Apa Benar Kacamata Terapi Bisa Memperbaiki Penglihatan?

Kacamata terapi kerap dijadikan pilihan untuk mengatasi berbagai masalah pada mata. Tapi sayangnya, efektivitas kacamata ini dalam memperbaiki penglihatan masih mengalami kontroversi. 

Ada dua jenis kacamata terapi yang diklaim bisa menormalkan mata Anda, yaitu pinhole glasses dan kacamata orthoptic.

apa benar kacamata terapi bisa memperbaiki penglihatan - alodokter

Pinhole Glasses

Kacamata ini didesain khusus untuk kalangan yang memiliki penyakit rabun dekat dan rabun jauh. Tidak seperti kacamata pada umumnya, lensa pada pinhole glasses dilapisi selembar plastik berwarna gelap yang dipenuhi oleh lubang-lubang kecil. Lubang-lubang ini memungkinkan pancaran cahaya untuk masuk ke mata. Hal ini bisa memperjelas penglihatan Anda. Jika dikombinasikan dengan latihan mata, pinhole glasses diduga dapat memperbaiki penglihatan Anda secara permanen.

Efek sebaliknya juga mungkin bisa terjadi. Kacamata ini mungkin juga membuat penglihatan Anda buram dan membuat mata lelah ketika melihat objek dalam waktu lama.

Kacamata ini tidak dianjurkan dipakai saat berkendara atau saat mengoperasikan mesin, karena efeknya dapat mengurangi tingkat kecerahan objek. Kalangan yang memiliki penyakit miopi minus lebih dari 6 juga tidak direkomendasikan memakainya.

Beberapa produsen telah mengkampanyekan kegunaan pinhole glasses. Meski begitu, ada beberapa kalangan yang meragukan khasiatnya. Mereka berpendapat bahwa klaim khasiat pinhole glasses belum bisa dibuktikan secara ilmiah.

Kacamata Orthoptic

Kacamata ini merupakan salah satu jenis metode yang digunakan pada terapi penglihatan. Kacamata terapi ini digunakan oleh dokter mata atau orthoptist untuk memperbaiki penglihatan Anda seperti mengontrol koordinasi dan pergerakan mata.

Kacamata yang digunakan pada terapi ini menggunakan lensa cembung atau lensa cekung.

Berbagai masalah mata yang diklaim bisa diatasi oleh kacamata orthoptic antara lain:

  • Gangguan pada gerakan mata.
  • Penglihatan tidak fokus.
  • Ambliopia, kondisi ketika mata gagal untuk mencapai ketajaman visual normal.
  • Masalah penglihatan terkait cidera otak.
Beberapa dokter mata merekomendasikan kacamata ini, namun ada pula yang tidak menganjurkannya mengingat kurangnya data klinis yang menyatakan khasiatnya.

Jadi, sebelum memutuskan untuk memakai kacamata terapi, konsultasikan terlebih dahulu secara seksama dengan dokter mata.