Beragam Khasiat Putih Telur yang Bisa Didapatkan Tubuh

Dalam telur ayam, sekitar dua pertiga isinya merupakan substansi cairan berwarna bening yang biasa kita sebut dengan putih telur. Khasiat putih telur sangat mungkin begitu banyak bagi manusia, apalagi jika bagian ini kaya akan berbagai senyawa yang menyehatkan.

Sekitar 92 persen dari keseluruhan kandungan putih telur adalah air. Sisanya yang sebesar 8 persen merupakan campuran antara protein, mineral, lemak, vitamin, dan glukosa. Yang mengejutkan, protein di dalam putih telur berjumlah sekitar 148 jenis yang semuanya berbeda-beda. Selain itu, keunggulan lain yang dimiliki oleh putih telur adalah nyaris tiadanya lemak dan kandungan karbohidratnya yang rendah sekali, yaitu kurang dari 1 persen.

beragam khasiat putih telur yang bisa didapatkan tubuh - alodokter

Beberapa Potensi Khasiat Telur Putih

Di dalam sebutir telur, keberadaan putih telur sendiri adalah untuk melindungi kuning telur sekaligus memberikan nutrisi tambahan. Fungsi terakhir akan digunakan untuk pertumbuhan embrio apabila mengalami pembuahan. Lalu, bagaimanakah khasiat telur putih bagi manusia? Beberapa hal di bawah ini merupakan fungsi telur putih yang bermanfaat bagi manusia.

  • Berpotensi untuk menurunkan tekanan darah

Khasiat putih telur yang masih dalam tahap penelitian adalah potensinya dalam menurunkan tekanan darah. Penelitian tersebut menemukan fakta bahwa salah satu senyawa yang ditemukan pada putih telur memiliki efektivitas yang sama dalam menurunkan tekanan darah. Manfaat ini  menyerupai efek obat penurun tekanan darah captopril.

Adapun bahan yang memiliki potensi menurunkan tekanan darah tersebut merupakan senyawa peptida bernama RVPSL. Di dalam penelitian sebelumnya, RVPSL dinyatakan sebagai substansi yang mampu menghalangi aksi enzim pengubah angiotensin (angiotensin converting enzyme/ACE). Enzim ini merupakan enzim yang diproduksi oleh tubuh dan mampu meningkatkan tekanan darah.

Hanya saja, penemuan ini baru sebatas penerapan kepada tikus dan masih membutuhkan pembuktian lebih lanjut untuk mengetahui potensi yang sama bagi manusia.

  • Asupan untuk pertumbuhan otot

Kandungan protein merupakan salah satu keutamaan dari khasiat putih telur bagi tubuh. Hal ini masuk akal mengingat asupan protein merupakan komponen yang penting dalam membangun tubuh. Bagi para atlet dan siapa saja yang menjalani latihan kekuatan secara rutin, asupan protein dan karbohidrat yang cukup sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan otot-otot tubuh. Jumlah protein dan karbohidrat tentu saja bergantung kepada kegiatan yang dilakukan.

  • Membersihkan wajah

Khasiat putih telur juga bisa diterapkan pada tubuh bagian luar, seperti wajah. Putih telur yang dikombinasikan dengan lemon dan madu bisa dijadikan masker yang kemungkinan efektif mengurangi jerawat atau komedo di wajah. Bagi kulit, putih telur memiliki potensi sebagai pemelihara dan pengencang. Selain itu, putih telur juga berpotensi membantu mengencangkan pori-pori wajah.

Khasiat putih telur lainnya yang mungkin jarang diketahui adalah sebagai salah satu bahan penyusun vaksin, misalnya vaksin influenza. Meski memiliki manfaat segudang, tidak semua orang disarankan untuk mengonsumsi putih telur. Terutama anak-anak usia balita tertentu berkemungkinan untuk alergi terhadap telur, terutama bagian yang putih ini. Selain mungkin menimbulkan reaksi alergi, ada juga sebagian orang yang mengalami intoleransi putih telur.