Buah dan Sayuran Penambah Darah untuk Penderita Anemia

Anemia merupakan kondisi di mana jumlah sel darah merah mengalami penurunan. Anemia dapat terjadi ketika seseorang kekurangan zat besi dari asupan harian maupun karena kondisi medis tertentu.  Anda bisa mencukupi kebutuhan zat besi melalui suplemen atau pun makanan. Ada banyak jenis buah dan sayuran penambah darah yang kaya akan zat besi, serta nutrisi lainnya yang dapat membantu penyerapan zat besi.

Zat besi sendiri dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat hemoglobin. Hemoglobin inilah yang kemudian bertanggung jawab untuk membawa oksigen yang sangat penting untuk otot dan ke seluruh jaringan tubuh. Jadi zat besi turut serta menjaga tubuh agar tidak kekurangan oksigen dan dapat berfungsi dengan efektif.

buah dan sayuran penambah darah untuk penderita anemia - alodokter

Berikut ini adalah beberapa jenis buah dan sayuran penambah darah yang baik dikonsumsi untuk Anda yang mengalami anemia defisiensi zat besi.

  • Bayam
    Tahukah Anda? Setidaknya di dalam 225 gram bayam yang mentah terdapat 0,81 mg zat besi. Inilah kenapa bayam menjadi sumber zat besi yang sangat baik untuk Anda yang mengalami anemia. Tidak hanya kaya akan zat besi, bayam juga mengandung kalsium, serat, vitamin E, protein, dan vitamin A. Tidak perlu bingung dalam mengonsumsi bayam, sayuran penambah darah ini bisa dimasak terlebih dahulu atau langsung dimakan mentah. Karena kedua cara mengonsumsi tersebut tetap akan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh Anda. Tapi, disarankan agar bayam diolah terlebih dulu, seperti direbus atau ditumis. Cara ini akan lebih memudahkan tubuh dalam menyerap nutrisinya.
  • Kacang Kedelai
    Terdapat lebih dari 4 mg zat besi yang terkandung dalam 200 gram kacang kedelai. Tidak sampai di situ, kacang kedelai juga kaya akan mangan, tembaga, serat, protein, asam amino, dan ragam vitamin lainnya.
  • Jeruk
    Seperti yang sudah disebutkan di atas, seseorang yang mengalami anemia juga memerlukan nutrisi lainnya untuk membantu penyerapan zat besi. Adapun nutrisi yang dibutuhkan adalah vitamin C. Jeruk yang mengandung cukup banyak vitamin C diyakini bagus untuk penderita anemia. Anda dapat mengonsumsi buah ini baik dengan memakannya langsung atau mengolahnya menjadi jus. Hal yang perlu Anda ingat adalah mengonsumsi buah jeruk pada saat yang bersamaan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi.

Selain kacang, buah, dan sayuran penambah darah di atas, makanan lainnya yang dapat membantu Anda dalam menambah darah antara lain adalah aprikot, kismis, buah prem yang dikeringkan, kale keriting, kacang polong, anggur, brokoli, tomat, melon, kiwi, stroberi, dan tomat.

Resep Sayuran Penambah Darah yang Enak dan Sehat

Kini Anda sudah tahu makanan apa saja yang bagus untuk anemia, bukan? Agar menu harian Anda lebih bervariasi, berikut ini adalah resep olahan sayuran penambah darah yang mungkin Anda sukai. Pasta dengan tomat dan bayam. Mudah, enak, dan sehat.

Pertama, siapkan dulu bahan yang Anda butuhkan.

  • 225 gram bayam. Potong sesuai selera.
  • 149 gram tomat ceri. Belah menjadi dua bagian.
  • 400 gram pasta yang sudah direbus terlebih dahulu. Terdapat berbagai pilihan pasta seperti makaroni, penne, spageti, fusili, pasta berbentuk kerang kecil, atau rotelli. Semua disesuaikan selera Anda.
  • 1 sendok makan kacang pinus panggang (sesuai selera).
  • Lada, bawang putih, dan garam secukupnya.

Jika semua bahan sudah lengkap, tahap selanjutnya tentu saja memasak pasta yang lezat dan nikmat ini.

  1. Tuangkan minyak zaitun ke atas teflon dan panaskan. Jika minyak sudah panas, masukan bayam, tomat, dan bawang putih. Kemudian tumis hingga tomat layu, dan bayam mulai berwarna hijau terang. Lalu, beri lada dan garam secukupnya.
  2. Jika rasa tumisan bayam dan tomat sudah pas di lidah Anda. Kini saatnya memasukan pasta yang sudah direbus. Aduk hingga pasta tercampur rata. Kemudian taburkan keju parmesan di atasnya, lalu matikan api. Tunggu hingga pasta tidak terlalu panas, kemudian barulah Anda bisa menaburkan potongan kacang pinus di atasnya.

Resep di atas dapat dikatakan sebagai perpaduan buah dan sayuran yang sehat. Bayam akan memberikan tubuh Anda zat besi yang dibutuhkan, sedangkan kandungan vitamin C dari tomat akan membantu tubuh Anda lebih mudah menyerap zat besi tersebut. Jadi, tunggu apalagi? Bagi Anda yang mengalami anemia defisiensi zat besi. Segeralah konsumsi kacang, buah, dan sayuran penambah darah agar tubuh tetap sehat.