Berikan Kemewahan untuk Kulit dengan Mandi Susu

Bagi Anda yang menaruh perhatian khusus kepada kulit, mandi susu bisa menjadi alternatif yang menarik. Mandi susu dipercaya dapat mengangkat sel-sel kulit yang telah mati dan melembapkan kulit yang kering.

Kabarnya, ratu-ratu zaman Mesir kuno sudah menggunakan susu untuk mempercantik kulit mereka. Hingga saat ini, masyarakat meyakini bahwa susu tidak hanya baik untuk kecantikan, tetapi juga untuk kesehatan kulit.

berikan kemewahan untuk kulit dengan mandi susu - alodokter

Manfaat Susu

Selain diminum secara langsung, manfaat susu juga dapat diperoleh dengan cara dioleskan langsung ke kulit. Manfaat-manfaat susu untuk kulit, antara lain:

Mengecilkan pori-pori

Produk-produk yang mengandung susu diduga dapat mengecilkan pori-pori, sehingga kulit tampak lebih cantik.

Membuat wajah lebih bersinar

Susu biasa digunakan sebagai penyegar wajah. Mengoleskan susu ke wajah sebagai penyegar di malam hari dipercaya akan membuat wajah Anda tampak lebih bersinar.

Membuat kulit lebih halus

Masker tidak hanya dapat digunakan untuk wajah, tetapi juga untuk seluruh tubuh. Pemakaian masker secara rutin dipercaya dapat membuat kulit tampak segar dan halus.

Mengangkat sel kulit mati

Susu dapat dijadikan scrub yang mungkin berguna untuk mengangkat sel kulit yang sudah mati sehingga memungkinkan Anda mendapatkan kulit baru yang lebih cantik dan segar.

Melembapkan kulit ibu hamil dan bayi

Perubahan hormon pada ibu hamil dapat membuat kelembapan dan elastisitas kulit berkurang. Akibatnya, kulit bisa menjadi terkelupas dan hal ini biasanya diduga karena kulit mengalami kekeringan. Jika Anda sedang hamil, dianjurkan untuk merawat kulit agar tidak kering. Bagi Anda yang memiliki kulit kering, bisa memilih mandi susu untuk menyegarkannya kembali. Bisa juga ditambah dengan yoghurt. Susu dan yoghurt memiliki asam laktat alami yang berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati dan melembapkan kulit. Selain pada ibu hamil, susu juga dapat menjadi pilihan untuk membantu melembapkan kulit bayi.

Cara Mengolah dan Menggunakan Susu untuk Kecantikan

Anda dapat membuat sendiri berbagai produk olahan susu dengan cara mencampurkan dengan bahan-bahan lain, seperti buah-buahan, madu, atau rempah-rempah, agar lebih banyak manfaat yang Anda bisa dapatkan.
Berikut ini produk olahan susu untuk kecantikan yang Anda bisa buat di rumah.

Mandi susu

Siapkan air hangat di bathtub. Masukkan secangkir susu ke bathtub. Tuang minyak esensial dengan wangi sesuai selera. Tambahkan setengah cangkir madu. Sesuaikan banyaknya susu dan madu dengan kebutuhan Anda. Semakin banyak air yang digunakan, semakin banyak pula susu dan madu yang dibutuhkan. Anda dapat berendam di bathtub untuk mendapatkan kulit yang halus dan lembut.

Untuk bayi, Anda dapat mencampur secangkir susu bubuk dengan setengah cangkir tepung jagung dan dua tetes minyak esensial lavender di dalam air mandi. Selain berperan sebagai pelembap, campuran ini ditengarai dapat mengurangi rewel pada bayi.

Masker
Bahan dasarnya adalah beberapa sendok makan susu. Tambahkan dua sendok makan baking soda. Anda juga bisa menambahkan dua sendok makan madu dan dua sendok makan jus lemon. Atau gunakan ketiga bahan tersebut sebagai campuran. Aduk semua bahan hingga merata. Cara memakainya cukup sederhana, yaitu dengan mengoleskan masker ke wajah atau tubuh. Diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu bilas sampai bersih.

Scrub
Anda dapat membuat scrub dari secangkir susu ditambah tiga sendok makan oatmeal. Fungsi oatmeal adalah sebagai butiran yang membantu pengelupasan kulit. Aduk hingga merata. Cara memakai scrub sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan scrub di kulit, lalu diamkan selama 15 menit. Gosok perlahan dan bilas sampai bersih.

Penyegar
Tanpa campuran apapun, susu cair dapat digunakan sebagai penyegar wajah. Caranya, tuang susu di kapas, lalu oleskan ke wajah. Diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

Manfaat dari susu ternyata tidak hanya bisa didapat dari meminumnya, tapi juga bisa dengan menjadikannya bahan untuk mandi.Anda pun dapat melakukannya sendiri di rumah tanpa harus mengeluarkan dana yang besar.