Belum Ada Buah untuk Sakit Tipes yang Terbukti Efektif secara Klinis

Jajan makanan atau minuman tanpa mempertimbangkan cara pengolahan dan kebersihannya berisiko mengganggu kesehatan tubuh. Makanan atau minuman yang dijual di gerobak atau kios pinggir jalan kerap tidak mengindahkan faktor kebersihan sehingga bakteri Salmonella typhi sebagai pemicu penyakit tipes dapat tumbuh. Meski begitu, gejala-gejala tipes masih dapat dicegah, yaitu dengan mengonsumsi buah untuk sakit tipes.

Penyakit tipes atau demam tifoid tergolong penyakit serius yang disebabkan oleh mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri Salmonella typhi. Tubuh yang terserang tipes biasanya mengalami demam tinggi, sakit kepala, hilang nafsu makan, kelelahan, dan nyeri atau sakit perut. Dalam kasus tertentu, tipes dapat menyebabkan timbulnya ruam dan sembelit.

Fruits to cure typhoid fever_compress

Demam tifoid biasa ditemui di belahan negara tropis Asia, Amerika latin, dan Afrika. Namun, cukup jarang terjadi di negara-negara maju, seperti Amerika Serikat, Kanada, Eropa barat, dan Jepang. Dari profil kesehatan Indonesia 2011, demam tifoid menduduki peringkat ketiga di daftar penyakit terbanyak yang dirawat di rumah sakit setelah diare dan demam berdarah.

Buah untuk Sakit Tipes untuk Mengurangi Gejala yang Ditimbulkan

Menjaga agar tubuh tetap terhidrasi, penggunaan obat anti demam, pemberian nutrisi yang cukup serta transfusi darah jika diperlukan merupakan penanganan umum pada penderita demam tifoid. Pada kasus ringan pada umumnya, penderita sakit tipes dapat dirawat di rumah dengan pengawasan yang ketat. Akan tetapi, jika terdapat gejala muntah terus-menerus, diare parah dan perut terasa tegang, maka penderita memerlukan terapi infus di rumah sakit.

Pada dasarnya belum ada penelitian medis yang menyatakan adanya buah yang secara khusus dapat dimanfaatkan untuk meredakan sakit tipes. Walau demikian, penderita disarankan untuk menjalani diet makanan lunak dan mudah dicerna. Hal ini berlaku pula bagi penderita demam tifoid yang tidak memiliki gejala perut menegang.

Sebuah studi kasus pada pasien anak dengan demam tifoid menyatakan bahwa buah pisang yang dicampur dengan susu dapat menjadi alternatif makanan untuk menjaga asupan nutrisi pada penderita. Pisang kaya akan kalori, mineral dan vitamin yang dibutuhkan serta mudah untuk dicerna. Walau demikian, hal ini memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan hasilnya.

 Yang Perlu Dilakukan untuk Mencegah Sakit Tipes

Salah satu cara untuk mencegah penyakit tipes adalah dengan mengonsumsi jenis-jenis makanan dan minuman dimasak matang. Jika ingin membeli minuman dalam kemasan, beli minuman botol dalam kemasan yang tersegel baik.

Begitu juga dengan buah. Untuk mencegah agar tidak terkena demam tifoid, hindari memakan buah-buahan mentah yang tidak dicuci. Ketika mencuci buah, gunakan air yang terjamin kebersihannya. Selain itu, disarankan untuk mengupas sendiri buah-buahan yang akan dimakan seperti pisang atau mangga. Hindari juga buah-buahan yang dapat dimakan tanpa dikupas. Hal ini terutama berlaku kepada orang-orang yang sedang bepergian ke daerah-daerah endemik tifoid.

Apabila tindakan pencegahan seperti mengonsumsi buah untuk sakit tipes masih belum mampu mencegah timbulnya gejala yang ada, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan penanganan medis yang tepat.