Ada 5 Langkah Mujarab Mengatasi Bronkitis Kronis

Seseorang yang menderita peradangan pada saluran bronkus yang membawa udara ke paru-paru berarti menderita bronkitis. Kronis atau diartikan sudah berlangsung lama, dalam hal ini adalah bronkitis kronis, merupakan salah satu jenis penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

Para penderita bronkitis biasanya akan menderita batuk berdahak, sesak napas, mengi, dan dada terasa sesak. Meski pengobatan telah dilakukan, penderita bronkitis kronis mungkin tidak sepenuhnya bisa terbebas dari penyakit ini.

ada 5 langkah mujarab mengatasi bronkitis kronis - alodokter

Untuk meringankan kondisi penderita bronkitis kronis, beberapa langkah berikut bisa dilakukan.

Hentikan kebiasaan merokok saat ini juga

Salah satu faktor resiko utama terkena bronkitis kronis adalah merokok. Sekitar 9 dari 10 orang yang terkena bronkitis kronis adalah mereka yang biasa terpapar oleh asap rokok atau memiliki riwayat pernah merokok. Bila perokok mengalami batuk yang berlangsung lama (kronis), maka hal tersebut dapat menjadi pertanda paru-paru telah mengalami kerusakan. Yang patut diperhatikan adalah kerusakan yang terjadi kemungkinan tidak bisa disembuhkan sepenuhnya.

Membiasakan diri kembali untuk berolahraga secara teratur

Keuntungan melakukan olahraga secara teratur adalah memperkuat otot-otot yang dapat membantu proses pernapasan. Jika sudah lama tidak berolahraga, mulailah kembali dari yang ringan dahulu dengan frekuensi yang tidak terlalu sering dan durasi yang singkat. Tingkatkan frekuensi secara perlahan-lahan hingga menjadi tiap hari dengan durasi yang kian bertambah lama jika sudah terbiasa.

Jika ingin melakukan olahraga khusus untuk memperbaiki kualitas paru-paru, maka program rehabilitasi paru bisa menjadi pilihan. Latihan ini melibatkan seorang ahli atau terapis pernapasan. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai program ini, konsultasikan kepada dokter atau pihak rumah sakit.

Upayakan untuk menjaga kelembapan ruangan

Karena penderita bronkitis kronis sering mengalami sesak napas, maka jadikan suhu ruangan rumah menjadi lebih nyaman untuk mereka. Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mewujudkan hal ini adalah dengan mengoperasikan pelembap ruangan. Sebaiknya kamar tidur penderita mendapat prioritas utama untuk memakai pelembap ruangan. Jaga kelembapan ruangan tersebut antara 30-50 persen. Pastikan juga mesin pelembap ruangan yang digunakan selalu dibersihkan secara rutin.

Menjaga berat badan tetap ideal dengan makanan sehat dan terjadwal

kesulitan bernapas yang dialami oleh para penderita bronkitis kronis bisa merembet pada hilangnya nafsu makan. Hal ini bisa berakibat kepada sulitnya meningkatkan berat badan bagi yang membutuhkannya. Meski tentu saja, berat badan berlebih juga bisa menyebabkan susah bergerak, mengganggu fungsi paru-paru,  serta membahayakan jantung.

Untuk mengimbangi hal tersebut, maka penderita bronkitis kronis harus pandai-pandai memilih makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Makanan sehat yang bisa dijadikan pilihan bagi mereka adalah buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh. Sumber makanan lain yang bisa dijadikan pilihan adalah daging tanpa lemak, daging unggas, ikan, susu rendah lemak, dan produk olahan susu rendah lemak. Sebaliknya, penderita bronkitis kronis disarankan untuk menghindari makanan dan minuman yang banyak mengandung lemak jenuh, lemak trans, garam berlebihan, kolesterol, dan gula yang ditambahkan ke dalam makanan.

Gorengan adalah salah satu jenis makanan yang patut dihindari bila Anda divonis menderita bronkitis kronis. Apalagi jika digoreng menggunakan minyak yang telah dipakai berulang-ulang, maka nutrisi lemak tak jenuh akan hilang dan justru memicu kemunculan lemak trans, serta meningkatkan kadar kolesterol.

Mengimbangi aktivitas harian dengan kecukupan waktu istirahat

Mereka yang mengidap pernyakit paru obstruktif kronik atau PPOK pada dasarnya membutuhkan lebih banyak tenaga hanya untuk bernapas. Penderita bronkitis kronis yang termasuk PPOK mungkin dapat menghabiskan energi 10 kali lipat lebih banyak dibandingkan orang-orang yang memiliki paru-paru sehat. Tentu saja mereka harus mengetahui seberapa banyak aktivitas yang dibutuhkan agar stamina mereka tetap terjaga.

Salah satu bentuk perawatan yang ditawarkan rumah sakit adalah program rehabilitasi paru. Program yang diikuti oleh penderita bronkitis kronis ini turut mencakup pengetahuan tentang cara menyeimbangkan waktu dan energi.

Beberapa hal juga perlu diperhatikan oleh penderita bronkitis kronis dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Disarankan untuk menghindari paparan polusi, baik dalam bentuk asap maupun debu. Penderita sebaiknya juga menghindari orang-orang pengidap pilek. Sebagai pertolongan tambahan, penderita bisa memakai mesin penghasil uap untuk ruangan (vaporizer) atau menghirup uap air panas dari baskom kecil.