5 Cara Melebatkan Rambut untuk Mempercantik Penampilan

Memiliki rambut yang tebal berkilau tentu merupakan dambaan seorang wanita. Guna mendapatkan rambut yang tebal dan terlihat indah tidak jarang wanita rela merogoh kocek dalam-dalam untuk beragam perawatannya. Padahal sebenarnya, masih ada beberapa cara melebatkan rambut yang sederhana dan tidak mahal.

Rambut tipis dapat disebabkan oleh beragam hal, mulai dari kondisi kesehatan tertentu hingga cara perawatan rambut yang salah. Bagi seorang wanita, memiliki rambut yang tipis dapat menurunkan rasa percaya diri. Guna mengatasinya  dan mendapatkan rambut yang lebat, penting untuk mengetahui cara melebatkan rambut dan cara merawat rambut yang benar.

5 cara melebatkan rambut untuk mempercantik penampilan - alodokter

Cara Melebatkan Rambut Alami dan Mudah

Jika Anda ingin mendapatkan rambut yang lebat dan alami, selain mengetahui beragam bahannya, Anda juga perlu lebih bersabar untuk mendapatkan hasilnya. Simak beberapa cara di bawah ini:
  • Gunakan masker kelabat Mungkin jenis bijian rempah yang satu ini tidak cukup akrab di kuping Anda. Tapi nyatanya, menggunakan masker rambut kelabat ternyata dipercaya dapat menjadi salah satu cara melebatkan rambut secara alami. Kelabat atau fenugreek adalah tanaman yang dibudidayakan di seluruh dunia dan biasa ditemukan dalam bumbu masakan India. Cara membuatnya, rendam beberapa biji kelabat ke dalam air selama kurang lebih 10 jam. Setelah selesai, aduk hingga merata dan menjadi cukup kental untuk digunakan sebagai masker. Oleskan ke rambut dan diamkan sekitar setengah jam, lalu bilas rambut Anda dengan menggunakan air yang digunakan saat merendam biji kelabat. Tidak hanya bisa membuat rambut menjadi lebat, kelabat juga dipercaya dapat mengurangi ketombe.
  • Gunakan masker telur Telur mengandung protein yang dipercaya dibutuhkan oleh rambut dan dapat membantu dalam melebatkan rambut. Caranya mudah, cukup campurkan getah lidah buaya dengan dua butir telur (Sesuai panjang rambut Anda). Diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian cuci hingga bersih dengan menggunakan air hangat.
  • Mengonsumsi cukup protein untuk rambut yang lebih lebat Siklus pertumbuhan rambut terbagi menjadi 3 bagian, yaitu anagen, telogen, dan katagen. Anagen merupakan fase pertumbuhan dengan rentang masa waktu antara 24 bulan hingga 8 tahun. Pada fase ini, folikel rambut aktif membentuk dan menumbuhkan rambut. Katagen adalah fase transisi yaitu selama¬† folikel rambut berubah bentuk menjadi ciut dalam waktu 14 hari hingga 21 hari. Fase katagen ditandai gumpalan rambut yang tiba-tiba rontok. Sedangkan telogen adalah fase di mana rambut beristirahat yang tampak dari adanya warna putih di akar rambut yang tercabut. Siklus ini bisa rusak jika rambut kekurangan protein. Oleh sebab itu, jika Anda ingin pertumbuhan rambut tidak terhambat dan rambut menjadi lebat, pastikan rambut mendapat cukup protein baik dari luar maupun dari dalam. Misalnya dengan mengonsumsi polong-polongan, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, telur, dan daging tanpa lemak.
  • Hindari rambut semakin menipis dengan zat besi Tidak hanya protein, rambut juga membutuhkan zat besi agar tidak rontok dan semakin menipis. Anda disarankan mengonsumsi cukup zat besi setiap harinya. Anda bisa dapatkan zat besi dari makanan seperti bayam, tiram, jeroan, kerang, biji labu, polong-polongan, dan sereal yang diperkaya dengan zat besi. Jangan mengonsumsi suplemen zat besi tanpa anjuran dokter, terlalu banyak zat besi justru dapat membahayakan tubuh.

Cara Melebatkan Rambut dengan Kebiasaan Baik

Selain melakukan beberapa cara melebatkan rambut di atas, yang perlu Anda perhatikan agar rambut dapat tumbuh dengan mulus tanpa hambatan atau bahkan tidak menjadi tambah tipis adalah dengan memerhatikan kebiasaan cara merawat rambut Anda.

Misalnya, dengan mengganti model penataan rambut yang dapat menyebabkan rambut patah atau rontok karena penggunaan aksesoris rambut yang terlalu ketat. Teratur memangkas rambut juga baik untuk rambut Anda, cara ini dipercaya dapat mengurangi rambut pecah atau rusak.

Cara melebatkan rambut lainnya adalah dengan tidak sering menyisir dan mencuci rambut. Pasalnya, kedua kebiasaan yang jika seringkali dilakukan dapat menyebabkan rambut rontok dan mencegah rambut menjadi lebat. Mungkin Anda sudah sering mendengarnya, tapi menghindari pengeringan rambut adalah hal yang penting agar rambut tidak mudah rontok.

Mendapatkan rambut yang indah dan lebat memang membutuhkan kesabaran ekstra. Rajinlah melakukan beberapa cara melebatkan rambut di atas dan lakukan kebiasaan yang baik untuk rambut Anda. Jika Anda merasa sudah merawat rambut dengan benar tapi hasilnya tetap tipis, cobalah untuk mengonsultasikan hal tersebut kepada dokter kulit guna mendapatkan pemeriksaan kulit kepala dan rambut. Dengan begitu, Anda akan mengetahui penyebabnya dan dapat mengatasinya dengan tepat.