Aneka Jenis Sayuran untuk Ibu Hamil yang Sayang untuk Dilewatkan

Saat hamil, Anda dituntut untuk mengonsumsi makanan yang penuh nutrisi guna mendukung perkembangan janin. Salah satu jenis makanan bernutrisi itu adalah sayuran. Berikut beberapa pilihan sayuran untuk ibu hamil yang bisa Anda masukkan ke dalam menu makanan sehari-hari.

Sayuran begitu penting bagi Anda, karena banyak nutrisi esensial yang bisa bermanfaat bagi ibu hamil dan si Kecil. Selain itu, kandungan serat yang melimpah pada sayuran bisa mencegah Anda terkena masalah yang sering dialami oleh ibu hamil yaitu konstipasi dan wasir.

aneka jenis sayuran untuk ibu hamil yang sayang jika dilewatkan - alodokter

Jenis sayuran yang bisa Anda konsumsi antara lain:

Brokoli. Sayuran ini mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh. Tidak hanya itu, kandungan kalsium  dan asam folat pada brokoli juga tidak boleh Anda lewatkan. Karena zat ini bisa mendukung perkembangan tulang, otot, dan jantung janin.

Untuk memperoleh nutrisi pada brokoli, dianjurkan untuk tidak merebusnya terlalu lama. Merebus brokoli bisa mengurangi nutrisi yang terkandung di dalamnya. Lebih baik memroses brokoli dengan cara mengukusnya selama tiga setengah menit.

Kacang hijau. Anda bisa mendapatkan asupan protein, vitamin A, vitamin C, zat besi, dan folat yang baik dari kacang hijau.

Agar kandungan pada kacang hijau tidak berubah, disarankan untuk menyimpan kacang hijau ke dalam lemari pendingin setelah Anda membelinya.

Asparagus. Kandungan nutrisi pada asparagus sangat seimbang seperti kaya akan potasium dan asam folat, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan serat.

Bayam. Sayuran yang terkenal di dunia fiksi ini ternyata menyimpan banyak zat yang baik untuk tubuh seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin, C, vitamin E, dan vitamin K. Selain itu, ada pula zat besi, kalsium, magnesium, kalium sodium, serat, dan tidak ketinggalan zat antioksidan.

Tomat. Zat antioksidan yang sangat kuat seperti likopen bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi tomat. Selain itu, tomat juga mengandung vitamin A dan vitamin C. Khasiat tomat akan jauh lebih terasa ketika dimasak menjadi sebuah saus atau dimakan dengan sedikit minyak.

Ubi jalar. Kandungan nutrisi pada ubi jalar antara lain potasium, kalsium, vitamin A, dan vitamin C.

Aneka jenis sayuran untuk ibu hamil lainnya yang bagus untuk dikonsumsi yaitu daun selada, peterseli, lobak, sawi, wortel, labu, kembang kol, dan sayuran berdaun hijau gelap.

Agar sayuran tidak terlupakan dari daftar makanan harian Anda, selalu sediakan sayuran di lemari pendingin. Hal ini bisa membuat Anda selalu ingat untuk mengonsumsi sayuran sekaligus memudahkan Anda memrosesnya sebagai makanan.

Untuk memanjakan lidah, Anda bisa memanggang dan memberikan bumbu rempah-rempah pada sayuran.

Mengonsumsi sayuran bisa juga divariasikan agar tidak bosan seperti memadukannya dengan buah ke dalam segelas jus, menyajikannya dengan mayones, atau menjadikannya telur omelet sayuran.

Sebelum dikonsumsi, disarankan untuk mencuci sayuran terlebih dahulu dengan cara yang benar. Kotoran seperti tanah yang kerap menempel pada sayuran bisa sangat berbahaya bagi ibu hamil. Contohnya berisiko mengalami keracunan makanan dan akibat tercemar bakteri E. coli atau bahkan toksoplasma.

Mencuci sayuran yang benar bisa dilakukan dengan cara menggosok seluruh bagian sayur-sayuran di bawah kucuran air mengalir. Potong bagian sayuran yang terlihat rusak. Tidak perlu mencucinya dengan memakai tambahan zat pembersih seperti sabun.