Bebas Bibir Pecah-pecah dengan Masker Bibir Alami

Anda mungkin satu dari banyak wanita yang merasakan bibirnya terus kering, meski sudah menggunakan lip balm dan produk-produk kesehatan lain. Mungkin Anda patut mencoba masker bibir untuk menanganinya.

Bukan hanya wajah yang membutuhkan masker, melainkan bibir juga butuh. Ada sebagian kosmetik yang menawarkan produk masker bibir ini.  Daripada bingung memilih mana yang tepat, ada baiknya Anda mencoba membuat masker bibir alami sendiri dari bahan yang mudah didapatkan di rumah.

masker bibir-alodokter

Masker bibir pelembap

Siapkan bahan untuk membuat masker bibir: madu, spatula atau sendok, serta plastik bersih yang digunakan untuk membungkus. Kemudian ikuti panduan berikut.

  • Sikat gigi dan bersihkan bibir Anda untuk mencegah sisa makanan mencemari masker bibir Anda.
  • Potong plastik menjadi bentuk yang dapat menutup seluruh bibir. Tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil.
  • Oleskan madu pada bibir menggunakan spatula, sendok, ataupun jari yang bersih. Jangan terlalu banyak karena akan terbuang sia-sia.
  • Tempelkan plastik pada bibir Anda menggunakan kedua tangan dan tekan plastik secara perlahan-lahan. Diamkan selama 15 menit hingga bibir terasa lembut.
  • Lepaskan plastik dan bilas madu dengan air hangat.

Masker bibir pengelupas

Selain dapat melembapkan, masker juga dapat berperan sebagai scrub atau pengelupas sel kulit mati. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan: satu sendok makan gula pasir, satu sendok teh minyak zaitun, satu sendok makan madu, satu sendok teh losion atau minyak kelapa, dan sebuah mangkok bersih. Berikut cara membuatnya:

  • Masukkan gula, madu, serta losion  atau minyak kelapa ke dalam mangkok.
  • Campur semuanya hingga menjadi pasta kental. Jika terlalu cair, tambahkan gula.
  • Tambahkan minyak zaitun.
  • Usapkan pasta ini perlahan-lahan pada bibir selama 2-3 menit sebagai scrub bibir.
  • Bersihkan dengan air.
  • Untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus, ulangi setidaknya 1-2 kali sepekan.

Untuk pemilihan gula, ada baiknya untuk memilih gula dengan butiran yang lebih halus, seperti gula merah karena butiran gula putih yang keras lebih berisiko menyebabkan iritasi pada bibir dan kulit. Selain gula, Anda bisa menggunakan soda kue sebagai pengelupas kulit mati. Caranya mudah, campurkan soda kue dan air. Aduk hingga membentuk pasta. Kemudian siapkan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut dan oleskan pasta pada sikat. Coba gosokkan sikat gigi berpasta soda kue ini pada bibir secara perlahan-lahan dengan pola memutar. Terakhir, bersihkan dengan air.

Anda tidak perlu menggunakan semua bahan. Sisanya dapat disimpan di dalam kulkas, tapi pastikan agar tidak menyimpannya lebih dari dua minggu. Wadah penyimpan yang  berwarna dan tidak transparan dapat membuat masker bibir alami dapat lebih awet saat disimpan di dalam kulkas.

Di samping masker bibir di atas, ada hal-hal yang perlu dilakukan untuk menjaga agar bibir tidak kering, antara lain:

  • Hindari menjilati bibir karena justru menyebabkannya makin kering.
  • Selalu oleskan pelembap bibir atau lip balm terutama setelah melakukan scrub pada bibir.
  • Sebagian lip balm mengandung SPF atau bahan perlindungan dari sinar matahari yang dapat digunakan saat beraktivitas di luar ruangan. Sementara itu, sebagian jenis lip balm lain mengandung formula anti-penuaan seperti asam hialuronat dan atelocollagen.

Selain lip balm yang dijual di pasaran, Anda juga dapat menggunakan bahan alami sebagai lip balm, seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak jojoba, atau minyak vitamin E. Namun hindari mengoleskan bahan yang mengandung mentol, kamper, dan eukaliptus karena dapat menyebabkan iritasi pada bibir. Terakhir, hal yang tidak kalah penting adalah menjaga kecukupan volume cairan tubuh dengan mengonsumsi banyak air. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh.