Ambil Sejumlah Manfaat Wortel dari Resep Ini

Wortel, sayuran berwarna oranye ini banyak digemari, baik karena rasanya yang manis maupun manfaatnya yang melimpah. Wortel diketahui kaya akan antioksidan yang berperan penting mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Bahkan, pada awalnya wortel dibudidayakan sebagai tanaman obat.

Mau tahu apa saja hal-hal positif yang terkandung di dalamnya? Berikut adalah beberapa manfaat wortel bagi kesehatan tubuh.

Ambil Sejumlah Manfaat Wortel dari Resep Ini - Alodokter

Pencegah Kanker

Kandungan karotenoid dalam wortel merupakan antioksidan yang berfungsi mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Radikal bebas dipercaya dapat memicu beberapa penyakit kronis seperti kanker, serta mempercepat penuaan dini.

Sebuah penelitian menemukan bahwa diet yang kaya akan beta-karoten, yaitu salah satu jenis karotenoid, untuk lelaki muda dapat membantu mencegah sel kanker prostat. Selain itu, konsumsi wortel juga dikaitkan dengan proteksi terhadap terjadinya kanker usus besar.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa perokok yang tidak mengonsumsi wortel memiliki risiko kanker paru-paru tiga kali lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang rutin mengonsumsi wortel, setidaknya sekali dalam seminggu. Namun demikian, bila Anda adalah perokok, mengonsumsi wortel sebaiknya diiringi dengan pola hidup yang lebih sehat. Salah satunya, Anda dapat mulai dengan berhenti merokok.

Makanan Sehat Untuk Jantung

Dari sejumlah studi diketahui bahwa meminum segelas jus wortel segar tiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aktivitas antioksidan yang memproteksi jantung. Hal ini tidak terlepas dari peran karotenoid dalam wortel. Karotenoid dipercaya dapat membantu melindungi sistem kardiovaskular, yaitu jantung dan peredaran darah.

Menyehatkan Mata

Manfaat yang satu ini mungkin tidak asing lagi. Sering kali, wortel diasosiasikan dengan kesehatan mata. Hal ini ada benarnya karena wortel kaya akan kandungan vitamin A yang baik untuk daya penglihatan. Kandungan vitamin A dalam sebuah wortel setara dengan sekitar dua kali lipat kebutuhan vitamin A harian untuk orang dewasa.

Vitamin A disebut juga sebagai retinol karena mampu memproduksi pigmen dalam retina mata. Vitamin A dapat membantu Anda melihat dengan lebih baik. Hal ini makin terasa ketika Anda diharuskan melihat pada kondisi cahaya yang kurang terang atau gelap. Sementara itu, kekurangan vitamin A diketahui dapat menyebabkan masalah mata yang dinamakan xerophthalmia atau mata kering, dengan gejala awalnya ditandai dengan rabun senja.

Membantu Pertumbuhan Anak

Vitamin A bukan saja baik untuk kesehatan mata, tetapi juga dapat membantu proses perkembangan anak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang kekurangan vitamin A mengalami pertumbuhan yang signifikan setelah menambahkan wortel pada menu diet mereka.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Baik vitamin A maupun karotenoid, keduanya berperan dalam meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Sebuah penelitian menemukan bahwa daya tahan tubuh meningkat setelah mengonsumsi jus wortel. Selain itu, penelitian lainnya mengungkapkan bahwa memberikan wortel pada anak yang sedang menderita diare dapat mempercepat proses penyembuhannya.

Resep Masakan Berbahan Wortel

Untuk mendapat manfaat wortel, Anda dapat memakannya saat mentah, direbus setengah matang, dijadikan finger food untuk anak-anak, dimasukkan ke dalam salad, atau dibuat menjadi sajian wortel campur biji-bijian berikut ini.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Tiga buah wortel, potong dadu.
  • Dua cangkir quinoa kering yang telah dicuci.
  • Satu sendok minyak zaitun.
  • Satu siung bawang putih yang dicincang kasar.
  • Satu siung bawang bombay, potong dadu.
  • Satu buah paprika merah, potong dadu.
  • Setengah cangkir peterseli, cincang kasar.
  • Dua setengah cangkir kaldu ayam tanpa lemak.
  • Dua ons kacang pistachio.
Langkah-langkah pembuatan:
  • Masukkan minyak zaitun ke dalam wajan. Tambahkan quinoa, aduk hingga kira-kira empat menit. Untuk memasak sajian ini sebaiknya gunakan api sedang.
  • Masukkan wortel, bawang putih, bawang bombay, dan satu sendok makan peterseli. Aduk hingga rata sekitar empat menit.
  • Masukkan kaldu ayam. Bila sudah mendidih, kecilkan api dan tutup wajan. Tunggu hingga sekitar lima belas menit agar quinoa menjadi lunak.
  • Setelah matang, sajikan dengan taburan peterseli dan kacang pistachio di atasnya.
Sajian ini bisa dihidangkan untuk delapan porsi. Tiap porsinya mengandung 266 kalori, 38 gram karbohidrat, 10 gram protein, 9 gram lemak total, 2 miligram kolesterol, 5 gram serat, 5 gram gula, dan 171 miligram sodium.

Apa pun pilihan resep Anda, mengonsumsi wortel dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Hal ini dikarenakan selain mengandung vitamin A, wortel juga kaya akan vitamin K, vitamin C, potasium, dan serat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

\