Bahaya Vertigo yang Perlu Anda Ketahui

Jika Anda sering merasa pusing berputar hingga hilang keseimbangan, hati-hati mungkin Anda mengidap penyakit vertigo. Vertigo tidak bisa diabaikan dan dianggap sepele, karena beberapa bahaya vertigo dapat mengancam jiwa, menyebabkan kehilangan kemampuan pendengaran, dan membuat Anda menjadi tidak dapat beraktivitas seperti sedia kala.

Vertigo adalah sensasi rasa tidak seimbang yang mungkin akan membuat Anda merasa seperti sedang berputar atau sekeliling Anda berputar. Serangan vertigo dapat terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung selama beberapa detik, atau mungkin berlangsung lebih lama. Hal ini dapat membuat kehidupan normal Anda menjadi terganggu.

the dangers of vertigo

Kenali Penyakit Vertigo dan Bahayanya

Penyebab penyakit vertigo dibagi menjadi dua, yakni penyebab perifer dan sentral. Penyebab vertigo sentral timbul di otak atau saraf tulang belakang, sementara vertigo perifer disebabkan oleh masalah di dalam telinga bagian dalam. Telinga bagian dalam bisa saja menjadi meradang karena suatu penyakit, atau karena batu dan endapan kristal kecil yang normalnya berada di telinga bagian dalam bergeser masuk ke dalam kanal semisirkular dan menyebabkan iritasi pada sel-sel rambut di bagian tersebut.

Penyakit vertigo biasanya memiliki gejala, seperti:

  • Rasa berputar atau bergerak. Gejala ini bisa terjadi bahkan saat seseorang masih dalam keadaan diam.
  • Adanya gerakan mata abnormal, yang disebut nistagmus.
  • Mual dan muntah.
  • Sakit kepala.
  • Berkeringat.
  • Suara berdenging di telinga atau gangguan pendengaran.
Penyakit vertigo ini dapat menyebabkan kelainan atau gangguan lain yang lebih berbahaya, lho. Beberapa bahaya vertigo yang perlu Anda ketahui, di antaranya:
  • Berisiko terkena stroke atau masalah otak lainnya Penyakit vertigo kerap membuat Anda menjadi kehilangan keseimbangan. Jika ketidakseimbangan berlangsung lebih dari beberapa hari, atau jika vertigo disertai kelemahan dan tidak adanya koordinasi pada salah satu bagian tubuh Anda, dapat dicurigai menderita stroke atau masalah otak lainnya.
  • Membuat Anda kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari Penyakit vertigo dapat membuat kehidupan normal Anda menjadi sangat sulit. Hal ini juga kerap akan mengganggu aktivitas Anda, karena Anda menjadi kesulitan untuk berdiri atau pun berjalan. Terlebih jika Anda memiliki rutinitas bepergian sebagai aktivitas harian.
  • Kehilangan pendengaran Seseorang yang mengalami vertigo bisa saja kehilangan pendengarannya. Karena beberapa penyebab vertigo seperti penyakit Meniere dan Labirinitis berpotensi menyebabkan kehilangan pendengaran.
  • Terjadi gangguan pada gerakan bola mata dan anggota badan
  • Vertigo dapat menyebabkan Anda jatuh karena kehilangan keseimbangan Jatuh dari posisi berdiri dapat menyebabkan cedera, termasuk patah tulang pinggul.
  • Meningkatkan risiko kecelakaan saat berkendara Apabila Anda menderita vertigo dan masih menggunakan kendaraan pribadi, ¬†berhati-hatilah, karena risiko kecelakaan bisa mengancam jiwa Anda.
Penyakit vertigo memang cukup menyeramkan. Namun untungnya penyakit ini bisa dicegah dengan beberapa cara, misalnya:
  • Mengontrol faktor risiko stroke yang dapat menurunkan risiko terjadinya vertigo sentral. Hal ini termasuk memastikan bahwa tekanan darah, kolesterol, berat badan, dan kadar gula darah Anda berada dalam batas yang normal.
  • Untuk mengurangi gejala vertigo pada kasus penyakit Meniere, pengendalian asupan garam mungkin bisa membantu.
  • Selain itu, lakukan rehabilitasi vestibular secara rutin untuk penderita vertigo perifer. Hal tersebut dapat membantu mencegah kambuhnya vertigo.
Setelah mengetahui beberapa bahaya vertigo, Anda disarankan untuk selalu menjaga kesehatan diri dengan menerapkan pola hidup sehat. Ketahui juga cara penanganan vertigo secara mandiri. Segera konsultasikan kesehatan Anda jika mengalami beberapa gejala vertigo seperti yang telah dipaparkan di atas.