7 Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

Bagi Anda yang menderita penyakit asam lambung atau GERD, memilah-milih makanan menjadi sangat penting dan bisa cukup membingungkan. Pasalnya, salah memilih makanan dapat membuat asam lambung meningkat dan GERD pun kambuh. Berikut ini adalah pilihan makanan untuk penderita asam lambung.

Makanan seperti cokelat, makanan berlemak, makanan pedas, buah asam, tomat, bawang bombay, dan bawang putih umumnya merupakan pemicu gejala GERD. Gejala penyakit asam lambung bisa berupa mual, muntah, kembung, perut panas, atau makanan kembali naik ke kerongkongan (reflux). Namun, efek setiap makanan juga dapat berbeda pada setiap orang. Guna mengontrol gejala yang mungkin muncul, cobalah untuk lebih memperhatikan makanan apa saja yang dapat menjadi pemicu GERD yang Anda miliki.

7 makanan untuk penderita asam lambung - alodokter

Disarankan untuk mengonsumsi makanan seperti di bawah ini guna mengurangi gejala penyakit asam lambung yang mungkin muncul.

  • Oatmeal
    Penderita penyakit asam lambung memerlukan makanan yang kaya akan serat untuk mengatasi gejala penyakit asam lambung. Oatmeal dapat menyerap asam lambung sehingga menurunkan gejala reflux. Selain itu oatmeal tidak hanya kaya akan serat tapi juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama.
  • Jahe
    Rempah yang satu ini ternyata tidak saja memberikan rasa hangat tapi juga dapat mengurangi risiko naiknya asam lambung. Dengan kandungan anti-inflamasi yang dimiliki oleh jahe, jahe mampu mengatasi masalah pencernaan, dan dapat menjadi pengobatan alami penyakit asam lambung atau maag. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dapat mengonsumsinya dengan cara dipotong atau diparut, kemudian dijadikan minuman jahe hangat.
  • Lidah buaya
    Dengan kandungan di dalamnya yang dapat berfungsi sebagai penyembuh alami, lidah buaya dipercaya dapat mengobati penyakit asam lambung. Selain dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman, lidah buaya juga dapat berfungsi sebagai cairan penggumpal dan pengental.
  • Sayuran hijau
    Sayuran hijau seperti brokoli, kembang kol, kentang, selada, timun, buncis, dan asparagus memiliki  kandungan yang dipercaya dapat menurunkan asam lambung. Sehingga sayuran-sayuran tersebut bagus dikonsumsi sebagai makanan untuk penderita asam lambung.
  • Daging tanpa lemak
    Mengonsumsi makanan yang berlemak dan berminyak tidak disarankan untuk penderita asam lambung. Sehingga, jika Anda ingin mengonsumsi ikan, makanan laut atau daging, disarankan memilih yang tanpa lemak, tanpa kulit, dan diolah dengan cara dipanggang, direbus, dikukus, atau dibakar.
  • Pisang
    Dengan kandung pH sekitar 5,6 di dalamnya, pisang menjadi salah satu buah yang baik dikonsumsi untuk penderita asam lambung. Selain pisang, buah lain yang dapat dikonsumsi antara lain buah pir, apel, atau melon.
  • Roti
    Sedangkan untuk roti, pilihan roti yang disarankan dikonsumsi penderita asam lambung adalah roti yang memiliki kandungan gandum atau ragam biji-bijian di dalamnya. Pasalnya, roti jenis ini dapat mengandung banyak vitamin, serat, dan nutrisi yang baik untuk tubuh dan kesehatan lambung.

Selain memasukkan beberapa jenis makanan untuk penderita asam lambung ke dalam menu harian Anda, perhatikan juga beberapa hal yang dapat memicu naiknya asam lambung. Hindarilah tiduran setelah makan, merokok, makan makanan dalam porsi besar atau makan hingga kenyang, dan mengonsumsi minuman bersoda atau beralkohol.

Jangan biarkan asam lambung yang naik mengganggu kenyamanan Anda dalam beraktivitas. Konsumsi beragam makanan untuk penderita asam lambung di atas dan nikmati manfaat yang bisa langsung Anda rasakan.