Bahan Alami untuk Menghilangkan Komedo Bisa Ditemukan di Dapur

Komedo adalah hal umum yang terjadi baik kepada laki-laki maupun perempuan. Tumbuhnya komedo di kulit dianggap sebagai pertanda awal seseorang memiliki jerawat.

Jika folikel rambut melebar dan dipenuhi oleh sisa-sisa kulit mati, bakteri, dan minyak sebum berkumpul, maka selanjutnya muncul komedo. Kulit yang telah membentuk komedo akan mengembang dan membentuk titik-titik penyumbatan yang berwarna kehitam-hitaman. Jenis ini disebut dengan komedo tertutup atau blackhead.

bahan alami untuk menghilangkan komedo bisa ditemukan di dapur - alodokter

Namun tidak semua penyumbat komedo berwarna hitam, ada juga komedo jenis lain yang disebut komedo terbuka. Dalam bahasa medis disebut dengan whitehead. Komedo terbuka bisa pecah dan menyebabkan kulit di sekitarnya mengalami inflamasi ringan.

 Coba Gunakan Bahan-bahan Berikut Ini

Kamu tidak perlu khawatir jika memiliki komedo. Siapa yang sangka, beberapa bahan alami di bawah ini bisa menjadi solusi tepat untuk membersihkannya.

  • Putih telur

Menghilangkan komedo bisa juga dengan menggunakan masker yang terbuat dari putih telur. Ambil dua butir telur mentah, lalu pisahkan putih dari kuningnya. Oleskan putih telur tipis-tipis di daerah yang berkomedo, lalu biarkan mengering selama dua menit. Setelah kering, oleskan kembali putih telur pada daerah yang sama dengan yang dioles sebelumnya.

Biarkan mengering selama 10-15 menit dan basuhlah dengan air hangat jika masker tersebut sudah terasa halus dan kulit yang diberi masker terasa lebih kencang. Fungsi putih telur adalah membantu mengencangkan pori-pori dan mengeluarkan kotoran di dalamnya sehingga kulit terasa halus.

  • Madu dan kayu manis

Campurkan satu sendok makan madu dan setengah sendok teh kayu manis. Kamu bisa memakai jari untuk mengoleskan campuran tersebut pada kulit yang ada komedonya. Gosok kulit yang berkomedo selama tiga menit dengan gerakan jari yang melingkar, lalu bilas dengan air hangat.

Ramuan alami ini memiliki dua fungsi utama, yaitu sebagai penarik kotoran dari pori-pori melalui madu. Madu juga bertindak sebagai antibiotik alami yang bisa membunuh bakteri.

  • Lemon dan garam

Campurkan jus lemon, satu sendok makan garam, satu sendok makan yoghurt, dan sedikit madu. Gunakan campuran tersebut untuk menggosok daerah yang memiliki komedo. Lakukan penggosokan selama 2-3 menit, kemudian lanjutkan membilasnya dengan air hangat.

Lemon dikenal luas sebagai pembersih yang baik. Sementara itu, garam di dalam campuran ini membantu menghilangkan semua kotoran yang terpendam di dalam pori-pori.

  •  Teh hijau

Campurkan bubuk teh hijau atau green tea dengan air secukupnya, lalu gosokkan pada kulit yang berkomedo. Diamkan selama 2-3 menit, lalu bilas dengan air hangat untuk membersihkannya. Fungsi teh hijau dalam hal ini selain untuk membantu menghilangkan kotoran di dalam pori-pori, memungkinkan juga untuk memberikan perlindungan bagi kulit melalui antioksidan yang dimilikinya.

  •  Soda kue

Campurkan soda kue dengan sedikit air hingga membentuk adonan, lalu gosokkan dengan lembut pada kulit yang memiliki komedo. Jika gangguan komedo sudah parah, gunakan adonan penggosok ini dengan jumlah yang lebih banyak. Biarkan menempel di kulit selama 5-10 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Fungsi soda kue pada ramuan ini adalah sebagai pembersih kulit alami karena butir-butir halusnya bisa membantu menghapus sel-sel kulit mati.

Bagi siapa pun yang sudah lama mencari ramuan alami untuk menghilangkan komedo, maka bahan-bahan yang sebenarnya mudah ditemukan di dapur ini mungkin bisa membantu.