Bagaimana Cara Menghilangkan Kulit Kapalan?

Kapalan muncul karena adanya iritasi atau tekanan yang terjadi secara intens di area kulit tertentu. Meski terkesan mengganggu penampilan, keduanya tidak termasuk masalah serius bagi kesehatan Anda. Namun, bukan berarti gangguan tersebut bisa dianggap remeh.

Pada kondisi normal, kapalan bisa hilang dengan sendirinya seiring dengan makin berkurangnya aktivitas pada area yang terserang. Gangguan ini sendiri tidak perlu dihiraukan kecuali sudah menimbulkan ketidaknyamanan.

bagaimana cara menghilangkan kulit kapalan - alodokter

Meski pada sebagian besar orang kapalan bisa hilang tanpa bantuan dokter, tidak demikian pada penderita diabetes. Membiarkan kapalan tetap bersarang bisa mengakibatkan luka terbuka dan terinfeksi yang bisa berujung menjadi gangren.

Jika Anda sudah terkena kapalan yang sudah menyakitkan dan tidak kunjung hilang, beberapa tindakan dokter di bawah ini mungkin diperlukan:

  • Memotong bagian yang menebal.

Untuk menghilangkan kapalan, dokter bisa memotong kulit yang menebal. Meski terkesan sederhana, jangan lakukan hal tersebut sendiri tanpa pengetahuan yang cukup. Proses ini jika dilakukan dengan cara yang tidak benar dan tanpa alat yang sesuai bisa menyebabkan infeksi.

  • Mengoleskan obat penghilang kapalan.

Setelah memotong bagian yang tebal, dokter bisa mengoleskan obat penghilang kapalan dan memakaikan perban di tempat tersebut. Obat ini mengandung asam salisilat dan dapat diperoleh tanpa resep dokter. Namun dokter akan memberikan petunjuk kepada Anda seberapa sering harus mengganti perban. Agar obatnya cepat bekerja, dokter biasanya menyarankan Anda untuk menghilangkan sel kulit mati dengan memakai batu apung, kikir kuku, atau ampelas halus.

  • Mengoleskan obat antibiotik.

Agar kapalan tidak kian membahayakan, dokter mungkin akan memberikan antibiotik. Hal ini wajar mengingat luka terbuka sangat rentan terhadap infeksi.

  • Memodifikasi sepatu.

Jika sulit mendapatkan sepatu di pasaran yang nyaman dan sesuai untuk kaki Anda, sebaiknya buat sepatu untuk kebutuhan khusus sendiri. Makin nyaman sepatu yang digunakan, maka makin kecil kemungkinan kapalan.

  • Membedah lokasi terjadinya.

Meski jarang terjadi, ada juga kapalan yang solusinya adalah prosedur pembedahan. Prosedur ini digunakan untuk memperbaiki struktur tulang yang menyebabkan sering terjadinya kapalan.

Bagaimana dengan Langkah Pencegahannya?

Sebenarnya, gangguan kulit ini bisa dicegah dengan cara yang relatif mudah. Melindungi telapak tangan dan telapak kaki adalah cara termudah untuk menghindari kapalan.

Selalu gunakan pelindung tangan dan kaki yang sesuai ukuran. Ukuran yang terlalu kecil bisa menimbulkan gesekan yang mempercepat tumbuhnya kapalan. Jika bisa, hindari memakai sepatu high heels. Meski terlihat elegan, sepatu jenis ini akan meningkatkan beban pada kaki bagian depan. Makin besar beban yang diterima, makin besar kemungkinan telapak kaki kapalan.

Setelah mencuci kaki, lap hingga kering dan oleskan losion khusus untuk melembapkan kulit kaki. Gunakan batu pengikis kulit seperti batu apung secara teratur untuk mencegah penebalan kulit. Jika Anda selalu memakai perkakas dalam bekerja, pastikan perkakas tersebut bisa digenggam dengan nyaman. Makin nyaman perkakas Anda, makin sedikit gesekan yang terjadi.

Tanpa menghindari penyebab dan melakukan perawatan di atas, kapalan pasti mudah untuk muncul.