Apakah Ada Vitamin Penambah Nafsu Makan?

Defisiensi atau kurang mengonsumsi vitamin dan mineral tertentu memang akan berakibat hilangnya nafsu makan. Tetapi, apakah dengan mengonsumsi vitamin tersebut dalam kadar yang banyak akan meningkatkan nafsu makan? Jawabannya adalah belum tentu.

Banyak obat atau suplemen yang mengandung vitamin tertentu untuk meningkatkan selera makan. Akan tetapi, efek vitamin dalam merangsang selera makan masih terbatas pada teori ilmiah. Dengan kata lain, hingga saat ini belum ada penelitian atau sumber yang menyatakan bahwa nafsu makan yang sudah normal dapat lebih ditingkatkan dengan pemberian vitamin.

Vitamin penambah nafsu makan - alodokter

Jika Anda ingin menambah nafsu makan, tidak perlu terlalu mengandalkan vitamin penambah nafsu makan. Ada beberapa cara lain yang dapat Anda lakukan agar nafsu makan dapat meningkat. Cara-cara tersebut adalah:

Mengubah pola makan mulai dari sekarang

Anda kerap melewatkan sarapan? Sebaiknya, mulai saat ini hindari kebiasaan buruk tersebut. Sebaliknya, usahakan untuk rutin mengonsumsi makanan sarapan. Sarapan penting untuk mengatur metabolisme tubuh kembali setelah semalaman tubuh tidak mendapat asupan makanan. Berkat sarapan, Anda dapat lebih aktif sepanjang hari dan berpeluang untuk meningkatkan nafsu makan di waktu-waktu makan berikutnya. Pilih menu sarapan sehat dan seimbang, seperti buah-buahan segar, yoghurt, atau roti gandum dan sereal.

Pilih menu yang menarik

Jika Anda tidak berselera makan, cobalah untuk membuat penampilan makanan menjadi lebih menarik. Makanan dengan warna-warni yang segar mungkin bisa menggugah selera Anda. Makanan dengan warna yang beragam, seperti brokoli, wortel, atau olahan pasta dengan saus tomat, selain menarik juga kaya akan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Anda juga dapat berinisiatif mencoba makanan baru, baik dengan membelinya atau membuatnya sendiri.

Makan sedikit saja, tetapi dengan frekuensi yang lebih sering

Mengonsumsi makanan dalam jumlah sedikit, tetapi dengan frekuensi yang lebih sering adalah cara yang baik untuk merangsang nafsu makan. Biasanya, seseorang dengan nafsu makan rendah akan merasakan kembung atau perutnya terlalu penuh setelah makan. Untuk menghindarinya, makanlah 4-6 kali sehari dengan porsi yang jauh lebih kecil daripada porsi pada umumnya.

Jangan terlalu banyak minum

Sebaiknya hindari minum air putih sebelum Anda selesai makan, apalagi minuman seperti kopi, teh, dan jus. Anda memerlukan gizi, sementara minuman ini tidak terlalu padat gizi. Oleh karena itu, penuhi dahulu kebutuhan gizi Anda dari makanan. Setelah selesai makan, barulah minum.

Pilih makanan camilan yang sehat

Jika nafsu makan Anda masih rendah, tidak perlu langsung mencari vitamin penambah nafsu makan. Sebaiknya siasati kondisi itu dengan mengonsumsi camilan. Perlu diingat bahwa Anda tetap harus memilih camilan yang sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi apabila benar-benar tidak bisa mengonsumsi makanan berat pada jam makan utama. Avokad, pisang, dan kacang-kacangan dapat dijadikan pilihan yang disarankan. Satu hal lagi, mengonsumsi camilan bukan ditujukan untuk menggantikan makanan utama. Jadi, hindari mengonsumsi camilan menjelang jam makan utama agar tidak merusak selera makan Anda di jam tersebut.

Berolahraga

Melakukan olahraga ringan dapat meningkatkan selera makan. Ketika ada kalori yang dibakar, maka tubuh akan merespon dengan keinginan untuk makan. Akibatnya Anda akan merasa lapar setelah berolahraga.

Pada dasarnya cara-cara di atas mudah dilakukan, sehingga Anda tidak perlu terlalu fokus mencari vitamin penambah nafsu makan. Dengan melaksanakan cara-cara di atas, nafsu makan berpeluang untuk bertambah, kesehatan Anda pun tetap terjaga.