Berkat Pendidikan Anak Usia Dini, Masa Depan Lebih Terjamin

Salah satu penunjang perkembangan anak yang saat ini umumnya menjadi pertimbangan orang tua adalah mengikutsertakan anak mereka menempuh pendidikan anak usia dini. Harapannya, langkah tersebut mampu mendukung anak untuk bersosialisasi dengan anak-anak seumuran lain sekaligus menjadikan mereka lebih mandiri.

Menurut para ahli, pendidikan usia dini sendiri berpotensi penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Menjalin hubungan pertemanan dalam bentuk interaksi dengan anak-anak seusia di dalam grup adalah keutamaan yang dapat ditingkatkan melalui pendidikan anak usia dini. Makin cepat anak-anak dikenalkan kepada hal-hal tersebut, maka makin bermanfaat pula bagi perkembangan mereka.

berkat pendidikan anak usia dini masa depan lebih terjamin - alodokter

Keuntungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Selain yang telah disebutkan, anak-anak yang mengikuti pendidikan usia dini dianggap memiliki banyak keuntungan. Beberapa keuntungan tersebut antara lain:

  • Membangun pondasi

Seorang direktur asosiasi penelitian pendidikan dini menyatakan bahwa anak-anak yang ikut berpartisipasi di sekolah PAUD akan memiliki kemampuan membaca dan berhitung yang lebih baik, serta kosakata yang lebih kaya ketika memasuki sekolah taman kanak-kanak Dengan menjalani pendidikan anak usia dini, buah hati Anda bisa mendapatkan keterampilan baru. Anak-anak juga akan mendapat kesempatan untuk mengembangkan keterampilan yang sebelumnya diperoleh di rumah.

  • Menjadi lebih sejahtera di masa depan

Sebuah analisis telah dilakukan terhadap mereka yang mengikuti pendidikan anak usia dini. Penelitian ini dilakukan kepada anak-anak tersebut hingga mereka berusia 24 tahun. Peserta didik ternyata memiliki potensi lebih besar untuk lulus dari jenjang universitas. Dengan demikian bisa memiliki pekerjaan yang stabil dan mampu untuk memiliki asuransi kesehatan. Penelitian lain juga menyebutkan bahwa anak-anak yang mengikuti PAUD ternyata memiliki tingkat pendidikan lebih tinggi, pendapatan lebih bagus, dan status sosial ekonomi yang lebih terjamin.

  • Terhindar dari perilaku menyimpang

Mereka yang menjalani pendidikan anak usia dini juga lebih mungkin untuk menjalani kehidupan normal, demikian hasil pernyataan di dalam sebuah penelitian. Statistik anak-anak peserta PAUD pun lebih rendah terkait keterlibatan di dalam permasalahan hukum. Mereka juga lebih mungkin terhindar dari penyalahgunaan obat-obatan.

Sisi Negatif dari PAUD

Meski penelitian-penelitian di atas menunjukkan bagaimana pendidikan anak usia dini mampu memberikan keuntungan, namun ada juga yang menganggap bahwa hal ini tidak terlepas dari adanya kekurangan. Adapun kerugian memberikan pendidikan anak usia dini kepada anak antara lain:

  • Kelompok besar

Salah satu kekurangan pendidikan anak usia dini adalah karena kelasnya belum ideal. Banyak penyelenggara PAUD yang memiliki rasio antara pendidik dan murid yang terlalu jauh. Jumlah anak-anak yang terlalu banyak di dalam satu kelas ditengarai bisa membuat pengembangan keunikan tiap siswa tidak terasah dengan selayaknya. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya orang tua memilih penyelenggara yang memiliki rasio satu guru tiap 8-10 anak berusia 4-5 tahun. Atau satu guru untuk tiap 6-9 anak berusia 2,5-3 tahun.

  • Jadwal yang tidak fleksibel

Kesulitan mengeksplorasi kemampuan anak didik PAUD juga dimungkinkan terjadi berkat jadwal yang tidak fleksibel. Biasanya sekolah memiliki pedoman yang sudah digariskan oleh pemerintah. Kekakuan untuk tunduk kepada aturan yang digariskan inilah yang dikhawatirkan membuat ruang gerak guru dalam menggali kemampuan siswa menjadi terhambat. Hal ini biasanya terjadi pada anak-anak yang memiliki daya tangkap dan pemahaman di atas rata-rata.

Meski begitu, pengalaman pendidikan anak usia dini tetap penting untuk diwujudkan sebagai langkah adaptasi Si Kecil untuk belajar sejak dini. Manfaatnya pun makin nyata seiring sistem penyelenggaraan PAUD kian mendekati ideal berkat makin baiknya rasio guru dan murid. Jadi, jangan ragu mengikutkan anak pada program ini jika usia mereka memang sudah memenuhi syarat.