Apakah Kehamilan Bisa Membuatmu Jadi Pelupa?

Ada informasi beredar di masyarakat yang mengatakan bahwa kehamilan bisa membuat wanita menjadi pelupa. Hal tersebut berbanding lurus dengan pengalaman sebagian wanita yang merasa kemampuan mengingat jangka pendeknya menurun saat hamil.

Kondisi yang dialami oleh sebagian wanita saat hamil ini kerap disebut pregnancy brain atau momnesia. Meski ada penelitian yang pro terhadap kondisi ini, keterkaitan antara kehamilan dan menurunnya daya ingat wanita masih belum didukung dengan hasil penelitian yang memadai dan hasilnya tidak konsisten.

Apakah Kehamilan Bisa Membuatmu Jadi Pelupa

Pada dasarnya, kehamilan tidak serta-merta memengaruhi fungsi otak wanita meski mungkin kamu merasa daya ingatmu tidak setajam biasanya. Jika kamu mengalami hal ini saat hamil, bisa jadi itu hanyalah persepsimu saja.

Lantas, apa yang menyebabkan wanita merasa menjadi pelupa saat hamil? Ada beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebabnya.

  • Mual dan muntah pada awal kehamilan mungkin menyebabkan daya ingatmu menurun. Penurunan daya ingat bisa diperparah jika di masa-masa ini kamu kerap mengalami kelelahan juga.
  • Saat hamil, kamu bisa mengalami gangguan tidur atau stres. Siapa pun yang mengalami hal semacam ini, termasuk ibu hamil, bisa mengalami penurunan daya ingat.
  • Kehamilan mungkin membuat isi kepalamu dipenuhi oleh berbagai hal yang dapat menjadikan perhatianmu terbagi-bagi sehingga kamu mudah untuk melupakan sesuatu.
  • Penurunan kinerja otak dalam proses mengingat juga mungkin terhambat oleh perubahan hormon yang terjadi saat hamil.
  • Selagi hamil prioritas utamamu kini hanya terfokus kepada bayi. Kondisi tersebut mungkin membuatmu melupakan hal-hal lainnya.
  • Depresi saat hamil juga bisa menjadi penyebab lupa.
  • Penurunan daya ingat bisa disebabkan oleh kondisi fisik yang berubah di usia akhir kehamilan, yaitu mengecilnya ukuran otak. Meski benar, tapi nyatanya kondisi ini hanya sementara saja, kok! Ukuran otak akan kembali normal dalam hitungan minggu atau bulan usai bayimu lahir.

Meski begitu, jangan menyerah kepada keadaan ini. Kamu bisa mengantisipasi dengan melakukan beberapa tips berikut ini:

  • Cukupi waktu tidurmu. Menurut penelitian, tidur bisa membantu kemampuan daya ingatmu menjadi lebih baik.
  • Tulis semua yang ingin kamu lakukan secara terperinci di buku harian, lalu tandai jika sudah dilakukan. Untuk membantumu tidak melewati rencana yang ada, kamu bisa menjadwalkannya di ponsel dengan menyetel alarm pengingat.
  • Selalu letakkan benda-benda pada tempat yang sama agar tidak ada benda-benda yang terlupakan.
  • Jangan bermalas-malasan saat hamil.  Lebih baik gerakkan tubuhmu dengan berolahraga karena hal ini lebih mungkin berdampak positif bagi daya ingatmu, lho!

Jangan berpikiran bahwa sifat pelupa yang menerjang saat kehamilan ini selalu memiliki dampak negatif. Kondisi ini ternyata bisa membuatmu hidup lebih sederhana, lho! Sebagai contoh, kamu jadi lebih bijak dalam memakai tenaga dan pikiranmu hanya untuk sesuatu yang diprioritaskan.

Jika kamu merasa sifat pelupa yang hadir saat hamil ini sudah sangat mengganggu aktivitas di keseharian, jangan sungkan untuk mengonsultasikannya kepada dokter.