Begini Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Masalah jerawat adalah masalah yang umum terjadi pada sebagian orang. Penyebab utama munculnya jerawat adalah produksi minyak, sel kulit mati, pori-pori tersumbat, dan bakteri. Tidak hanya mengganggu, jerawat juga bisa membuat kita menjadi tidak percaya diri, lho. Namun jangan panik, ternyata ada beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami yang bisa Anda lakukan.

Jerawat muncul ketika minyak bercampur dengan sel-sel kulit mati dan menyumbat pori-pori kulit. Bakteri juga ternyata bisa tumbuh pada campuran minyak dan sel kulit mati tersebut. Jika hal ini didiamkan, maka bisa terjadi pembengkakan, kemerahan, dan muncul nanah pada jaringan yang menjadi tempat munculnya jerawat ini.

How to Get Rid of Acne Naturally

Jerawat Dapat Dihilangkan

Jerawat biasanya muncul pada wajah, leher, dada, punggung, dan bahu. Hal itu karena kulit di daerah-daerah tersebut memiliki paling banyak kelenjar minyak, yang bisa menyebabkan munculnya jerawat.

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami, di antaranya:

  • Untuk menghilangkan jerawat secara alami, Anda bisa memulainya dengan cara mencuci atau membersihkan area yang terkena jerawat dengan pembersih alami. Untuk mencuci muka, lakukan dua kali sehari dengan sabun lembut dan air hangat. Jika jerawat muncul pula di area rambut Anda, maka cuci rambut Anda setiap hari. Hindari produk tertentu, seperti scrub wajah, astringents, dan masker, karena produk tersebut cenderung mengiritasi kulit dan dapat memperburuk jerawat yang sedang aktif.
  • Gunakan minyak pohon teh (tea tree oil). Gel yang mengandung 5 persen minyak pohon teh mungkin sama efektifnya seperti losion yang mengandung 5 persen benzoyl peroksida, meskipun, minyak pohon teh mungkin bekerja lebih lambat untuk mengobati jerawat Anda, namun terbukti cukup efektif. Waspadai bahwa minyak pohon teh dapat menimbulkan efek samping seperti kemerahan maupun peradangan pada kulit.
  • Selain itu, Anda juga dapat mencoba menggunakan ekstrak teh hijau dan lidah buaya. Losion yang mengandung 2 persen ekstrak teh hijau dapat membantu mengurangi jerawat. Dan 50 persen gel lidah buaya yang dikombinasikan dengan obat jerawat  seperti tretinoin, dapat pula mengobati jerawat Anda dengan baik.
  • Gunakan pelembap wajah bebas minyak dengan tabir surya. Bagi  kondisi tertentu, matahari dapat memperburuk jerawat akibat sinar ultraviolet. Dan beberapa obat jerawat membuat Anda lebih rentan terhadap sinar matahari.
  • Gunakan es. Es mampu  membantu mengurangi peradangan pada jerawat. Caranya, yakni bungkus es dengan kain bersih, tempelkan pada jerawat Anda, dan tahan selama satu menit. Hal ini akan mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada jerawat Anda.
  • Putih telur mengandung protein dan vitamin yang dapat membantu mengencangkan kulit dan mengontrol minyak pada kulit Anda. Selain itu, putih telur juga dapat membantu mengatasi pori-pori yang tersumbat dan mengurangi peradangan. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan putih telur cukup mudah, yakni dengan mengolesi putih telur pada area yang berjerawat, tunggu selama 10 menit, dan kemudian bilas dengan air, pastikan telur yang digunakan dalam kondisi baik, segar, dan hindari mengonsumsi putih telur mentah secara tidak sengaja pada saat melakukan perawatan, mengingat bahwa banyak bakteri pada telur mentah, termasuk salmonella yang dapat mengganggu pencernaan, cara ini pun belum memiliki bukti dari penelitian yang menunjukkan efektivitasnya dalam mengurangi jerawat.
  • Madu juga bisa membantu beberapa masalah pada kulit Anda, seperti bisul dan luka bakar. Madu mentah alami (bukan madu olahan komersial) dipercaya memiliki manfaat menyembuhkan luka, jenis madu  manuka adalah madu yang baik untuk mengobati jerawat Anda. Selain madu, kayu manis juga bisa mengobati jerawat. Kayu manis memiliki potensi anti-mikroba, anti-parasit, dan antioksidan. Kedua bahan ini bisa dijadikan masker untuk wajah Anda yang berjerawat. Caranya, cukup campurkan tiga sendok makan madu  manuka dengan satu sendok makan kayu manis. Campurkan kedua bahan tersebut, lalu masukkan ke dalam microwave selama 30 detik, pastikan tidak terlalu panas, dan kemudian masker tersebut bisa Anda oleskan pada wajah Anda. Biarkan selama 10 menit. Kemudian bilas dengan air dan keringkan wajah Anda dengan handuk bersih. Bagi Anda yang alergi terhadap bahan ini, tidak disarankan untuk menggunakannya sebagai obat jerawat, penggunaan madu manuka maupun kayu manis, masih perlu diteliti lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya dalam menangani jerawat.
  • Jika Anda pernah meletakkan irisan mentimun untuk mengobati mata bengkak, maka mentimun juga dapat membantu mengurangi pembengkakan jerawat Anda. Warna merah dan peradangan yang diakibatkan oleh jerawat, dapat diringankan dengan mentimun.  Hal itu karena mentimun mampu mendinginkan kulit, meski demikian belum ada penelitian klinis yang membuktikan efektivitas mentimun dalam menghilangkan jerawat.
  • Perbaikan pola hidup juga akan membantu dalam menghilangkan jerawat,, yakni dengan mendapatkan pola istirahat yang cukup, mengonsumsi asupan bernutrisi secara seimbang, menghindari stres dan menghindari paparan polutan berlebih.
Pilihan pengobatan terhadap jerawat di atas, diketahui dapat membantu menangani masalah jerawat, meski demikian, masih dibutuhkan rangkaian panjang penelitian lagi untuk dapat mengetahui efektivitas serta keamanan penggunaan jangka panjang dari bahan-bahan alami tersebut.

Jerawat yang membandel memang kerap mengganggu penampilan Anda. Selain cara menghilangkan jerawat secara alami yang telah dipaparkan sebelumnya, jerawat juga bisa diobati dengan obat-obatan. . Sebelum Anda mencoba cara alami untuk mengatasi jerawat , ada baiknya  konsultasikan ke dokter kulit Anda agar mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat.