Ada Dua Cara Membesarkan Bokong

Satu cara untuk membesarkan bokong adalah melalui prosedur pembedahan yang disebut dengan gluteoplasty. Cara lainnya yang alami adalah dengan melakukan olahraga yang berfokus pada daerah bokong secara rutin.

Gluteoplasty merupakan langkah operasi plastik yang bertujuan mengoreksi bentuk bokong. Alasan menempuh cara ini beragam, baik karena faktor cacat bawaan, cedera traumatis, maupun kelainan bentuk anatomi bokong. Selain itu, pembesaran bokong juga dapat ditujukan untuk estetika kontur bokong.

Ada Dua Cara Membesarkan Bokong - Alodokter

Pada gluteoplasty, bokong dapat dibesarkan dengan berbagai metode, antara lain memasukkan implan gluteal ke bokong, pemindahan lemak ke bagian bokong atau liposculpture, atau penegasan kontur tubuh dengan operasi (body contouring). Sementara itu, metode gluteoplasty yang bertujuan untuk mengoreksi kecacatan bentuk bokong disebut dengan buttocks musculature. Metode ini berfungsi memungkinkan seseorang dapat berjalan dengan seimbang. Diperlukan serangkaian pemeriksaan oleh pakar bedah plastik untuk menentukan prosedur gluteoplasty mana yang sesuai untuk kondisi seseorang.

Orang-orang yang memilih gluteoplasty sebagai cara membesarkan bokong dapat menghadapi beberapa risiko tertentu seperti berikut.

  • Komplikasi dari tindakan medis. Secara umum, operasi plastik dapat mengundang komplikasi medis, seperti mengalami infeksi dan cedera saraf. Pada masa pascaoperasi dapat terjadi parestesia atau mati rasa pada bagian yang dioperasi. Selain itu, dapat terjadi kontur bokong yang tidak rata atau asimetri. Apa yang diinginkan pasien dengan hasil operasi bisa saja berbeda. Untuk meminimalkan perbedaan tersebut, diperlukan konsultasi praoperasi agar pasien mengetahui apa yang akan terjadi pada dirinya ketika dan setelah operasi.
  • Komplikasi dari obat-obatan. Terkait risiko komplikasi obat, antara lain timbulnya cairan berlebihan pada jaringan tubuh, kemungkinan perdarahan, atau keracunan. Bila dosis anestesi berlebihan, dapat menyebabkan gangguan sistem saraf pusat yang gejalanya meliputi pusing, mual, muntah, tremor, penglihatan kabur, kebingungan, atau disorientasi.
Selain operasi, ada cara lain untuk membuat bokong terlihat lebih besar yang risikonya relatif kecil, yaitu rutin berolahraga, menerapkan diet yang sehat, serta penggunaan pakaian yang menonjolkan bagian bokong.

Rutin Berolahraga

Berikut adalah beberapa gerakan olahraga yang dapat Anda lakukan agar bokong Anda semakin kencang. Jangan lupa untuk mengawali gerakan-gerakan ini dengan pemanasan selama lima menit dan akhiri dengan lima menit pendinginan.

  • Berbaringlah menyamping ke kanan dengan lutut kanan ditekuk 90 derajat. Kaki kiri tegak lurus dengan punggung Anda. Tekan bagian atas bokong dengan tangan kiri agar pinggang miring ke depan. Angkat kaki kiri sejauh yang Anda bisa tanpa melepaskan tangan dari pinggang. Kemudian turunkan kaki. Ulangi gerakan kaki sebanyak 8-10 kali. Lakukan juga gerakan ini pada posisi berbaring menyamping ke kiri.
  • Posisikan tubuh tidur telentang dengan lutut ditekuk dan tumit mendekat ke bokong. Pastikan jarak kedua kaki adalah selebar bahu dan telapak kaki menapak ke lantai. Angkat pinggang Anda dan turunkan secara perlahan. Ulangi gerakan ini 8-10 kali.
  • Buka kedua kaki selebar bahu dan tekuk lutut seolah Anda akan duduk. Ulurkan tangan ke depan. Turunkan pantat agar posisi Anda seolah sedang duduk sempurna dengan paha yang sejajar dengan lantai. Pastikan punggung tetap lurus, dan pandangan Anda juga lurus ke depan. Angkat pantat perlahan untuk kembali ke posisi awal. Lakukan gerakan ini 8-10 kali.
  • Berdiri dengan kedua kaki selebar bahu. Langkahkan kaki kanan jauh ke depan. Tekuklah lutut kanan, tapi tidak melebihi jari kaki. Dan tekuk lutut kiri, tapi tidak sampai menyentuh lantai. Ulangi gerakan ini 8-10 kali, kemudian ganti kaki kiri di depan.
Diet yang sehat

Terapkan pola makan yang mendukung pertumbuhan dan pembentukan otot seperti mengonsumsi makanan kaya protein. Sumber protein yang berlimpah antara lain ikan salmon, tuna, dada ayam tanpa kulit, telur, kedelai, serta daging tanpa lemak yang bukan produk olahan. Utamakanlah selalu makanan yang segar dan bukan merupakan olahan. Selain itu, ketika memasak makanan dianjurkan untuk tidak digoreng, melainkan dipanggang atau direbus.

Di samping protein, sayur-sayuran juga dapat membantu pembentukan otot bokong. Sayuran membantu tubuh mencerna berbagai mineral dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Terbangunnya otot pada bokong akan terbatas tanpa penyerapan senyawa penting seperti asam amino. Selain itu, sayuran juga dapat membantu menjaga tingkat energi tubuh, sehingga Anda tidak mudah lelah bila berolahraga.

Pakaian yang tepat

Dengan pemilihan pakaian yang tepat, bokong dapat terlihat lebih besar dan lebih indah. Anda dapat memakai celana yang menonjolkan lekuk kaki seperti celana yoga, celana ketat, atau jegging (jeans legging). Celana jenis ini membantu bokong terangkat. Selain itu, celana high waisted atau pinggang tinggi juga dapat membuat bokong terlihat lebih besar.

Celana dalam juga bisa menunjang penampilan luar. Pilihlah celana dalam yang didesain khusus untuk membuat bokong terlihat lebih penuh. Celana ini memiliki bantalan busa layaknya push-up bra. Korset yang dipakai melingkari perut juga dapat membuat bokong terlihat lebih besar karena perut terlihat lebih kecil.

Besarnya bokong seseorang dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah faktor genetika atau keturunan. Anda mungkin bisa mendapatkan bentuk bokong yang lebih baik dan berisi dengan membangun massa otot. Perlu diingat bahwa membesarkan bokong bukan berarti Anda harus menambah berat badan. Menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang serta melakukan olahraga yang berfokus pada gerakan aerobik secara konsisten dan progresif merupakan kunci cara membesarkan bokong secara alami.