8 Makanan Super yang Mendukung Bayi Gemuk Sehat

Memiliki bayi yang tampak gemuk sehat, tentu sangat menyenangkan. Untuk mendukung hal tersebut, ada beberapa jenis makanan super yang dapat membantu mewujudkan hal tersebut.

Perut bayi masih sangat kecil, sehingga porsi yang dikonsumsi tidaklah banyak. Untuk itu, penting memastikan makanan tersebut kaya nutrisi sehingga dapat mendukung pertumbuhannya. Umumnya bayi diperkenalkan makanan, atau sering disebut makanan pendamping air susu ibu (mp-ASI), pada usia 6 bulan ke atas.

8 makanan super yang mendukung bayi gemuk sehat- alodokter

Beberapa prinsip untuk menyajikan makanan pada bayi adalah segar, berwarna-warni, serta memiliki beragam tekstur dan rasa. Konsultasi dengan dokter diperlukan terutama jika anak memiliki riwayat alergi.

Berikut beberapa jenis makanan yang dapat disajikan untuk membantu bayi gemuk sehat:

  • Brokoli

Sayuran ini mengandung banyak serat, asam folat, kalsium dan mencegah kanker. Brokoli sangat tepat dijadikan pengalaman mencicipi sayuran hijau pertama untuk bayi. Untuk mengonsumsi brokoli, potong kecil-kecil dan kukus hingga lembut atau kombinasikan dengan keju dan kembang kol.

  • Pisang

Pisang mudah dibawa dan disajikan, selain itu manfaat pisang yaitu kandungan karbohidrat dan seratnya yang baik untuk tubuh. Untuk bayi, pilih pisang yang matang. Pisang disarankan dikerok dan dihaluskan untuk bayi.  Jika anak sudah dapat mengunyah, potong-potong dalam ukuran kecil agar mudah dikonsumsi.

  • Ubi

Manfaat ubi berasal dari kandungan nutrisinya yang banyak mengandung vitamin C, serat, kalium dan antioksidan. Rasanya yang manis, membuat bayi menyukainya. Dapat disajikan dengan ditumbuk dan dikukus hingga matang, sehingga menjadi puree (bubur) yang penuh nutrisi untuk bayi.

  • Alpukat

Buah ini kaya lemak tidak jenuh, yang mampu menunjang perkembangan otak. Komposisi lemak di dalam alpukat juga hampir serupa dengan air susu ibu (ASI). Selain itu, alpukat juga mengandung protein tinggi yang baik untuk bayi agar tumbuh gemuk sehat. Sajikan alpukat yang sudah matang dan dihaluskan. Namun, jangan berikan alpukat berlebihan karena buah ini bisa cepat mengenyangkan.

  • Wortel

Selain memiliki rasa manis dan warna yang menarik ketika disajikan pada bayi, kandungan beta karoten pada wortel sangat mendukung perkembangan dan penglihatan bayi. Wortel dapat disajikan dengan mengukus hingga matang, kemudian dihaluskan.

  • Jeruk

Jeruk yang kaya vitamin C akan mendukung pertumbuhan tulang, pembentukan otot, dan jaringan tubuh lain. Vitamin ini juga akan membantu penyerapan zat besi dari makanan lain dan menjaga kadar cairan tubuh tetap seimbang. Pilih jeruk dengan rasa manis.

  • Telur

Manfaat telur terutama dari kandungan utamanya yaitu protein, zinc, dan berbagai jenis vitamin yang penting untuk mendukung pertumbuhan bayi. Meski demikian, untuk bayi yang memiliki potensi reaksi alergi, dianjurkan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memberikannya.

  • Daging

Daging sapi atau ayam merupakan sumber protein, zat besi, zinc, dan berbagai nutrisi lain. Pastikan untuk menghaluskan daging saat menyajikan untuk bayi. Untuk penyajian, daging bisa dicampur dengan sayuran yang dihaluskan dan ASI. Bayi disarankan memperoleh asupan protein dari daging secara teratur, untuk mendukung perkembangannya yang pesat.

Selain memperhatikan nutrisi bayi gemuk sehat, penting juga untuk selalu memperhatikan tumbuh kembangnya sesuai dengan usianya.