7 Manfaat Kacang Mete yang Segurih Rasanya

Selain enak dinikmati sebagai camilan di sela kesibukan, manfaat kacang mete dengan segudang vitamin dan mineralnya ini bisa membuat hari-hari kita menjadi gurih, manis, asin, dan renyah.

Kacang mete aslinya berasal dari timur laut Brasil. Kacang ini sering kali kita temukan sebagai campuran coklat, dipanggang untuk dimakan begitu saja, atau dijadikan bahan makanan. Dan ternyata, kacang mete sangatlah bergizi, bahkan bisa memberikan asupan energi yang besar pada tubuh.

7 Manfaat Kacang Mete yang Segurih Rasanya - alodokter

Kacang yang diambil dari buah jambu mete alias jambu monyet ini mengandung air, energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, thiamin, riboflavin, niacin, beta-karoten, dan retinol. Meskipun kacang mete merupakan salah satu jenis kacang dengan kandungan serat terendah, janganlah sekali-sekali meremehkan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidannya.

Banyak studi yang mengasosiasikan manfaat kacang mete dengan penurunan risiko berbagai macam penyakit dan peningkatan kesehatan tubuh. Berikut 7 manfaat kacang mete yang bisa kamu dapatkan.

Jantung

Kacang mete dipercaya dapat menurunkan kolesterol jahat LDL dan trigliserida pemicu penyakit kardiovaskular, stroke, dan serangan jantung. Semua itu berkat kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang terdapat di dalam kacang mete. Salah satu penelitian bahkan menunjukkan bahwa makan kacang empat kali dalam seminggu bisa menurunkan risiko penyakit jantung koroner hingga 37%.

Secara alami kacang merupakan makanan bebas kolesterol dan salah satu sumber dari lemak yang ramah bagi jantung. Kacang juga mengandung arginine (yang berfungsi melindungi lapisan dalam dinding pembuluh darah), kalium, vitamin E, vitamin B6, dan asam folat yang dipercaya mampu melawan penyakit jantung.

Darah

Kandungan zat besi dan tembaga (copper) dalam kacang mete saling bekerja sama untuk membantu tubuh membentuk dan memanfaatkan sel darah merah. Tulang, sistem kekebalan tubuh, saraf, dan pembuluh darah pun nantinya akan menjadi sehat dan berfungsi dengan baik.

Energi

Kacang mete mengandung lebih banyak karbohidrat dan zat besi dari jenis kacang lainnya, yang berguna sebagai sumber energi. Kacang mete juga kaya akan zinc dan protein yang berperan penting dalam pertumbuhan dan perbaikan sel.

Tulang

Kacang mete mengandung tembaga dengan jumlah yang tidak sedikit. Tembaga dibutuhkan tubuh untuk proses penggantian jaringan ikat dan kolagen yang rusak. Kedua komponen ini beperan penting dalam proses pembentukan tulang. Tanpa asupan tembaga yang cukup, jaringan tubuh akan mudah rusak dan kita pun rentan terkena penyakit disfungsi sendi.

Kekurangan tembaga juga dapat menurunkan kepadatan mineral pada tulang dan meningkatkan risiko osteoporosis. Selain tembaga, kacang mete juga mengandung magnesium yang penting untuk pembentukan tulang. Ini karena magnesium membantu kalsium terserap dengan lebih baik ke dalam tulang.

Mata

Kandungan senyawa lutein dan zeaxanthin yang bersifat sebagai antioksidan pada kacang mete diduga mampu melindungi mata dari kerusakan ringan dan bahkan membantu mengurangi katarak.

Batu empedu

Menurut sebuah studi, sering mengonsumsi kacang (termasuk kacang mete) diduga dapat menurunkan risiko untuk dilakukan operasi kolesistektomi, yaitu prosedur pembedahan untuk mengangkat kantong empedu.

Berat badan

Manfaat kacang mete yang terakhir adalah mampu mengelola berat badan serta mengurangi penumpukan lemak dan kolesterol di dalam hati. Semua itu karena lemak tak jenuh yang terkandung di dalam kacang mete.

Tunggu apa lagi, yuk, rasakan manfaat kacang mete sekarang juga!