6 Hal yang Sering Terlupakan dalam Perawatan Wajah Kusam

Wajah kusam terkadang bukan disebabkan oleh produk riasan wajah yang Anda kenakan, tetapi lebih karena cara yang kurang tepat saat proses membersihkan wajah.

Sebagian besar orang menggunakan produk pembersih mahal untuk menghilangkan wajah kusam atau riasan bermerek ternama untuk menyamarkannya. Padahal dengan membersihkan wajah dengan tepat secara rutin, kulit wajah bisa menjadi lebih sehat dan jauh dari kusam.

perawatan wajah kusam-alodokter

Di bawah ini adalah beberapa hal penting yang sering dilupakan ketika melakukan perawatan wajah kusam.

Pembersih wajah tanpa aroma dan busa

Pembersih wajah beraroma dan berbusa memang terkesan lebih menyenangkan, tetapi ternyata sebaliknya. Lebih baik untuk membersihkan wajah menggunakan pembersih tanpa busa dan aroma. Perhatikan juga bahwa pembersih berbahan antibakteri dapat membahayakan kulit wajah. Kandungan sodium lauryl sulfat juga perlu diwaspadai karena justru membuat kulit makin kusam.

Seorang dermatologis menyarankan untuk menggunakan pembersih yang mengandung ceramide, yaitu molekul lemak yang mampu menjaga kulit tetap lembap. Batasi juga penggunaan scrub, peeling, maupun penyegar yang menggunakan alkohol karena berisiko menyebabkan kulit wajah menjadi makin kering dan kusam. Hindari mengusap wajah terlalu kencang dengan handuk. Pilih handuk dengan serat yang halus dan menyerap cairan untuk mengeringkan wajah.

Katakan tidak pada air panas

Meski terasa nyaman, penggunaan air panas untuk membersihkan wajah bukanlah cara yang tepat karena dapat menjadikan kulit makin kering. Air panas berisiko menghilangkan minyak alami pada kulit wajah yang sebenarnya berperan menjaga kulit tetap lembap. Dalam perawatan wajah kusam, lebih baik gunakan air dingin atau hangat, dan bukan air panas untuk membilas wajah.

Jangan lupakan tabir surya

Salah satu penyebab utama wajah kusam adalah pajanan sinar matahari berlebih. Pada perawatan wajah kusam, selalu kenakan tabir surya setidaknya yang berlabel SPF 30 dan pelembap bibir dengan SPF 15. Jangan lupa juga untuk mengenakan topi atau scarf saat beraktivitas di luar ruangan.

Pilih pelembap yang tepat

Seorang dermatologis menyarankan moisturizer (pelembap) yang mengandung petroleum jelly, minyak mineral, krim, ataupun losion. Disarankan juga menggunakan produk yang mengandung asam stearat, ceramides, ataupun shea butter. Aplikasikan pelembab beberapa menit setelah mandi agar kelembapan kulit tidak terlanjur hilang.

Rawat dari dalam

Kulit yang sehat akan tampak secara alami dari dalam. Ketahuilah bahwa perawatan wajah kusam dapat bermula dari apa pun yang Anda konsumsi.

  • Konsumsi cukup air tiap hari untuk mencegah kulit dehidrasi.
  • Konsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3 yang banyak terdapat di dalam kacang-kacangan, avokad, ikan, dan minyak ikan.
  • Hindari merokok, konsumsi obat-obat bebas dan terlarang, serta minuman keras. Ketiganya dapat membuat kulit kusam dan memicu penuaan dini.

Coba bahan-bahan alami

Anda dapat menciptakan perawatan wajah kusam sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang juga mudah didapatkan. Susu dapat dicoba sebagai bahan dasar untuk mencuci wajah. Cairan ini mengandung moisturizer dan pembersih alami. Coba bersihkan wajah dengan cara ini.

  • Pertama, bersihkan wajah dari riasan.
  • Rendam kain lap lembut di dalam susu yang sudah didinginkan, kemudian peras.
  • Tempatkan kain pada wajah setidaknya selama 10 menit untuk membiarkan asam laktat pada susu membersihkan wajah secara alami. Sementara lipid pada susu akan menutrisi kulit.
  • Bilas wajah dengan air biasa. Selain susu, Anda juga dapat mencoba bahan lain seperti putih telur, bubuk kopi, lidah buaya sebagai bahan masker atau pembersih untuk perawatan wajah kusam.

Ternyata cara-caranya mudah, bukan? Yang terpenting dalam melakukan perawatan wajah kusam adalah konsistensi. Seiring waktu, wajah menjadi tampak makin sehat dan bersih. Jangan lupa, semua diperoleh tanpa mengeluarkan biaya yang mahal.