7 Makanan Ini Bisa Bantu Perkembangan Otak Anak lho, Bunda

Memiliki anak yang cerdas merupakan dambaan orang tua. Namun, sudahkah Anda memenuhi nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak anak?

Makanan tidak hanya dapat memengaruhi pertumbuhan seorang anak, tapi juga memengaruhi kemampuan otaknya untuk berpikir, berkonsentrasi, dan mengingat. Itulah mengapa memberikan anak beragam vitamin dan mineral yang dibutuhkan selama masa pertumbuhan adalah hal yang penting. Jangan hanya berharap memiliki anak yang cerdas tapi tidak mendukung perkembangan otaknya dengan memberikan makanan yang tepat.

7 makanan ini bisa bantu perkembangan otak anak lho, bunda - alodokter

Yuk, kenali beragam jenis makanan ini dan dukung perkembangan otaknya.

  • Salmon
    Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi lebih banyak asam lemak dapat menjalankan tes mental dengan baik dan memiliki pemikiran yang lebih tajam. Menurut seorang ahli gizi, salmon merupakan salah satu ikan yang memiliki lemak yang sangat bagus untuk fungsi otak serta perkembangannya. Hal ini dikarenakan salmon mengandung asam lemak omega 3 DHA dan EPA.
  • Telur
    Putih telur mengandung kolin yang membantu perkembangan ingatan seorang anak. Seorang ahli gizi yang juga menjadi direktur divisi gizi di WebMD, mengatakan bahwa telur tergolong memiliki gizi yang baik untuk pertumbuhan anak. Telur bisa menjadi salah satu pilihan tepat untuk mendukung perkembangan otak anak. Telur memiliki kandungan protein yang tinggi, serta nutrisi yang dapat membantu anak untuk lebih dapat berkonsentrasi. Setidaknya terdapat 7 gram protein dengan kualitas bagus di dalam telur. Namun, guna mendapatkan manfaatnya, bunda perlu memasaknya hingga matang dan menyimpannya di dalam lemari es. Hal ini dimaksudkan untuk membunuh bakteri di dalamnya.
  • Oatmeal
    Oatmeal merupakan salah satu menu sarapan yang baik bagi anak untuk memulai harinya. Oat mengandung serat, zinc, potasium, vitamin B, dan vitamin E yang berguna untuk fungsi otak. Menjadikan oatmeal sebagai menu sarapan dapat membuat buah hati cukup kenyang dan membantunya berkonsentrasi dengan baik di sekolah.
  • Kacang merah
    Kacang merah merupakan salah satu jenis polong-polongan yang dapat membantu perkembangan otak anak. Seperti halnya salmon, kacang merah juga mengandung asam lemak omega 3 ALA lebih banyak dibandingkan jenis kacang lainnya. Mengonsumsi kacang merah di siang hari dapat membantu anak berpikir dengan baik dan memenuhi energinya sepanjang sore.
  • Kubis dan bayam
    Kedua jenis sayuran ini mengandung antioksidan yang baik untuk perkembangan sel otak. Bayam dan kubis juga mengandung vitamin dan folat yang diperkirakan dapat menurunkan risiko demensia di kemudian hari.
  • Susu dan yoghurt
    Kedua jenis makanan ini mengandung vitamin D, vitamin B, dan protein yang penting bagi perkembangan jaringan otak, enzim, dan neurotransmiter. Penelitian juga menganjurkan anak-anak dan remaja mengonsumsi vitamin D lebih banyak dari yang direkomendasikan karena vitamin D bermanfaat untuk sistem neuromuskular (persyarafan dan otot) dan siklus sel-sel tubuh. Jadi, jangan lewatkan susu atau yoghurt dalam menu harian anak Anda.
  • Sayuran lainnya
    Sayuran seperti wortel, tomat, labu, ubi merupakan jenis sayuran dengan kandungan antioksidan yang sangat baik untuk menjaga sel otak tetap sehat dan kuat.

Selain beberapa jenis makanan di atas, ingatlah untuk selalu menyiapkan sarapan yang bergizi. Sarapan yang sehat dapat membantu anak dalam meningkatkan perhatian, kosentrasi, dan daya ingat. Pilih sarapan yang kaya akan gizi seperti, makanan yang kaya protein, serat, atau roti yang terbuat dari biji-bijian dan rendah gula. Sarapan yang kaya akan serat dan protein dapat memberikan anak kemampuan lebih untuk berpikir.

Dukungan orang tua merupakan salah satu cara agar anak dapat belajar dengan baik dan tumbuh menjadi anak yang cerdas. Dukung perkembangan anak Anda dan penuhi kebutuhan nutrisinya dengan memasukkan beragam jenis makanan di atas sebagai menu hariannya.