Ayo Singkirkan Makanan Tidak Sehat ini dari Kulkas

Makanan tidak sehat seringkali dikaitkan dengan makanan di luar rumah. Padahal tidak selalu demikian. Beberapa jenis makanan yang tersedia di kulkas di dalam rumah bisa jadi termasuk makanan tidak sehat.

Bisa jadi niat Anda untuk menjaga atau menurunkan berat badan, terhalang oleh kalori ekstra yang berasal dari dalam kulkas.

Ayo singkirkan makanan tidak sehat ini dari kulkas - alodokter

Berikut beberapa jenis makanan tidak sehat yang biasa disimpan di dalam kulkas:

  • Daging olahan

Berbagai jenis daging olahan siap pakai seperti daging asap, daging asin, dan lainnya banyak mengandung sodium dan lemak, serta nitrat sebagai zat pengawet. Sosis juga termasuk kategori daging olahan yang banyak dimanfaatkan untuk sajian cepat saji. Kandungan sodium dan lemak dalam sosis juga tak kalah tinggi.

Untuk mengganti daging olahan ini, Anda dapat memilih daging ayam atau daging sapi segar yang dipanggang. Kedua jenis daging tersebut tinggi kandungan protein, vitamin, dan mineral sekaligus minim sodium dan pengawet. Selain itu, Anda juga dapat mencoba memanggang sayuran sebagai alternatif, seperti jamur, terong, dan paprika merah.

  • Keik, kue manis, dan biskuit

Keik dan kue manis umumnya terdiri dari bahan-bahan dengan kandungan gizi yang harus dikurangi yaitu tepung rafinasi, gula, dan lemak jenuh. Satu potong keik rata-rata mengandung 228 kalori yang terdiri dari 28 gram gula dan 9 gram lemak jenuh.

Sementara biskuit yang renyah dengan ukuran mudah digenggam, sebaiknya dibatasi, karena rendah serat dan tinggi sodium.

  • Es krim

Kini tak jarang yang menyimpan es krim dalam freezer kulkas di rumah, baik bentuk kemasan boks ataupun es krim batangan. Padahal camilan jenis ini  mengandung lemak, lemak jenuh, dan gula yang menambah asupan kalori secara signifikan.

Jika Anda ingin menyingkirkan camilan ini, Anda dapat memilih es krim rendah gula, lemak, dan kalori. Untuk pilihan lebih sehat, sajikan buah segar dan tambahkan dengan yogurt tanpa lemak.

  • Kentang beku siap goreng

Makanan jenis ini semakin umum disimpan di kulkas. Padahal satu mangkuk kecil sekitar 85 gram kentang goreng ini mengandung 160-190 kalori, terutama dari sodium, lemak, dan lemak jenuh. Selain itu, yang perlu diwaspadai adalah kemungkinan mengonsumsi kentang goreng dalam kapasitas yang lebih banyak.

Untuk memperoleh manfaat kentang, ganti dengan kentang panggang atau bakar yang tidak mengandung sodium, lemak, atau lemak jenuh tambahan.

  • Saus krim salad dan mayones

Jangan salah, berbagai jenis saus krim salad yang biasa terdapat dalam kulkas ini mengandung banyak kalori. Tiap dua sendok makan saus tersebut mengandung 120 kalori yang terdiri dari 12 gram lemak, 2,5 gram lemak jenuh, dan 380 miligram sodium.

Selain itu, mayones merupakan penambah kalori yang kadang kurang diperhatikan. Setiap seperempat cangkir saji mayones dapat mengandung 360 kalori dan 40 gram lemak. Kurangi penggunaan saus krim salad dan mayones, atau temukan produk yang mengandung lebih sedikit kalori. Baca label kemasan dengan seksama.

  • Soda dan minuman manis lainnya

Soda dan minuman manis ini mengandung kalori karbohidrat rafinasi yang tidak mengandung nutrisi. Satu botol minuman soda berukuran 470 ml mengandung sekitar 50 gram gula. Jangan salah, teh dalam kemasan ataupun minuman berenergi jenis lain, juga mengandung gula yang hampir sama tinggi.

Air putih merupakan pilihan terbaik untuk menjaga cairan tubuh tetap stabil. Jika Anda bosan dengan rasa air putih, campur air putih dengan buah, sayur, atau herba (misalnya lemon, buah beri, jeruk, timun, atau daun mint). Selain itu, beberapa minuman seperti teh hijau dan teh hitam bisa menjadi minuman alternatif tanpa kalori dan kaya antioksidan yang baik untuk tubuh.

Segera ganti makanan tidak sehat dalam kulkas Anda dengan pilihan yang lebih sehat. Konsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk nutrisi terbaik bagi Anda dan keluarga.