Cara Melakukan Diet Pisang yang Benar

Pemilihan makanan yang tepat saat berdiet adalah cara  terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan. Diet yang sehat juga harus diimbangi dengan olah raga secara teratur. Anda dapat menerapkan diet pisang atau morning banana diet untuk memaksimalkan program diet yang Anda lakukan.

Morning banana diet atau Diet Asa-Banana pertama kali diperkenalkan oleh Sumiko Watanabe, seorang apoteker dari Jepang. Diet pisang ini intinya adalah mendorong Anda untuk makan buah saat lapar dan mengurangi porsi makan. Anda juga harus memahami lebih jauh tentang perasaan lapar dan kenyang. Makan setelah jam 8 malam juga tidak disarankan pada diet ini.

Berikut panduan yang dapat Anda gunakan untuk menerapkan diet pisang :

Sarapan

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, salah satu cara terbaik adalah dengan mengubah gaya hidup dengan sarapan yang sehat setiap pagi. Sarapan dapat membantu menjaga metabolisme Anda. Pastikan Anda makan dalam waktu 30-60 menit dari bangun tidur agar pembakaran lemak tubuh bisa berjalan maksimal. Sarapan juga memastikan Anda tidak merasa kelaparan di siang hari dan membuat pilihan yang buruk dalam memilih makanan untuk mengatasi lapar.

Sarapan dengan makanan yang mengandung pati resisten dapat membantu Anda tetap kenyang dan membakar lebih banyak kalori pada tubuh. Salah satunya adalah pisang.

Pisang yang murah dan lezat ini mempunyai manfaat yang banyak untuk kesehatan yaitu:

  • Melancarkan pencernaan.
  • Membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Mencegah stroke ringan.
  • Menyediakan energi.
  • Sumber magnesium yang baik.
Pada diet pisang, saat sarapan Anda diharuskan untuk makan pisang dan minum air putih saja. Buah pisang tidak boleh dimasak atau dibekukan terlebih dahulu. Anda dapat mengganti pisang dengan buah lainnya, tetapi hanya satu jenis saja. Jika Anda masih merasa lapar, tunggulah sekitar 15 sampai 30 menit sebelum makan makanan lainnya.

Makan siang dan malam

Tidak ada aturan yang ketat untuk makan siang dan malam pada metode diet pisang ini. Anda dapat mengonsumsi makanan apa pun yang Anda inginkan. Tetapi Anda harus berhenti saat merasa kenyang sekitar 80% dari kebutuhan makan Anda.

Makanan ringan

Makanan ringan hanya diperbolehkan satu kali saja setiap siang atau sore, ini adalah satu-satunya waktu di mana Anda bisa mengonsumsi makanan manis. Meskipun begitu, diet ini juga perlu menghindari es krim, susu dan produk olahan turunannya.

Tidur Cukup

Diet pisang juga memastikan Anda untuk fokus pada waktu tidur yang cukup antara 7 hingga 9 jam setiap malam. Ketika Anda lelah akibat kurang tidur, kemungkinan untuk makan berlebihan dan mengonsumsi makanan yang kurang sehat akan meningkat.

Diet pisang merupakan teknik yang baik diterapkan dalam gaya hidup Anda. Jika Anda dapat menerapkan strategi diet ini, maka akan memiliki kesempatan yanng lebih baik di jangka panjang untuk penurunan berat badan dan meningkatkan kesehatan. Hal ini juga dapat menghindarkan Anda dari diet ekstrim yang dapat mengganggu kesehatan.

Diet ini tentu dapat menjadi solusi bagi Anda yang menderita obesitas. Tapi ingat, belum ada bukti yang pasti mengenai keefektifan diet pisang untuk menurunkan berat badan. Selalu konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki kondisi medis tertentu yang membuat Anda tidak bisa mengonsumsi pisang. Anda tetap disarankan untuk berolahraga untuk diet maksimal setiap hari untuk membantu menurunkan berat badan.