Flaxseed, Biji Kaya Serat dengan Sederet Manfaat

Kini kesadaran hidup sehat semakin meningkat. Konsumsi makanan sehat merupakan fokus utama. Flaxseed atau biji rami merupakan salah satu makanan sehat dengan manfaat yang tidak sedikit.

Flaxseed kaya kandungan serat larut dan tidak larut serta asam lemak omega-3. Biji ini juga memiliki manfaat antioksidan dan estrogen, berkat kandungan lignan di dalamnya.

flaxseed biji kaya serat dengan sederet manfaat - alodokter

Sekitar 7 gram atau satu sendok flaxseed mengandung 37 kalori, 2 gram serat pangan, dan  2 gram asam lemak tidak jenuh.

Berikut beberapa manfaat flaxseed untuk kesehatan :

  • Menurunkan tingkat kolesterol

Flaxseed dapat menekan kadar kolesterol LDL (low-density lipoprotein) atau sering disebut kolesterol jahat, sekaligus tingkat kolesterol secara keseluruhan. Penyajian flaxseed secara beragam termasuk dalam roti dan muffin memiliki manfaat yang sama. Meski demikian, flaxseed tidak tampak banyak memengaruhi HDL (high-density lipoprotein) atau kolesterol baik.

  • Mencegah penyakit kardiovaskular

Asupan omega-3 pada tubuh dapat membantu menormalkan detak jantung. Studi terbaru juga menduga, omega-3 dalam flaxseed dapat membantu menurunkan tekanan darah, mencegah pengerasan dan pembentukan plak pada arteri (pembuluh darah bersih).

  • Mengurangi peradangan

Peradangan yang biasanya menyertai penyakit asma dan parkinson, diduga dapat dikurangi oleh senyawa ALA dan lignan yang dikandung flaxseed. Peneliti mengungkap, kemampuan flaxseed ini dikaitkan dengan mencegah pembentukan plak pada arteri, yang sekaligus dapat mencegah serangan jantung dan stroke.

  • Memperlambat perkembangan kanker payudara

Kandungan lignan dalam flaxseed menyerupai hormon wanita, estrogen. Karena bentuknya yang sangat mirip, maka tubuh mengenali lignan sebagai estrogen dan membuat estrogen alami seperti tidak berfungsi. Peneliti meyakini lignan dapat memperlambat perkembangan beberapa jenis kanker payudara yang dipengaruhi kadar estrogen tubuh.

  • Menstabilkan tingkat gula darah

Asupan flaxseed sebanyak 3 kali sehari selama 3 bulan pada sebuah studi, membuktikan dapat membantu menstabilkan tingkat gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Studi lain menunjukkan, asupan bubuk flaxseed secara teratur selama satu bulan, menurunkan gula darah setelah puasa.

Tips Mengonsumsi Flaxseed

Pastikan untuk mengonsumsi flaxseed yang sudah ditumbuk, sebab biji ini dapat masuk ke seluruh bagian tubuh tanpa dicerna. Flaxseed mentah yang belum diproses kemungkinan mengandung racun. Masak flaxseed bersama dengan makanan lain untuk menghancurkan racun. Anda bisa menambahkan flaxseed pada biskuit, muffin, atau roti sebelum dipanggang.

Selain itu, pastikan untuk tidak mengonsumsi secara berlebihan. Sajian flaxseed sekitar 50 gram atau 5 sendok makan per hari, dianggap mencukupi. Tambahkan satu sendok flaxseed pada sereal sarapan pagi, atau pada mayonaise dalam roti lapis. Flaxseed juga akan menambah serat sekaligus rasa pada yogurt sebagai camilan atau makanan penutup.

Memiliki kebiasaan mengonsumsi flaxseed atau biji rami secara teratur dapat memperoleh manfaat kesehatan. Namun, jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi flaxseed.