Cara Kerja Telinga dan Fungsi Lain yang Dimiliki

Ingin tahu bagaimana Anda bisa mendengar suara melalui telinga Anda? Ternyata cara kerja telinga tidak sekedar mendengarkan masuknya suara suara. Simak ulasan berikut tentang cara telinga memroses suara yang kita dengar.

Telinga memiliki setidaknya tiga bagian utama, yaitu bagian luar, tengah, dan dalam. Ketiga bagian ini memiliki tugas dan fungsinya masing-masing. Pada bagian luar terdapat daun telinga, dan liang telinga. Pada bagian tengah terdapat gendang telinga (membran timpani), rongga timpani berisi tiga tulang pendengaran yang kecil-kecil, dan tabung pendengaran (tuba Eustachius). Sedangkan telinga bagian dalam terdapat rongga labirin yang berisi tulang labirin (osseous labyrinth) terdiri dari koklea (cochlea), vestibulum, dan tiga kanal berbentuk semisirkular.

cara kerja telinga dan fungsi lain yang dimiliki - alodokter

Ketiga bagian telinga ini memiliki fungsi berbeda-beda yang membantu Anda dalam mendengar. Pada bagian luar, daun telinga berfungsi menangkap suara di sekitar Anda. Setelah daun telinga menangkap suara, suara tersebut akan masuk ke telinga bagian tengah melalui liang telinga. Pada bagian ini, suara tersebut akan diubah menjadi getaran yang akan disalurkan ke tulang pendengaran dengan bantuan gendang telinga.

Setelah getaran ini menggerakkan ossicles atau tulang-tulang kecil di dalam telinga tengah, kemudian, tulang-tulang ini akan membantu suara bergerak masuk ke telinga bagian dalam.

Setelah berada di telinga bagian dalam, getaran tersebut akan masuk ke dalam koklea atau rumah siput yang berisi cairan. Koklea dilapisi oleh sel-sel kecil yang tertutup rambut-rambut tipis dan halus. Ketika getaran tersebut mengenai rumah siput, rambut akan bergerak dan menciptakan sinyal ke otak sehingga otak mengenali getaran sebagai suara. Begitulah cara kerja telinga dalam memroses suara.

Kenali Juga Fungsi Lain Telinga Anda

Kini Anda sudah tahu bagaimana cara kerja telinga, bukan? Sekarang saatnya mengenali juga apa saja fungsi lain telinga selain untuk mendengar. Tidak sekadar mendengar, nyatanya telinga juga berperan dalam menjaga keseimbangan tubuh Anda.

Bagian telinga yang berperan adalah tiga kanal semisirkular yang berisi ribuan rambut sangat kecil yang hanya tampak secara mikroskopik dan berisi cairan. Ketika Anda menggerakkan kepala Anda, cairan yang ada di dalam ketiga kanal ini akan bergerak, cairan inilah yang kemudian akan menggerakkan rambut-rambut kecil tersebut dan mengirimkan sinyal ke otak mengenai posisi kepala Anda. Setelah itu, otak akan menyampaikan pesan ke otot untuk menjaga keseimbangan Anda.

Kini, Anda sudah tahu cara kerja telinga dan fungsi lainnya, saatnya Anda menjaga kesehatan telinga Anda dengan baik. Agar pendengaran dan keseimbangan Anda tetap terjaga dengan baik hindarilah beberapa hal yang dapat merusak kerja telinga Anda, seperti mendengarkan musik terlalu keras atau menggunakan headset terlalu sering dengan suara yang keras. Selain itu, lakukan pemeriksaan dan menjaga kebersihan telinga Anda secara teratur.