6 Manfaat Air Lemon Hangat di Pagi Hari

Di tengah udara dingin, minum air hangat dicampur dengan perasan jeruk lemon bisa jadi membuat badan terasa hangat. Dan manfaat air lemon tidak hanya itu saja.

Buah berwarna kuning cerah ini sangat kaya akan vitamin C. Sekitar 64 persen asupan harian vitamin C bahkan bisa didapat dengan mengonsumsi 100 gram buah yang berbentuk elips ini. Lemon juga mengandung banyak bahan kimia alami phytochemical seperti polifenol dan terpene yang baik untuk tubuh.

6 Manfaat Air Lemon Hangat di Pagi Hari - alodokter

Lemon jarang dikonsumsi utuh begitu saja mengingat rasa yang asam atau kecut. Buah ini lebih sering digunakan dalam jumlah kecil dan dikombinasi dengan bumbu dan rempah-rempah untuk dijadikan pie lemon, bolu lemon, atau penghilang bau amis masakan. Tak jarang pula, lemon diperas untuk diambil airnya dan dicampur dengan air hangat guna meredakan batuk.

Air Lemon Hangat di Pagi Hari

Salah seorang dokter menyarankan untuk minum air lemon hangat di pagi hari. Caranya, cukup peras ¼ atau ½ lemon dan campurkan dengan segelas air hangat. Menurutnya, air hangat lebih efisien diserap oleh tubuh jika dibandingkan dengan air dingin. Setelah itu, bolehlah minum air lemon dingin di siang, sore, atau malam hari. Minum air lemon tidak hanya membuat kita terhidrasi, tapi juga membantu menghilangkan keinginan untuk minum air soda atau minuman manis lainnya. Selain itu, masih banyak lagi manfaat air lemon hangat yang bisa kita rasakan.

Sumber vitamin C

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, jeruk-jerukan seperti lemon mengandung kadar vitamin C yang tinggi. Vitamin ini merupakan antioksidan utama yang membantu melindungi sel dari radikal bebas yang merusak. Vitamin C dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke, menurunkan tekanan darah. Meski hasil penelitian tidak semuanya mendukung, diduga vitamin C dapat membantu mencegah atau membatasi lamanya pilek (common cold atau nasofaringitis) pada beberapa orang.

Menyegarkan napas

Lambaikan tangan pada bau mulut dengan minum segelas air lemon hangat di pagi hari dan setelah makan. Lemon diduga mampu merangsang air liur pencegah mulut kering dan bau mulut akibat pertumbuhan bakteri berlebih.

Mengurangi kerutan

Vitamin C dalam lemon diduga dapat membantu mengurangi kerutan kulit. Bahkan menurut sebuah penelitian, mengonsumsi lebih banyak vitamin C mampu mengurangi risiko kulit keriput dan kering.

Mencegah batu ginjal

Asam sitrat dalam lemon dapat membantu mencegah batu ginjal yang terbentuk dari kalsium. Minum air lemon diduga dapat membantu tubuh mendapatkan lebih banyak asam sitrat dan air yang dibutuhkan untuk mencegah pembentukan batu ginjal tersebut.

Membantu pencernaan

Minum air lemon hangat di pagi hari ketika baru bangun diduga dapat membantu gerak sistem pencernaan. Menurut pengobatan Ayurveda, rasa asam lemon mampu membantu sistem pencernaan mencerna makanan dengan mudah dan mencegah penumpukan racun.

Menaikkan jumlah kalium (potassium)

Tanpa mineral ini, tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik. Kalium atau potassium diperlukan untuk komunikasi saraf-otot, mengangkut nutrisi dan limbah, serta melawan efek garam pada tekanan darah.

Lambung

Penelitian menunjukkan bahwa asam askorbat pada lemon diduga membantu melindungi lambung dari kanker, tukak lambung, dan kerusakan lainnya.

Tapi…

Manfaat air lemon hangat memang sudah tidak diragukan lagi. Namun dibalik itu semua, ada potensi efek samping yang harus diperhatikan. Pertama, lemon mengandung asam sitrat yang dapat mengikis enamel gigi. Kedua, pada beberapa orang, asam sitrat pada lemon dapat merangsang nyeri ulu hati atau heartburn.

Pada kasus pertama, disarankan untuk minum air lemon hangat menggunakan sedotan dan berkumur setelahnya. Sedangkan jika mengalami kasus kedua, dianjurkan untuk menghindari air lemon.

Yuk, segera raih manfaat air lemon hangat sekarang juga!