Sejumlah Manfaat Susu Kambing

Susu merupakan salah satu sumber utama kalsium yang dibutuhkan tubuh. Namun, jangan hanya terpaku pada susu sapi mengingat susu kambing pun tak kalah manfaatnya. Selain mengandung kalsium, susu kambing juga kaya antioksidan dan asam lemak baik, sehingga dapat mencukupi kebutuhan nutrisi.

Di samping itu, banyak kandungan nutrisi dalam susu kambing sama dengan yang terdapat pada Air Susu Ibu (ASI). Susu kambing juga memiliki risiko alergi yang sedikit lebih rendah dibanding susu sapi. Ini karena susu kambing mengandung lebih sedikit senyawa kasein alpha 1 yang merupakan salah satu penyebab alergi.

Sejumlah Manfaat Susu Kambing - Alodokter

Dari kandungan nutrisinya, berikut beberapa manfaat susu kambing.

Sumber Kalsium dan Antioksidan

Seperti susu sapi, susu kambing juga kaya akan kalsium dan fosfor yang bermanfaat bagi pembentukan tulang. Susu kambing juga mengandung zinc dan magnesium yang merupakan antioksidan dan untuk mencegah penyakit saraf.

Mengobati Anemia

Konsumsi susu kambing secara rutin dapat memperbaiki kondisi anemia defisiensi zat besi. Ini karena susu kambing dapat meningkatkan penggunaan  zat besi oleh tubuh serta merangsang pembaruan hemoglobin.

Berbeda dengan susu sapi, susu kambing meminimalkan interaksi antara kalsium dan zat besi dalam tubuh. Interaksi kedua zat mineral tersebut menimbulkan efek saling menghambat. Misalnya, kalsium dalam susu sapi dapat menurunkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

Sebagai Probiotik

Susu kambing kaya akan oligosaccharides atau senyawa yang mengandung gula sederhana. Dengan komposisi yang sama dengan ASI,  oligosaccharides dari susu kambing berperan sebagai probiotik di tubuh kita. Senyawa ini mampu membersihkan usus besar dari jamur dan bakteri penyakit yang dihasilkan sisa makanan.

Lebih Mudah Diserap Tubuh

Keuntungan lainnya ialah susu kambing bisa sedikit lebih baik bagi mereka dengan intoleransi terhadap laktosa. Ini karena susu kambing mengandung proporsi laktosa sedikit lebih rendah daripada susu sapi, sehingga lebih mudah diserap. Selain itu, gumpalan protein susu kambing yang dibentuk oleh aktivitas asam lambung lebih lembut sehingga akan lebih mudah dicerna. Ini bisa menguntungkan bayi yang sering gumoh atau memiliki gangguan pencernaan seperti refluks.

Mengandung Asam Lemak Baik

Susu kambing mengandung asam lemak esensial seperti linoleat dan arakidonat yang lebih banyak daripada susu sapi. Asam lemak ini merupakan sumber energi yang cepat dibakar dan tidak disimpan dalam tubuh sebagai lemak.

Lemak susu kambing mampu menurunkan kadar kolesterol total dan menjaga kadar trigliserida. Ini membuat susu kambing menjadi pilihan sehat untuk mencegah penyakit jantung.

Tips Mengonsumsi Susu Kambing

Susu kambing bisa dipertimbangkan sebagai menu alami yang dapat dikonsumsi secara rutin oleh orang dewasa, terutama bagi mereka yang alergi pada susu sapi, memiliki gangguan penyerapan nutrisi atau malabsorption, memiliki kadar  kolesterol yang tinggi, anemia, atau osteoporosis.

Namun, secara umum konsumsi susu sapi dan susu kambing tidak direkomendasikan untuk bayi berusia di bawah satu tahun. Hal ini karena pemberian susu selain ASI pada bayi dapat meningkatkan risiko iritasi usus dan anemia. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter bila ingin memberikan susu selain ASI pada anak terutama anak yang alergi terhadap susu formula berbahan dasar susu sapi atau kedelai.

Dengan sejumlah manfaat susu kambing yang ada, Anda tetap harus memperhatikan beberapa rambu-rambu. Pastikan ada label ’Bebas Bovine Growth Hormone (BHG) dan antibiotik’ bila Anda hendak membeli susu kambing