7 Jenis Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil

Sebagai negara tropis, Indonesia banyak memiliki pilihan buah untuk dikonsumsi. Beberapa di antaranya termasuk buah yang bagus untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Ibu hamil disarankan mengonsumsi sekitar 2-4 sajian buah per hari. Setiap sajian terdiri dari satu buah ukuran sedang atau satu mangkuk buah potong.

7 jenis buah yang bagus untuk ibu hamil - alodokter

Kandungan serat dan nutrisi yang banyak dimiliki buah seperti vitamin C, Beta karoten, asam folat, dan kalium sangat penting untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin.

Berikut beberapa jenis buah yang bagus untuk ibu hamil, antara lain:

  • Mangga

Satu mangkuk mangga dapat memenuhi kebutuhan vitamin C selama satu hari. Selain itu, mangga juga kaya kandungan vitamin A yang sangat dibutuhkan untuk menghindari gangguan dan penurunan sistem pertahanan tubuh pada bayi nantinya.

  • Apel

Serat, vitamin A, vitamin C, dan kalium merupakan nutrisi andalan apel yang sangat bagus untuk ibu hamil. Sebuah penelitian menunjukkan, risiko asma dan alergi lebih rendah pada bayi dari ibu yang mengonsumsi apel secara teratur pada saat hamil.

  • Pisang

Pisang kaya kandungan kalium dan dapat menjadi pasokan energi yang cepat pada ibu hamil. Pisang juga sangat tepat dikonsumsi ibu hamil yang sering merasa mual. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin B-6, vitamin C dan serat. Konsumsi pisang dapat dikombinasikan dengan buah lain atau dengan campuran yogurt.

  • Alpukat

Kandungan utama asam folat yang tinggi pada alpukat membuatnya jadi pilihan buah yang bagus untuk ibu hamil. Selain itu, alpukat juga banyak mengandung vitamin C, vitamin B, vitamin K, serat dan beragam zat mineral. Beberapa jenis mineral dapat membantu mengatasi gejala mual atau kram yang sering dialami ibu hamil. Untuk janin, buah ini dipercaya penting untuk perkembangan otak dan sistem saraf.

  • Jeruk

Jeruk banyak mengandung vitamin C, asam folat, serat, sekaligus sebagai asupan cairan bagi tubuh yang membantu menghindari dehidrasi pada ibu hamil. Selain jeruk, lemon dapat menjadi pilihan buah yang bagus untuk ibu hamil. Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon ditambah lagi dapat membantu meringankan rasa mual, sekaligus melancarkan pencernaan  pada ibu hamil.

  • Nanas

Tidak sebagaimana anggapan masyarakat yang menyebutkan nanas berbahaya untuk ibu hamil. Hingga saat ini, tidak ada bukti ilmiah yang dapat membuktikan hal tersebut. Nanas sendiri mengandung bromelain yang pada jumlah banyak dipercaya  dapat menyebabkan perdarahan namun bromelain dalam satu sajian nanas, kecil kemungkinannya menyebabkan gangguan pada kehamilan.

Nanas banyak mengandung vitamin C, vitamin B6, asam folat, zat besi, magnesium, dan beragam nutrisi lain yang penting untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Meski demikian, tidak dianjurkan mengonsumsi nanas secara berlebihan, terutama pada ibu hamil yang memiliki sistem pencernaan yang sensitif.

  • Buah yang Dikeringkan

Umumnya buah kering memiliki rasa manis. Buah ini sangat praktis bagi ibu hamil. Pilih aprikot atau buah beri yang sudah dikeringkan yang juga dipercaya dapat mencegah infeksi saluran kemih. Tidak dianjurkan mengonsumsi pisang yang dikeringkan, karena umumnya banyak mengandung minyak dan lemak.

Tak kalah penting adalah pastikan mencuci buah dengan seksama. Gosok permukaan buah dengan sikat pada air yang mengalir selama beberapa saat. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter mengenai asupan buah yang bagus untuk ibu hamil.