Andalkan Obat Gatal Alergi untuk Kenyamanan Anda

Rasa gatal yang timbul akibat alergi terhadap zat alergen tertentu menimbulkan rasa yang tidak mengenakkan. Menggaruk bagian yang terkena alergen kerap dilakukan untuk menghilangkan rasa gatal yang timbul. Namun, ini bukan cara yang tepat untuk meredam rasa gatal, menggunakan obat gatal alergi bisa menjadi pilihan untuk mengatasi rasa gatal yang muncul.

Alergi merupakan bentuk reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap zat asing yang berbahaya. Bagi mereka yang mengidap alergi, tubuh akan mengeluarkan respons tertentu saat bersentuhan dengan alergen.

andalkan obat gatal alergi untuk kenyamanan anda - alodokter

Respons yang ditimbulkan bisa berbeda-beda pada tiap orang, seperti kemunculan rasa gatal, kulit kemerahan, hidung tersumbat, dan beberapa respons lain. Begitu pula dengan alergen tiap orang yang bisa berlainan, seperti muncul alergi setelah tergigit serangga, efek minum obat-obatan, terpapar debu, makanan, menghirup serbuk sari, atau bulu binatang. Berikut, hal yang bisa Anda lakukan jika gejala alergi muncul.

  • Menghindari kontak dengan zat alergen yang dapat memicu alergi Anda muncul.
  • Mandi untuk membantu meredakan ruam akibat alergi. Campurkan oatmeal koloid pada air mandi hangat untuk menenangkan kulit Anda yang meradang.
  • Kompres area kulit yang gatal atau ruam dengan kompres dingin.
  • Saat mengalami gejala alergi, lebih baik hindari mengenakan pakaian yang ketat. Dikhawatirkan, pakaian ketat bisa mengiritasi ruam.

Atasi Alergi dengan Obat Gatal Alergi

Menggaruk area yang gatal ataupun ruam bukan menjadi solusi untuk meredam rasa gatal yang muncul akibat alergi. Adapun, untuk meredam rasa gatal dan ruam, Anda bisa menggunakan obat gatal alergi sesuai dengan petunjuk dokter.

  • Steroid topikal

Steroid topikal dapat mengatasi inflamasi kulit yang disebabkan oleh eksim, dermatitis, dan alergi. Penggunaan steroid topikal pada kulit dapat meredam gejala-gejala pembengkakan, gatal-gatal, dan kulit kemerahan. Namun, obat ini hanya bisa Anda aplikasikan pada kulit saja. Hindari penggunaan pada bagian ketiak, wajah, dan selangkangan, kecuali Anda telah mendapat persetujuan dan petunjuk dari dokter mengenai penggunaannya.

Salah satu jenis obat gatal alergi kortikosteroid yang disarankan adalah betametason. Meski begitu, konsultasikan kepada dokter kulit Anda untuk mendapatkan petunjuk pemakaian yang direkomendasikan.

  • Salep Calamine

Salep calamine biasa digunakan untuk meredakan rasa sakit dan gatal yang disebabkan oleh terkena getah tanaman tertentu, kulit terbakar sinar matahari, ruam, dan gigitan serangga. Calamine juga mampu mengeringkan luka basah yang disebabkan racun tanaman.

Yang perlu diperhatikan, hindari penggunaan calamine pada bagian mata dan selaput lendir.

  • Antihistamin

Obat antihistamin bisa diandalkan untuk mengatasi berbagai macam jenis alergi, seperti alergi makanan, serbuk sari, gigitan serangga, alergi kulit, dan alergi mata. Bagi Anda yang alergi terhadap serbuk sari, disarankan untuk mengonsumsi obat ini secara rutin saat musim tumbuhnya tanaman tersebut untuk mencegah munculnya alergi.

  • Kortikosteroid

Obat anti-inflamasi kortikosteroid tersedia dalam bentuk salep, tablet, obat cair, suntik, dan inhaler. Untuk kortikosteroid berbentuk salep, Anda dapat mengoleskannya pada kulit yang mengalami alergi, gatal, dan kemerahan. Khusus kortikosteroid oral, pastikan terlebih dahulu bahwa kondisi perut sudah terisi makanan agar terhindar dari risiko terkena sakit perut.

Tingkat keparahan alergi yang dialami tiap orang tentu saja berbeda-beda, namun menghindari zat yang menjadi penyebab alergi muncul merupakan langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah timbulnya alergi.