Atasi Penyebab Mudah Mengantuk dari Sekarang

Kondisi mudah mengantuk bisa disebabkan oleh perubahan pola hidup, kondisi kejiwaan, hingga gangguan kesehatan serius. Kondisi ini harus segera diantisipasi agar jangan sampai Anda mengalami rasa kantuk yang tidak tertahankan di tengah-tengah aktivitas harian yang padat.

Berapa lama waktu tidur yang Anda butuhkan? Jawabannya, bisa bervariasi karena tiap orang memiliki kebutuhan waktu tidur yang berbeda-beda. Waktu tidur malam yang dinilai normal berkisar antara 7-9 jam. Meski begitu, waktu tidur ideal bagi tiap usia akan berbeda-beda. Extreme drowsiness_compress

Penyebab Mudah Mengantuk yang Perlu Diketahui

Dalam kondisi tertentu, seseorang dapat mengalami gangguan tidur walau sudah tertidur lebih dari sembilan jam, namun tetap saja mudah mengantuk di siang hari. Mudah mengantuk semacam ini bisa menjadi kondisi yang merugikan penderitanya, seperti sering tertidur di waktu-waktu yang tidak tepat dan melalaikan hal-hal penting ketika beraktivitas.

Salah satu gangguan tidur pada waktu yang tidak tepat ini disebut narkolepsi. Narkolepsi adalah bentuk gangguan tidur yang diawali dengan rasa kantuk tidak tertahankan pada siang hari. Kondisi ini berlanjut dengan serangan tidur atau tidur secara tiba-tiba tanpa mengenal waktu dan tempat.

Siklus tidur seseorang yang mudah mengantuk akan terganggu tanpa ada penyebab pasti yang diketahui sebelumnya. Kondisi ini dapat disebabkan oleh stres, depresi, rasa bosan, dan gelisah.

Mudah mengantuk memiliki sejumlah penyebab umum, antara lain:

  • Kurangnya waktu tidur normal yang berkisar 7-9 jam tidur pada malam hari.
  • Bekerja terlalu larut atau sif tugas yang tidak normal, yaitu pada malam hari atau hari libur.
  • Nyeri kronik
  • Diabetes
  • Insomnia kronik dan masalah tidur lainnya.
  • Perubahan kadar natrium di dalam darah, yang dapat berupa hiponatremia atau hiperatremia.
  • Terlalu banyak kadar kalsium di dalam darah atau hiperkalsemia.
  • Fungsi tiroid menjadi yang kurang aktif, dikenal dengan hipotiroidisme.
  • Penggunaan obat penenang, obat tidur, dan/atau obat antihistamin.

Gangguan tidur seperti sleep apnea juga bisa mengurangi kualitas tidur Anda yang berujung pada rasa kantuk yang tidak tertahankan. Sleep apnea terjadi ketika dinding tenggorokan yang menjadi rileks saat tidur sehingga menghambat sebagian atau seluruh saluran udara. Mendengkur, henti napas yang kemudian diikuti rasa terengah-engah, mengantuk di siang hari, dan terbangun dengan mulut kering atau tenggorokan terasa sakit merupakan gejala dari kondisi ini.

Jika Anda mudah mengantuk di mana dan kapan saja, segera cek dan konsultasikan kepada dokter demi mendapatkan pertolongan yang tepat dari gejala mudah mengantuk yang dialami.

Penanganan Dokter untuk Pasien Kondisi Mudah Mengantuk

Dokter akan memeriksa sejumlah kemungkinan penyebab mudah mengantuk dengan cara berdiskusi kepada pasien. Umumnya, dokter akan menanyakan seputar kebiasaan tidur pasien selama ini. Apakah ada gangguan yang membuat pasien terbangun dari tidur? Atau penyebab-penyebab lain yang ditanyakan oleh dokter, seperti:

  • Berapa lama waktu tidur pasien?
  • Apakah pasien tidur mendengkur?
  • Seberapa sering pasien mudah mengantuk pada siang hari?
  • Seberapa sering pasien tertidur pada siang hari?

Bila mudah mengantuk disebabkan oleh kondisi psikologis, dokter akan menganjurkan pasien untuk mendapatkan penanganan dari psikolog atau terapis.

Mudah mengantuk yang disebabkan pemakaian obat-obatan tertentu, umumnya dapat disembuhkan. Tindakan dokter adalah dengan menukar jenis obat-obatan dengan jenis yang berbeda atau mengubah dosis obat hingga kondisi mudah mengantuk mereda. Hal ini juga berlaku untuk mengantuk yang disebabkan karena apnea tidur. Disarankan untuk menghindari obat penenang dan obat tidur. Perlu diingat, jangan menukar obat dan mengubah dosis tanpa sepengetahuan dan persetujuan dari dokter.

Anda dapat meringankan kondisi mudah mengantuk di rumah dengan menangani akar penyebabnya. Ketahui penyebab Anda mudah mengantuk, apakah Anda mengalami perubahan kondisi mental atau tidak? Segera antisipasi kemungkinan disebabkan oleh kurang tidur karena efeknya pada jangka panjang bisa berbahaya bagi kesehatan.

Jaga rutinitas tidur Anda dan beristirahatlah kapan pun Anda sempat. Tidak lupa, cegah kondisi mudah mengantuk dengan menjalani pola hidup sehat, seperti berolahraga secara teratur, menghindari merokok, dan membatasi konsumsi minuman beralkohol.