6 Benda yang Kita Genggam Ini, Lebih Kotor dari Dudukan Toilet

Dudukan toilet sering dicap sebagai benda yang paling kotor. Padahal sebenarnya banyak benda di sekitar kita yang lebih kotor, bahkan beberapa di antaranya sangat dekat dengan kita lho.

Memang banyak jenis virus yang dapat menghuni di sekitar toilet, terutama yang digunakan untuk umum. Mulai dari virus penyebab flu, hepatitis sampai dengan  bakteri streptococus dan lain-lain. Tapi, dengan sistem imunitas kita maka virus-virus itu tidak akan mampu masuk lebih jauh lagi ke dalam tubuh. Penyakit-penyakit kelamin yang dikhawatirkan menular lewat toilet umum seperti gonore atau klamidia, juga tidak umum terjadi.

6 Benda yang Kita Genggam Ini, Lebih Kotor dari Dudukan Toilet

Jika dudukan toilet sering membuat jijik, sebaiknya waspada dengan benda-benda ini yang justru tak kalah dekat dengan kita sehari-hari :

1. Jari tangan.

Seorang ahli mengatakan jari-jari mudah sekali membawa kuman, lalu memindahkannya ke bagian tubuh lain atau permukaan-permukaan lain. Mata, mulut atau hidung yang terkena kuman bisa membuat kita sakit. Untuk itu perlu mencuci tangan dengan air dan sabun, termasuk setelah dari kamar mandi. Lamanya mencuci tangan sebaiknya setara dengan panjang setengah lagu “burung kakak tua” . Penelitian membuktikan, pria lebih sedikit yang mencuci tangan dibanding wanita lho.

2. Ponsel. 

Salah satu penemuan yang mencengangkan adalah bakteri yang ditemukan di ponsel. Peneliti menemukan jenis bakteri ponsel lebih banyak 10 kali lipat dibandingkan dudukan toilet. Tidak heran kalau kuman sangat mudah mendarat di ponsel karena terus menerus menempel di tangan atau mulut. Jadi pikir-pikir lagi sebelum meminjam atau juga meminjamkan ponsel ya.

3. Tas tangan. 

Setia menemani ke mana pun kita pergi, ditaruh di meja kantor ataupun di lantai, bahkan di kendaraan umum. Tas tangan kesayangan ini juga masuk ke dalam kamar, bahkan ke atas tempat tidur. Pantas saja tas tangan  bisa jauh lebih kotor dari dudukan toilet. Bayangkan jika keyboardkomputer di meja kerja bisa terdapat lebih dari 16 juta mikroba, maka seberapa banyak yang ada di tas secara keseluruhan.

4. Spons pencuci piring. 

Dianggap sebagai pembersih, namun sebenarnya spons pencuci piring, yang paling bersih pun banyak sekali bakteri di dalamnya. Tidak tanggung-tanggung, bahkan hingga 200 ribu kali lebih banyak dibanding jumlah bakteri yang ada pada dudukan toilet. Para ahli menganggap, ini merupakan alat rumah tangga yang paling banyak mengandung bakteri.

5. Tempat tisu toilet.

Jangan salah, dibandingkan dudukan toilet, tempat tisu ini bisa mengandung lebih banyak bakteri sebesar 150 persen. Karena biasanya kankita mengambil tisu sebelum dan sesudah ke toilet, bahkan tindakan menaruh tisu di dudukan toilet itu juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.Ada beberapa jenis bakteri yang biasa berdiam di tempat tisu toilet yang bisa memicu infeksi kandung kemih, infeksi rahim dan radang paru-paru.

6. Gagang pintu. 

Dari sebuah penelitian yang dilakukan pada gagang pintu toilet umum, ditemukan berbagai jenis kuman. Mulai dari yang bisa menyebabkan infeksi kulit, infeksi saluran kemih hingga infeksi pada luka dan lain-lain.

Jadi, jangan malas bersih-bersih ya. Membiasakan cuci tangan dengan menggunakan sabun juga sangat penting, terutama sebelum keluar dari toilet.