Bercak Merah Pada Kulit, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Munculnya bercak merah pada kulit mungkin membuat Anda bertanya-tanya apa yang terjadi pada kulit Anda. Apalagi jika ditambah dengan rasa perih atau gatal yang mengganggu. Kenali penyebabnya agar dapat segera diatasi sejak dini.

Bercak merah pada kulit atau sering disebut ruam merupakan perubahan pada warna dan tekstur kulit. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh beragam hal, mulai dari alergi, infeksi, gangguan sistem kekebalan tubuh, suhu panas, dan pengobatan tertentu. Selain itu, kosmetik tertentu juga dapat menyebabkan timbulnya bercak merah pada kulit.

Red spots on the skin (2)

Berikut ini adalah dua penyebab munculnya bercak merah pada kulit, beserta cara mengatasinya.

Dermatitis Atopik

Penyebab bercak merah pada kulit yang satu ini merupakan kondisi yang paling umum terjadi. Dermatitis atopik atau eksim umumnya muncul di bagian tangan, pergelangan kaki, leher, tungkai, tubuh bagian atas, dan kaki.

Penyebab munculnya eksim atau dermatitis atopik belum diketahui dengan jelas. Namun, beberapa kondisi tubuh atau beberapa faktor diperkirakan dapat memicu timbulnya eksim. Seperti, kulit mudah teriritasi, kulit kering, kelainan sistem kekebalan tubuh, variasi gen yang memengaruhi fungsi pelindung kulit, kondisi lingkungan, dan adanya bakteri Staphylococcus aureus.

Eksim biasanya akan muncul dengan gejala seperti kulit terasa gatal yang sangat mengganggu terutama saat malam hari, kemerahan, bersisik, kulit terasa kasar dan tebal, munculnya benjolan kecil yang berisi cairan dan dapat ditemukan kulit yang bengkak akibat garukan.

Jika Anda menemukan beberapa gejala di atas, segeralah periksakan diri ke dokter agar Anda dapat segera mendapatkan pengobatan. Dokter biasanya akan meresepkan krim untuk membantu perbaikan kulit, obat antibiotik, dan krim, suntikan, atau obat minum untuk mengontrol radang dan rasa gatal.

Biang Keringat

Bercak merah pada kulit juga dapat disebabkan oleh biang keringat. Biasanya, kondisi ini disertai dengan bintik atau benjolan kecil. Bintik kadang terlihat seperti luka melepuh yang menyebabkan gatal dan pembengkakan ringan. Biang keringat dapat muncul pada bagian paha, dada, leher, wajah, dan bagian tubuh lainnya.

Biang keringat dapat terjadi ketika cuaca panas, lembap, mengenakan baju terlalu tebal atau berlapis-lapis yang menyebabkan tubuh berkeringat cukup banyak namun kelenjar keringat tersumbat. Keringat yang tersumbat ini dapat menyebabkan ruam dan iritasi pada kulit. Gejala biang keringat seperti gatal, dan rasa menyengat biasanya dapat lebih parah pada bagian kulit yang tertutup. Karena pada bagian ini umumnya menyebabkan gesekan dan keringat yang berlebih.

Tidak perlu terlalu khawatir jika Anda mengalami biang keringat, pasalnya, kondisi ini tidak terlalu memerlukan pengobatan yang spesifik dan dapat sembuh dengan sendirinya. Tapi, bukan berarti Anda tidak dapat segera mengatasinya. Untuk mengatasi kondisi ini, Anda dapat melakukan beberapa hal seperti menghindari kelembapan dan panas yang berlebih, menjaga tubuh agar tidak kepanasan, menggunakan pakaian yang longgar, serta menggunakan lotion calamine atau krim hydrocortisone.

Bercak merah pada kulit tidak hanya dapat mengganggu penampilan kulit, tapi juga kenyamanan Anda dalam beraktivitas. Segera kenali gejala lainnya dan konsultasikan hal tersebut kepada dokter. Agar ruam dapat segera diketahui penyebabnya dan cepat teratasi.