5 Motivasi untuk Diri Sendiri Agar Giat Berolahraga

Meski olahraga memberikan banyak manfaat bagi tubuh, tidak jarang seseorang merasa bosan dan kehilangan semangat serta motivasi untuk melakukannya. Kenali ragam cara meningkatkan motivasi untuk diri sendiri agar tujuan kita berolahraga tetap tercapai.

Guna mencapai tujuan hidup sehat, tetap termotivasi dan rutin melakukan olahraga merupakan kunci utama. Faktanya, pada sebagian orang, menjaga motivasi diri tetap stabil atau bahkan meningkat bukanlah hal yang mudah. Sering kita mengalami semangat menurun, tujuan terlupakan, dan berhenti di tengah jalan. Jangan biarkan hal tersebut terjadi pada diri Anda dan menyesal di kemudian hari. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melawan demotivasi dan menjadi lebih bersemangat dalam mengejar tujuan.

self motivation

  • Bermula dari Dalam Diri Motivasi yang berasal dari dalam diri sendiri bisa dikatakan bertahan lebih lama dibandingkan motivasi yang berasal dari luar. Itulah alasan kenapa sebagian orang dapat berhasil mencapai cita-cita atau tujuan mereka karena memiliki semangat motivasi berbeda dibandingkan sebagian lain yang berhenti di tengah jalan. Namun, bukan berarti motivasi yang datang dari luar tidak dapat berpengaruh sama sekali.
  • Buat catatan Setelah Anda memiliki motivasi yang jelas dan berasal dari dalam diri Anda, tuliskanlah apa yang Anda inginkan, tujuan Anda, dan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Letakkan di tempat yang mudah terlihat oleh Anda. Misalnya di samping atau di depan tempat tidur, ditempel di pintu, atau di mana pun yang mudah terlihat. Tujuannya, tentu saja agar Anda selalu ingat dengan tujuan Anda dan tetap termotivasi.
  • Tonjolkan sisi positif dari tujuan Anda Sebelum membuat catatan tentang langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan, pikirkan terlebih dahulu kata-kata yang akan Anda pergunakan. Hindari menggunakan kata-kata yang negatif yang justru bisa membuat Anda malas atau patah semangat. Misalnya, hindari menggunakan kata-kata negatif seperti ”Jangan malas berolahraga!”, dan ganti dengan, “Saya akan berolahraga setiap jam 5 pagi hingga jam 6 pagi.” Meski hanya kalimat sederhana, namun kedua kalimat ini dapat memberikan efek yang berbeda terhadap alam bawah sadar Anda. Penggunaan kata-kata positif akan membuat Anda lebih senang menjalani olahraga, dan bila Anda senang maka anda akan merasa lebih bersemangat dan termotivasi. Jadi, gunakanlah kalimat yang positif dan spesifik , namun tetap sederhana untuk membantu Anda lebih bersemangat.
  • Pantau terus perkembangan Anda Mencatat setiap perkembangan dapat membantu Anda tetap bersemangat. Dengan catatan yang dimiliki, Anda akan menyadari bahwa usaha Anda tidaklah sia-sia dan terdapat kemajuan dalam olahraga anda. Hal ini akan  membuat Anda semakin bersemangat dalam mencapai target yang lebih tinggi lagi.
  • Beri hadiah pada diri Anda Tidak ada yang salah dengan memberikan hadiah atau penghargaan untuk diri sendiri karena semua orang menyukai hadiah. Memberikan penghargaan kepada diri sendiri sama halnya dengan memberikan motivasi untuk diri sendiri. Misalnya jika Anda berhasil turun 2 kg dalam waktu satu atau dua minggu, Anda bisa menghadiahi diri Anda satu hari libur atau satu pakaian baru atau apa pun yang akan Anda nikmati.
Selain itu, Anda juga dapat menjaga motivasi diri dengan tidak terlalu keras dalam mencapai target. Misalnya, jika pada satu hari Anda tidak memungkinkan untuk pergi ke pusat kebugaran, cobalah untuk tetap melakukan olahraga ringan di sela-sela kesibukan Anda. Mulai dari berolahraga ringan di kantor atau meningkatkan jumlah langkah dalam berjalan kaki.

Olahraga tidak hanya dapat membuat tubuh Anda terlihat bugar dan proposional. Olahraga juga dapat membuat tubuh Anda lebih sehat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, cobalah melakukan motivasi untuk diri sendiri seperti di atas tidak hanya dalam berolahraga, tapi juga dalam usaha meraih tujuan dan cita-cita Anda.