Buat Susu Evaporated Sendiri dan Dapatkan Manfaatnya

Susu evaporated merupakan produk susu kalengan yang berbahan dasar susu segar. Susu segar yang digunakan akan dikurangi kadar airnya. Susu jenis ini biasa juga dikenal dengan sebutan susu kental tanpa gula.

Proses pembuatan susu evaporated sendiri dimulai dengan menguapkan kandungan air hingga 60 persen yang diikuti oleh proses homogenisasi. Setelah melalui kedua proses tersebut, susu kemudian dikemas di dalam kaleng dan dipanasi hingga 115-118 derajat Celcius selama 15 menit untuk tujuan sterilisasi.

buat susu evaporated sendiri dan dapatkan manfaatnya - alodokter

Pengurangan kandungan air dalam susu evaporated bertujuan memperpanjang masa kedaluarsa. Melalui proses ini, susu akan tahan beberapa bulan bahkan beberapa tahun lebih lama. Lamanya daya tahan ini pun akan tergantung kepada kandungan lemak dan gula di dalamnya.

Susu yang telah melalui tahapan produksi seperti di atas tetap tidak mengalami penyusutan berarti jika dilihat dari sisi kandungan nutrisi-nutrisinya yang penting. Proses pembuatan susu evaporated tetap membuat kandungan protein dan lemak dapat dicerna oleh tubuh. Kandungan mineral kalsium, fosfor, dan senyawa lainnya di dalam susu jenis ini juga bisa dicerna, sama seperti susu segar.

Tiap 100 gram susu evaporated terdapat 74,04 gram air, selain itu masih ada:

  • 134 kcal energi;
  • 6,81 gram protein;
  • 7,56 total lemak; dan
  • 10,04 karbohidrat.

Golongan mineral yang ada dalam susu evaporated antara lain kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium dan zinc. Sementara itu, kandungan vitamin pada susu jenis ini mencakup vitamin C, tiamin, riboflavin, niacin, vitamin B-6, vitamin B-12, vitamin A, dan folat.

Membuat Susu Evaporated di Rumah

Susu evaporated biasanya digunakan untuk membuat makanan atau minuman yang bertekstur halus dan lembut. Beberapa makanan dan minuman yang biasanya memakai bahan susu jenis ini adalah milkshake dan brownies. Lalu bagaimana jika rasanya ingin membuat camilan, namun tidak memiliki susu evaporated? Tidak perlu khawatir karena nyatanya tidak sulit untuk membuatnya sendiri di rumah.

Untuk membuat susu evaporated, cukup persiapkan bahan dasar sebagai berikut.

  • Setengah cangkir mentega;
  • Setengah cangkir air mendidih; dan
  • Satu setengah cangkir susu bubuk instan.

Campurkan mentega dan air ke panci berukuran sedang yang telah dipanaskan. Sesudah itu, aduk hingga rata. Kecilkan api saat campuran mentega dan air sudah mendidih. Pastikan campuran tersebut terus-menerus diaduk selama proses pembuatan.

Langkah selanjutnya adalah mencampurkan susu bubuk instan ke dalam larutan dan aduk terus sampai campuran bahan-bahan ini benar-benar larut. Masak campuran ini hingga mencapai tingkat kekentalan yang diinginkan. Diamkan campuran tersebut hingga mendingin dengan sendirinya.

Susu evaporated buatan sendiri ini bisa dikemas ke dalam botol kaca dan disimpan di kulkas. Kualitasnya akan tetap baik untuk dikonsumsi setidaknya hingga satu minggu setelah pembuatan. Jika ingin mengurangi jumlah lemak dalam susu evaporated buatan sendiri, maka lakukan pengurangan takaran mentega sesuai keinginan.

Lebih efisien serta memiliki kandungan gizi yang tidak jauh berbeda dengan susu segar menjadikan susu evaporated sebuah pilihan makanan yang dapat dikonsumsi kapan saja. Dengan harganya yang relatif murah, hal tersebut membuat susu jenis ini layak dijadikan salah satu tambang gizi bagi anggota keluarga.