5 Pilihan Terbaik Sayuran untuk Diet

Memiliki tubuh dengan berat badan ideal tentunya akan menyenangkan. Bagi Anda yang tengah menurunkan berat badan, harus pandai-pandai memilih menu makanan. Berikut lima jenis sayuran untuk diet yang dapat Anda manfaatkan.

Berdiet bukan berarti pilihan makanan semakin sedikit. Prinsip yang dapat diterapkan dalam memilih makanan saat menurunkan berat badan yaitu yang mengandung banyak air, kaya serat, dan tinggi kandungan kalsium. Ketiganya akan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama, sehingga asupan kalori jadi lebih sedikit.

5 Pilihan Terbaik Sayuran untuk Diet - alodokter

Sayuran hijau merupakan salah satu pilihan yang terbaik saat diet, sekaligus meningkatkan kesehatan. Sayuran jenis ini kaya serat, vitamin dan mineral yang dapat membantu menurunkan risiko beragam penyakit seperti diabetes, kanker dan sakit jantung.

Sayuran yang dapat menjadi pilihan, antara lain :

  • Bayam.

Bayam dalam satu mangkuk saji, rata-rata hanya mengandung sekitar 20 kalori, yang dilengkapi dengan vitamin A, C, dan asam folat. Selain itu, bayam juga kaya kandungan zat besi dan vitamin K.

Untuk memperoleh kandungan kalsium dari bayam, maka lakukan proses memasak terlebih dahulu. Rebus daun bayam selama beberapa menit, kemudian konsumsi bersama dengan air rebusannya. Selain itu, mengolah bayam  dapat disajikan untuk melengkapi salad, pasta, atau sajian lain.

  • Brokoli.

Dengan kandungan sekitar 25 kalori tiap mangkuk saji, brokoli kaya vitamin C, vitamin A, asam folat, dan potasium. Tak lupa, brokoli tinggi kandungan serat dan kalsium yang penting untuk diet.

 Sayur yang tampak seperti pohon ini, dapat dikonsumsi mentah ataupun dikukus. Untuk disajikan dalam spageti atau pasta lain, masukkan brokoli sekitar tiga menit sebelum matang agar tetap segar dan memiliki nutrisi maksimal.

  • Selada hijau atau merah.

Sayur yang banyak disajikan mentah ini, dikenal kaya vitamin A dan juga mengandung asam folat. Selain itu, selada juga sumber nutrisi vitamin B dan mangan yang membantu mengendalikan gula darah dan memaksimalkan daya tahan tubuh.

Dengan kandungan hanya 10 kalori tiap mangkuk saji, selada sangat cocok sayuran untuk diet. Semakin gelap warna daun selada, maka kandungan nutrisinya akan semakin tinggi.

  • Kol.

Meski warnanya tampak lebih pucat dibandingkan sayur hijau lain, kol merupakan sumber nutrisi yang besar. Tinggi kandungan antioksidan seperti vitamin C untuk mendukung daya tahan tubuh.

Kandungan kalori kol tiap mangkuk saji yaitu sekitar 15 kalori, dapat disajikan mentah sebagai salad, ditumis, atau sebagai pelengkap bersama sayuran lain.

  • Kembang kol.

Sekilas, kembang kol hampir mirip dengan brokoli hanya berbeda warna. Kandungan nutrisi kembang kol hampir sama dengan kol, yaitu tinggi kandungan vitamin C dan folat yang dapat menurunkan risiko kanker.

Sajikan mentah atau ditumis sebentar untuk memaksimalkan antioksidan dari kembang kol.

Jangan putus asa menghadapi waktu makan saat diet. Lima sajian di atas bisa menjadi sayuran untuk diet yang lezat sekaligus menyehatkan. Untuk jenis makanan lainnya, konsultasikan dengan ahli gizi.