Ayo, Rutin Olahraga Ringan untuk Mengecilkan Perut!

Olahraga ringan untuk mengecilkan perut sebenarnya mudah. Bahkan ada latihan yang hanya membutuhkan waktu sepuluh menit tiap hari. Tetapi tentu saja demi bisa memaksimalkan efeknya, Anda harus melakukannya secara rutin selama kurun waktu tertentu.

Olahraga yang dimaksud adalah latihan otot inti perut, yaitu bagian yang mengelilingi perut, untuk membentuk otot perut yang lebih kencang. Sebelum mulai latihan, jangan lupa lakukan gerakan perenggangan selama enam menit sebagai pemanasan.

Athletic woman exercising

Berbagai Gerakan Mudah untuk Mengecilkan Perut

Apakah Anda akan menghadiri sebuah acara yang mengharuskan tampil sempurna beberapa minggu ke depan dan Anda menginginkan perut yang lebih ramping dalam beberapa waktu saja? Maka olahraga ringan untuk mengecilkan perut ini bisa menjadi solusi Anda asalkan dilakukan dengan rajin dan disiplin. Jika sudah demikian, maka perut rata bisa didapatkan dalam waktu singkat.

Berikut beberapa olahraga ringan untuk mengecilkan perut yang dapat Anda lakukan.

Aerobik

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa latihan kardio dengan cara melakukan olahraga aerobik adalah cara paling efektif dalam membakar lemak perut. Kalori yang terbakar pun 67 persen lebih banyak dibandingkan dengan latihan-latihan lainnya. Aerobik tingkat menengah seperti berjalan cepat atau berenang selama 150 menit seminggu atau aerobik kuat seperti berlari selama 75 menit seminggu merupakan durasi olahraga yang disarankan demi menjaga kesehatan tubuh.

Sit-up

Sejak dulu sit-up sudah menjadi olahraga ringan untuk mengecilkan perut yang dapat diandalkan. Ketika Anda berlatih sit-up, otot-otot di bagian perut depan dan samping akan terlatih sehingga perlahan-lahan mengikis lemak yang menumpuk.

Anda dapat berlatih dengan menggunakan bola yang besar sebagai penyangga punggung. Caranya, letakkan bola di lantai dan posisikan diri Anda telentang di atas bola sembari meletakkan punggung hingga kepala Anda pada bola dengan posisi kaki menopang tubuh di lantai. Peganglah dumbel pada kedua tangan Anda dengan posisi lengan lurus di depan wajah. Angkat punggung Anda ke depan, lalu letakkan lagi di atas bola. Usahakan lengan tetap lurus di depan wajah. Ulangi gerakan ini 12-15 kali dan lakukan sebanyak tiga set dengan diselingi istirahat 30 detik di antara tiap set.

Melatih otot perut

Olahraga ringan untuk mengecilkan perut yang selanjutnya adalah melatih otot inti perut. Jangan lupa sertakan juga latihan otot punggung bawah, pinggul, dan panggul.

Anda dapat melakukan side plank. Caranya, berbaringlah dengan posisi menyamping ke sisi kiri atau kanan. Tempatkan siku di lantai sebagai tumpuan di bawah bahu. Tumpuk kaki yang satu di atas kaki lainnya. Tempatkan lengan lurus di sisi tubuh. Angkatlah perut dan pinggul dari lantai sehingga seluruh tubuh Anda berada pada posisi lurus diagonal dari kepala hingga kaki. Tahan posisi ini selama 30 hingga 45 detik. Lakukan juga pada sisi yang berlawanan.

Gerakan lainnya adalah diagonal pike legs. Caranya, berbaringlah di lantai dengan kedua kaki lurus sejajar dengan posisi kedua kaki dirapatkan. Miringkan pinggul ke kiri sehingga kedua ujung kaki mengarah ke samping kiri. Letakkan telapak tangan kiri di bawah kepala dan tangan kanan lurus ke arah kanan dengan posisi diangkat beberapa centimeter dari lantai sebagai penyeimbang. Lalu, angkat kedua kaki sekitar 45 derajat dari lantai. Pertahankan agar pinggul tetap miring. Tahan sebentar, kemudian turunkan kaki kembali ke lantai. Lakukan juga dengan posisi tangan bergantian. Ulangi sebanyak 30-40 kali.

Meskipun caranya mudah dan waktu yang diperlukan hanya sebentar, banyak orang yang masih enggan melakukan olahraga ringan untuk mengecilkan perut karena berbagai alasan. Jika Anda menginginkan bentuk perut yang lebih ramping, maka mulai saat ini buanglah rasa malas dan berlatihlah secara rutin. Jangan lupa, lakukan gerakan pendinginan yang disertai perenggangan setelah selesai latihan.