BH Anda Terasa Tidak Nyaman?

Diperkirakan lebih dari 70 persen wanita mengenakan BH dengan ukuran tidak tepat, seperti cup yang terlalu besar atau bra dengan lingkar dada yang terlalu kecil. Hal ini membuat tidak nyaman dan dapat membawa risiko bagi kesehatan.

Saat membeli BH, Anda akan menemukan beragam ukuran dengan label-label angka, seperti 32A, 34C, atau 38B. Apa arti angka dan huruf tersebut? Dan apakah Anda yakin BH yang Anda pilih telah sesuai dan menopang payudara Anda dengan baik?

BH Anda Terasa Tidak Nyaman, Alodokter

Ukur dan Cek Label Angka serta Huruf

Langkah pertama untuk menentukan BH yang tepat adalah mengukur lingkar bawah payudara dan lingkar payudara Anda. Lingkar bawah payudara diukur dengan meteran yang dilingkarkan pada tubuh tepat di bagian bawah dada atau tulang iga. Sementara lingkar payudara atau disebut juga dengan cup, diukur dari satu lingkar terluar payudara hingga ke ujung lain, melintasi puting.

Setelah mengukur lingkar bawah payudara, cocokkan dengan hasil berikut:

Lingkar bawah payudara Ukuran BH
63-67 cm 30 atau 65
68-72 cm 32 atau 70
73-77 cm 34 atau 75
78-82 cm 36 atau 80
83-87 cm 38 atau 85
88-92 cm 40 atau 90
Sementara itu, ukuran lingkar payudara atau cup ditunjukkan dengan huruf A sampai dengan D. Lalu bagaimana cara mengetahui cup Anda? Kita bisa gunakan rumus berikut ini.

(Ukuran lingkar payudara - ukuran lingkar bawah payudara) + 2

Contoh:

Ukuran lingkar payudara/cup: 70 cm.

Ukuran lingkar bawah payudara: 60 cm.

Maka penghitungannya: (70-60) + 2 = 12 cm.

Angka tersebut menjadi panduan pilihan cup Anda, sebagai berikut:

  • 10 – 12 cm = cup A.
  • 13 – 14 cm = cup B.
  • 15 – 17 cm = cup C.
  • 18 – 19 cm = cup D.
  • 20 – 22 cm = cup E.
Meski demikian, ukuran label angka dan huruf pada satu merek bisa jadi berbeda dengan merek lain. Oleh karenanya, selain mengukur, ada baiknya tetap mencoba BH yang ingin Anda beli agar mendapatkan yang paling sesuai.

Tampil Nyaman dengan BH Tepat

Selain cara di atas, ada beberapa hal yang dapat menjadi panduan memilih BH yang sesuai dan mempertahankan kualitasnya, yaitu:
  • Saat dikenakan, pastikan tali belakang BH tidak naik dan menjadi lebih tinggi dari cup. Ini membuktikan bahwa ukuran BH Anda kurang tepat.
  • Tubuh wanita mengalami perubahan, seperti berat badan yang meningkat atau menurun, atau kehamilan. Perubahan ini berpengaruh juga kepada ukuran BH. Maka jika selama 2 tahun terakhir Anda merasa nyaman mengenakan BH ukuran 32B, bisa jadi kini Anda akan merasa lebih nyaman dengan BH berukuran lain karena perubahan-perubahan tersebut.
  • BH Anda akan menjadi lebih longgar dalam periode tertentu, umumnya 8 bulan, tergantung seberapa sering Anda mengenakannya. Lebih baik jika Anda memiliki tujuh hingga delapan BH untuk digunakan secara bergantian sehingga Anda tidak mengenakan BH yang sama terus-menerus dalam dua hari. Dengan demikian BH Anda akan menjadi lebih tahan lama. Jika beberapa BH mulai terasa tidak nyaman, mungkin saatnya membeli yang baru.
  • Terdapat jenis BH yang berbeda untuk jenis pakaian dan aktivitas berbeda. Jangan menggunakan satu jenis BH yang biasa dikenakan ke kantor untuk dikenakan ke resepsi pernikahan. Anda mungkin perlu mengenakan BH yang membuat payudara tampak tidak terlalu menonjol ketika mengenakan kaos yang pas dengan badan. Sementara saat mengenakan gaun, Anda memerlukan BH dengan busa yang dapat membuat tubuh tampak lebih indah.
  • Lebih baik BH dengan busa atau tidak? Tergantung kepada karakteristik payudara Anda. Jika payudara Anda termasuk yang berisi, maka BH tanpa busa dapat menjadi pilihan. Jika tidak, push-up bra dengan busa dan kawat dapat membuat payudara Anda menjadi tampak lebih indah.
Selain salah mengukur dan salah membeli BH, wanita juga tidak jarang kurang cermat dalam menjaga kualitas BH. Sebaiknya cuci BH dengan tangan dalam air dingin. Hindari memasukkannya ke mesin cuci agar talinya tidak lekas longgar.

BH untuk Masa Tertentu

Pada masa atau aktivitas tertentu, wanita memerlukan BH yang berbeda dari yang biasa dikenakan sehari-hari, antara lain:

BH untuk olahraga

BH yang tepat untuk berolahraga dapat membuat gerakan Anda menjadi lebih nyaman karena menyangga payudara dengan tepat serta mencegah gesekan lapisan dalam BH terhadap puting.

BH untuk ibu hamil

Kehamilan membuat payudara membesar dan kulit merenggang. Gravitasi membuat payudara menjadi turun dan juga menarik kulit payudara ke bawah.  Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menjadi panduan ibu hamil untuk memilih BH.

  • Ganti dengan BH berukuran lebih besar. Saat hamil, umumnya ukuran BH  akan bertambah menjadi satu hingga dua nomor lebih besar.
  • Tanpa busa dan kawat. Busa umumnya dirancang untuk menyempurnakan tampilan payudara. Namun pada ibu hamil, payudara telah membesar dengan sendirinya sebagai persiapan menyusui. Kawat pada BH juga membuat payudara terasa terhimpit seiring dengan perut yang membesar.
  • Pilih BH dengan tali lebar, pengait lebih banyak, dan cup yang penuh untuk melindungi seluruh payudara. Pengait lebih banyak dapat membuat Anda lebih mudah menyesuaikan ketetatan pemakaian BH sesuai kebutuhan.
  • Pada trimester ketiga kehamilan, Anda dapat mulai mengenakan BH khusus untuk menyusui dengan cup yang dapat dibuka. Selain itu, BH jenis ini lebih sesuai untuk menopang payudara pra-menyusui.
Lepaskan BH saat tidur agar istirahat menjadi lebih nyaman.

Risiko Mengenakan BH yang Tidak Tepat

Bekas merah pada area sekeliling bra, rasa sakit pada leher atau bahu, tali BH yang bergeser ke atas, payudara yang menyembul keluar dari tepi BH, adalah tanda-tanda ukuran BH yang Anda kenakan bisa jadi kurang tepat.

Risiko ini akan bertambah tinggi pada wanita dengan ukuran payudara besar. Tidak mengenakan bra saat beraktivitas dengan intensitas tinggi juga membuat risiko ini membesar. Sakit kepala, nyeri di punggung serta tangan, hingga sering kesemutan di tangan adalah gejala yang mungkin terjadi akibat mengenakan BH dengan ukuran yang tidak tepat. Dalam jangka panjang, gejala ini akan menjadi gangguan pada otot leher bawah dan belakang, gangguan tulang belakang, hingga postur tubuh yang tidak proporsional.

Selain menjaga kesehatan, mengenakan BH dengan ukuran dan jenis yang tepat dapat membuat Anda lebih nyaman bergerak dan percaya diri.