapa mudah rahim kamu melebar.

Jika mau diperkirakan, tim medis biasanya menghitung proses persalinan sejak tubuhmu sudah mulai aktif menghadapi persalinan. Fase aktif ini ditandai oleh kontraksi yang datangnya lebih kuat, lebih lama (5 hingga 60 detik), dan lebih sering (setiap 3 atau 4 menit sekali), dan serviks kamu telah terbuka sebesar 3-4 cm.

Untuk wanita yang baru pertama kali melahirkan, fase aktif mungkin dapat berlangsung sekitar 8-17 jam, ditambah waktu mengejan sekitar 1 hingga 2 jam. Jika kamu sudah pernah melahirkan, fase aktif mungkin memakan waktu sekitar 5-12 jam ditambah waktu mengejan paling lama sejam (seringnya hanya memakan waktu 5 hingga 10 menit).

Tahapan terakhir dari proses persalinan adalah lahirnya plasenta. Plasenta bisa keluar secara alami atau dengan bantuan dari tenaga medis. Secara alami, plasenta akan keluar dari rahim selama sekitar 20 menit, dan akan lebih cepat bila dibantu oleh tenaga medis (5-10 menit).

Meski tanggal prediksi persalinanmu masih jauh, kamu bisa, kok, mulai mempersiapkan dirimu  untuk menghadapi persalinan. Salah satu caranya dengan mencari tahu segala informasi yang berkaitan dengan persalinan. Bekal informasi ini bisa bermanfaat, lho, saat waktunya tiba. Kamu akan lebih siap dari segi fisik dan mental karena kamu sudah tahu gambaran yang dapat terjadi selama proses persalinan berlangsung.