Begini Cara Mengatasi Kuping Sakit Karena Menyelam

Menyelam dan melihat keindahan bawah laut adalah hal yang sangat menyenangkan. Tapi sayangnya, terkadang menyelam juga bisa meninggalkan beragam beragam gangguan pada tubuh manusia. Salah satunya adalah rasa sakit pada telinga atau disebut juga dengan barotrauma.

Tekanan udara yang ada di dalam air dan di daratan tentu berbeda. Dan ketika Anda menyelam, tekanan udara yang ada di sekitar Anda otomatis akan meningkat. Tekanan ini yang kemudian dapat menghimpit bagian tengah telinga Anda. Telinga tengah adalah rongga udara di belakang selaput gendang telinga dan terisi dengan tulang di bagian tengah telinga, yang  terhubung ke bagian belakang hidung melalui tuba eustachius.

begini cara mengatasi kuping sakit saat menyelam - alodokter

Jangan Panik, Atasi dengan Cara Ini

Barotrauma atau sakit telinga akibat perbedaan tekanan ini dapat memengaruhi telinga dalam, tengah, atau luar. Barotrauma yang terjadi pada telinga tengah inilah yang umumnya terjadi pada penyelam. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kuping sakit karena menyelam.

  • Naik ke permukaan
    Begitu Anda merasakan air masuk ke dalam telinga saat Anda sedang menyelam, urungkan niat Anda untuk menyelam lebih dalam. Hal ini justru bisa membahayakan telinga Anda, karena membiarkan tekanan semakin tinggi bisa membuat gendang telinga pecah. Risiko yang dapat terjadi adalah Anda menjadi linglung, mual, atau muntah. Segeralah naik ke permukaan air.
  • Hentikan penyelaman
    Hentikan aktivitas menyelam jika Anda tidak bisa membersihkan air di telinga, meski sudah naik ke permukaan. Sebelum kembali melanjutkan menyelam, pastikan tidak ada air di dalam telinga Anda.
  • Bersihkan telinga
    Guna membersihkan telinga, Anda bisa melakukan beberapa hal yang umum dilakukan ketika merasa pendengaran Anda tersumbat. Tutup mulut dan hidung, lalu coba gerakan meniup hingga terdengar bunyi ‘pop’ di telinga.  Hal ini dapat meningkatkan tekanan di tenggorokan dan mulut dengan cara mendorong udara ke dalam tuba eustachius untuk membuka saluran tersebut.
  • Jangan panik
    Jika merasa mual atau linglung, jangan panik dulu. Serangan panik justru dapat memperburuk keadaan. Naiklah ke permukaan dan pastikan ada seseorang yang bisa membantu Anda naik. Kemudian bersihkan telinga Anda dari air dan biarkan telinga Anda mengering. Pastikan juga tidak ada obat tetes telinga atau benda asing yang masuk ke telinga Anda.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa cara lain untuk mengatasi sakit telinga karena menyelam. Yaitu dengan cara mengunyah permen karet, menguap, atau mempraktikkan teknik bernapas.

Cegah dengan Cara Ini

Sebelum melakukan olahraga menyelam, biasanya Anda akan mendapatkan kelas menyelam. Di sini, Anda belajar tentang cara pemakaian alat yang sesuai kebutuhan menyelam. Di kelas ini, Anda juga akan diajari cara turun ke dalam air dengan benar, serta cara membersihkan telinga agar tidak alami cedera dan telinga terasa sakit. Anda juga akan belajar beragam hal lainnya yang perlu Anda tahu guna menjaga keselamatan Anda selama proses menyelam.

Selain itu, Anda dapat mengatasi risiko terjadinya barotrauma kronis dengan mengonsumsi antithistamin (semalam sebelum menyelam), dencongestan, atau menggunakan semprotan hidung sebelum menyelam.

Barotrauma kebanyakan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun jika rasa sakit tidak kunjung hilang lebih dari 3 jam, sebaiknya Anda langsung mengonsultasikan ke dokter. Memeriksakan diri ke dokter dapat membantu mengurangi risiko terjadinya infeksi pada telinga Anda. Selain itu, Anda dapat benar-benar tahu apa yang terjadi pada gendang telinga. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan yang lebih mendetail terhadap telinga Anda.

Guna melepas penat dari aktivitas sehari-hari, menyelam dapat menjadi hiburan yang sangat menyenangkan. Tapi jangan biarkan kesenangan itu menghilang hanya karena Anda kurang berhati-hati dalam melakukannya. Pastikan Anda memahami dengan baik apa yang Anda dapatkan saat kelas menyelam, dan lakukanlah beberapa langkah pencegahan seperti di atas.