Baby Oil Tidak Hanya Bermanfaat untuk Bayi

Walaupun baby oil berarti minyak untuk bayi, manfaat produk yang mudah ditemukan di mana-mana ini tidak hanya ditujukan untuk para bayi dan anak-anak. Orang dewasa juga dapat mengambil manfaat dari baby oil.

Baby oil merupakan minyak mineral yang sudah diberi tambahan pewangi. Minyak mineral itu sendiri adalah salah satu hasil  sulingan minyak bumi yang tidak berwarna dan tidak berbau. Selain minyak mineral, dalam baby oil juga terkandung lanolin, yaitu sejenis lilin yang disekresi dari kelenjar sebasea (kelenjar yang menghasilkan pelembap alami kulit) domba.

baby oil tidak hanya bermanfaat untuk bayi - alodokter

Minyak mineral dan lanolin yang terkandung dalam baby oil sama-sama bisa digunakan sebagai pelembab guna mengobati atau mencegah kulit yang kering, kasar, bersisik, gatal, iritasi ringan, ruam popok, dan kulit terbakar karena terapi radiasi. Selain itu, dua zat ini juga membantu membuat sel-sel kulit mati terkelupas, menjaga kelembapan kulit, serta membuat kulit terasa halus dan lembut. Berikut adalah beberapa manfaat baby oil lainnya:

Untuk bayi dan anak-anak

  • Untuk bayi dan anak-anak, baby oil paling baik digunakan sebagai minyak untuk memijat kulit dan tubuh bayi yang baru lahir. Namun, jangan gunakan baby oil sebagai pelembap, karena kulit bayi yang baru lahir tidak dapat menyerap minyak tersebut dengan baik.
  • Mengobati cradle cap. Cradle cap atau dermatitis seboroik biasa muncul di kepala, alis, kelopak mata, sisi hidung, atau di belakang telinga bayi. Cradle cap muncul ketika bayi berumur 1-2 bulan dan disebabkan oleh kelebihan minyak. Cradle cap membuat kulit bayi menjadi bersisik dan beruam merah. Untuk mengobati cradle cap, cara terbaiknya adalah dengan menggunakan sampo khusus, baby oil, atau krim dan lotion tertentu. Namun sayangnya, American Academy of Pediatrics (AAP) mengatakan jika baby oil diduga tidak membantu mengatasi cradle cap. Baby oil malah diduga dapat membuat cradle cap bertambah banyak dan parah.
  • Mengobati ruam popok. Jangan lupa untuk membersihkan dan mengeringkan kulit bayi dengan baik sebelum mengoleskan baby oil.
  • Mencegah eksim. Eksim adalah kondisi yang membuat kulit menjadi kemerahan dan gatal. Eksim disebabkan oleh kulit yang kering dan sering kali terjadi pada anak-anak. Jika kulit si kecil sangat kering, cobalah mengoleskan baby oil setelah mandi.

Untuk orang dewasa

  • Bagi ibu menyusui yang puting payudaranya kering atau pecah-pecah, oleskan lanolin atau baby oil pada daerah yang kering setelah menyusui si kecil. Baby oil dapat meredakan kulit puting yang retak dan membantu mempertahankan kelembapan puting.
  • Kulit kering. Jika kulit Anda sangat kering, oleskan saja baby oil setelah Anda mandi ketika kulit masih basah dan lembap. Daya tahan baby oil lebih lama di kulit dari pelembab biasa. Selain itu, baby oil juga mampu mencegah penguapan air dari permukaan kulit.
  • Mencegah eksim. Selain menimpa anak kecil, eksim juga bisa terjadi pada orang dewasa. Eksim bisa dicegah dengan mengoleskan baby oil pada kulit yang kering setelah mandi.
  • Baby oil bisa menjadi bahan kosmetik untuk skin highlighter, serum rambut, menghapus riasan mata dan makeup berbahan krim, serta menghilangkan tato temporer.

Ketika membeli baby oil, jangan lupa membaca label dan cara penyimpanannya dengan hati-hati. Selain itu perhatikan juga tanggal kadaluarsanya, jika ada.