Berbagai Cara untuk Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit

Melahirkan dapat menjadi proses yang menyakitkan dan bahkan mengancam nyawa. Tapi sebenarnya ada cara agar ibu hamil bisa melahirkan normal tanpa rasa sakit. Demi bisa melaluinya dengan lancar, penting untuk mengetahui berbagai alternatif metode dan obat-obatan untuk meredakan ketidaknyamanan selama proses persalinan.

Ada berbagai metode dan obat untuk membantu ibu hamil melahirkan normal tanpa rasa sakit. Anda dapat mengonsultasikan cara-cara tersebut dengan dokter untuk memastikan penanganan yang tepat selama menjalani persalinan nanti.

melahirkan normal-alodokter

Berbagai Pilihan Obat dan Metode

Penggunaan obat-obatan untuk melancarkan persalinan boleh saja dilakukan selama di bawah pengawasan oleh dokter yang bersangkutan. Di bawah ini adalah jenis obat-obatan dan metode bersalin yang dapat diterapkan.

Obat bius

Obat pereda rasa sakit yang disuntikkan ke otot ataupun pembuluh darah ini tidak benar-benar menghilangkan rasa sakit, melainkan sekadar menguranginya saja. Selain untuk persalinan normal, obat ini dapat digunakan pada persalinan caesar. Berikut tiga jenis obat bius atau anestesi yang biasa diberikan dokter.

  • Obat bius lokal: dokter dapat menggunakan obat bius lokal untuk meredakan rasa sakit pada vagina ataupun di sekitar vagina. Obat ini biasanya diberikan untuk mengurangi rasa sakit jika diperlukan jahitan di daerah vagina. Akan tetapi, metode ini tidak dapat mengurangi rasa nyeri selama persalinan.
  • Obat bius regional dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit saat bersalin. Obat bius regional atau yang juga disebut epidural ini diberikan melalui suntikan di daerah punggung. Masa aktif epidural adalah 10-20 menit setelah obat disuntikkan, tetapi dapat bekerja selama yang dibutuhkan karena obat dapat diberikan melalui kateter epidural.
  • Anestesi spinal memiliki prosedur yang sama dengan anastesi epidural. Hanya saja, anastesi spinal dapat bekerja lebih cepat dan membutuhkan obat yang lebih sedikit dibandingkan epidural. Obat disuntikkan ke lapisan yang melingkupi sumsum tulang belakang dan otak (lapisan dura). Anestesi spinal dapat bekerja langsung setelah disuntikkan dan bertahan hingga 2,5 jam. Jika proses persalinan Anda berlangsung lebih lama, maka obat anastesi akan diberikan melalui kateter epidural.
  • Obat bius total akan membuat Anda tertidur selama proses persalinan. Tetapi anestesi jenis ini jarang digunakan karena membuat ibu tidak dapat melihat bayinya segera setelah lahir.
Obat bius ini umumnya hanya digunakan pada awal proses persalinan untuk membantu Anda menyimpan energi sekaligus beristirahat karena berefek pada seluruh tubuh dan juga pada bayi.

Entonoks (udara dan gas)

Entonoks adalah perpaduan gas oksida nitrat dan oksigen yang dapat membantu mengurangi rasa sakit selama persalinan. Gas dan udara ini dapat dihirup dengan tarikan napas dalam-dalam secara perlahan-lahan dari sebuah masker yang Anda bisa pegang sendiri.

Suntikan petidin

Suntikan petidin, yaitu pereda rasa sakit, pada otot pantat atau paha. Selain membuat tenang, suntikan ini berperan mengurangi rasa sakit.

Persalinan dalam air

Beberapa rumah sakit menyediakan fasilitas persalinan di kolam atau bak berisi air hangat atau water birth. Metode bersalin ini dipercaya dapat membuat kontraksi lebih tidak terasa sakit dan ibu hamil menjadi lebih santai.

Hypnobirthing

Hypnobirthing adalah teknik untuk tetap tenang dan memiliki kontrol saat bersalin di tengah situasi seburuk apa pun. Bukti menunjukkan bahwa wanita yang menggunakan teknik ini mengalami rasa sakit yang lebih tidak intens, waktu kala satu (I) lebih singkat, kegelisahan dan kecemasan yang lebih sedikit, dan waktu pemulihan lebih singkat di rumah sakit. Hal ini dimungkinkan dengan metode hipnosis yang mengubah cara Anda berpikir dan berbicara tentang persalinan. Pengelolaan yang baik terhadap rasa panik membuat otot rahim dapat bekerja dengan baik karena mendapat cukup oksigen dan darah.

Mempelajari proses persalinan dapat menjadikan Anda lebih siap. Dengan begitu, kemungkinan untuk bisa melahirkan normal tanpa rasa sakit menjadi lebih tinggi. Sambil menunggu bukaan, upayakan untuk terus bergerak dengan berjalan-jalan ringan ataupun berlutut di ruangan bersalin. Penting untuk menguasai pernapasan dengan belajar tenang dan mengambil napas dalam-dalam, lalu mengembuskannya.

Hal yang tidak kalah penting, jika memungkinkan, ajak kerabat terdekat, seperti suami, ibu, ataupun sahabat untuk menemani Anda selama menjalani persalinan. Mereka dapat membantu mendukung ataupun menenangkan Anda melakukan pijatan ringan untuk mengurangi nyeri.