8 Jenis Camilan Sehat yang Lezat untuk Ibu Hamil

Ibu hamil memerlukan asupan nutrisi sehat. Selain sajian waktu makan, ibu hamil juga membutuhkan camilan sehat yang dapat mendukung perkembangan janin. Berikut beberapa jenis camilan sehat yang dapat dipilih.

Sebaiknya ibu hamil menghindari camilan tinggi lemak dan gula seperti es krim, keik, biskuit, krim, minyak, mentega, dan minuman soda. Tenang saja, masih banyak pilihan camilan sehat yang tak kalah lezat untuk ibu hamil.

8 Jenis Camilan Sehat yang Lezat untuk Ibu Hamil - alodokter

Berikut beberapa camilan sehat yang dapat menjadi pilihan:

  • Yoghurt

Yoghurt, sebagaimana produk olahan susu lain, mengandung kalsium yang sangat berguna untuk gigi dan tulang kuat. Pilih yoghurt tanpa rasa yang rendah gula, dibandingkan yang dilengkapi berbagai rasa. Yoghurt juga merupakan sumber probiotik  yang dapat menekan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi  sehingga risiko persalinan prematur, risiko infeksi pada masa kehamilan, eksim, dan alergi pada bayi dapat berkurang. Nikmati yoghurt dengan kacang, kismis, atau buah segar. Yoghurt juga dapat diolah menjadi minuman smoothies dengan mencampur dengan jus buah, buah, atau sayuran seperti bayam atau seledri.

  • Cokelat

Manfaat cokelat untuk menurunkan risiko preeklamsia, yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan kerusakan organ ibu hamil. Meski demikian, untuk memperoleh manfaat cokelat, hindari yang memiliki rasa terlalu manis. Sajikan puding cokelat dengan campuran susu ataupun kombinasikan cokelat dengan yoghurt.

  • Alpukat

Alpukat kaya kandungan lemak tidak jenuh yang baik untuk janin. Selain itu, alpukat juga kaya asam folat alami yang mudah diserap tubuh. Nutrisi yang juga dapat diperoleh dari alpukat adalah kalium dan karnitin. Selain dikonsumsi secara langsung, alpukat dapat disajikan sebagai pengganti mentega pada roti panggang atau roti lapis. Alpukat juga dapat dijus atau sebagai campuran minuman lain.

  • Jus jeruk

Minuman ini mengandung asam folat dan kalium, yang mampu mencegah kelainan pada janin, menjaga fungsi otot dan metabolisme ibu hamil. Vitamin C pada jus jeruk akan membantu mencegah pilek, meningkatkan penyerapan zat besi, serta menjaga kesehatan tulang dan gigi Anda maupun sang bayi.  Selain jus jeruk, beberapa jenis jus buah yang dapat dipilih seperti mangga, stroberi, dan tomat.

  • Ubi

Kandungan nutrisi ubi antara lain serat, vitamin B, vitamin C, zat besi, kalium, mineral copper (tembaga), dan beta karoten yang akan diubah menjadi vitamin A pada tubuh. Pada janin, vitamin A sangat penting untuk pembentukan mata, tulang, dan kulit. Ubi dapat dimasak sebagaimana kentang tumbuk, dipanggang, atau digoreng.

  • Oatmeal

Tingginya karbohidrat kompleks dan serat pada oatmeal membuatnya terhitung sebagai salah satu makanan super untuk ibu hamil. Selain itu, oatmeal juga memiliki kandungan magnesium dan mineral zinc (seng). Jika ibu hamil membutuhkan camilan cepat, pilih oatmeal instan, tapi hati-hati untuk tidak banyak mengonsumsi yang sudah diberi pemanis. Atau pilih oatmeal instan tanpa pemanis dan Anda bisa tambahkan buah atau kacang sebagai pelengkap.

  • Kacang edamame

Kacang kedelai asal Jepang, yang biasa disebut kacang edamame, kaya kandungan vitamin B termasuk asam folat. Selain itu, edamame juga mengandung berbagai mineral seperti zat besi, tembaga, zinc, dan magnesium. Untuk menikmati kacang edamame, cukup direbus dan taburi sedikit garam.

  • Popcorn

Popcorn merupakan salah satu camilan tinggi serat yang dapat membantu meringankan sembelit yang dialami ibu hamil. Hanya saja, hindari membuat popcorn dengan mentega atau garam secara berlebihan.

Ingat, kondisi hamil tidak otomatis membuat porsi makan menjadi dua kali lipat. Yang penting, pastikan ibu hamil memperoleh nutrisi seimbang dari beragam jenis makanan. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi, jika ibu hamil memiliki kondisi kesehatan yang membutuhkan diet khusus.