Cara Memanjangkan Bulu Mata yang Benar

Bulu mata tidak hanya sekadar mempercantik diri, tapi juga berfungsi untuk melindungi mata. Berikut ini cara memanjangkan bulu mata yang aman dan perlu Anda ketahui.

Menumbuhkan atau memperpanjang bulu mata sejatinya bukan hanya sekadar urusan estetika. Sebab selain untuk mempercantik diri, bulu mata juga memiliki fungsi melindungi mata dari debu dan rambut.

cara memanjangkan bulu mata yang benar - alodokter

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan bulu mata yang panjang dan cantik.

  • Gunakan obat dokter

Dokter akan memberikan obat yang sebenarnya digunakan untuk mengobati glaukoma. Obat ini memiliki efek samping meningkatkan pertumbuhan bulu mata. Sebelum menggunakan obat ini, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terkait penyakit mata yang pernah diderita.

Meski banyak yang menilai bahwa obat ini minim risiko, namun ada pro dan kontra  terkait pemakaian obat ini. Pihak yang pro berpendapat obat ini memiliki efek samping yang minimal karena digunakan di kelopak mata dan hasilnya efektif. Namun yang kontra berpendapat obat ini bisa menyebabkan iritasi bagi kulit sensitif dan hasilnya tidak tahan lama.

  • Memakai obat di pasaran

Beberapa obat yang diklaim mampu menumbuhkan bulu mata agar lebih panjang ada yang dijual bebas. Sayangnya obat yang bisa diperoleh di apotek tersebut tidak mengandung formula inti prostaglandin yang berperan sebagai perangsang untuk pertumbuhan bulu mata. Kini, hanya obat yang bisa diperoleh dengan resep dokterlah yang memiliki kandungan prostaglandin. Alhasil, meski harganya terjangkau, efektivitas dari produk yang dijual bebas masih meragukan.

  • Memakai vaselin

Teknik ini pada dasarnya hanya mengakali bagaimana caranya agar bulu mata terlihat lebih panjang. Metode ini akan menampakkan hasil 3 minggu setelah pemakaian rutin.

Caranya pun mudah, siapkan sikat maskara lalu bersihkan dengan air. Setelah bersih, taburilah sikat tersebut dengan bedak bayi. Lalu sikatlah bulu mata Anda dengan vaselin.

  • Menggunakan lip balm

Selain untuk bibir, lip balm ternyata juga bisa dijadikan media untuk memanjangkan bulu mata jika digunakan dalam jangka panjang. Lip balm yang memiliki rasa dianggap lebih efektif dibandingkan yang tanpa rasa.

Caranya, oleskan lip balm pada bulu mata dan sebaiknya menyentuh kelopak mata. Lakukan hal ini sebelum tidur pada kedua mata Anda. Lalu tutuplah mata dengan masker tidur, akan lebih baik jika masker yang Anda gunakan terbuat dari sutra. Saat bangun pagi, bersihkan mata. Anda bisa mengulanginya saat akan bepergian. Oleskan sebanyak dua kali agar lebih meresap.

Pastikan Anda Merawat Bulu Mata

Sama seperti bagian tubuh lainnya, bulu mata juga wajib dirawat agar pesonanya bisa bertahan lama. Beberapa langkah untuk merawat bulu mata yang wajib dilakukan antara lain:

  • Membersihkan maskara pada kelopak dan bulu mata saat hendak tidur. Maskara membuat bulu mata lebih kaku dan rentan patah.
  • Rutin mengganti maskara setiap 3 hingga 6 bulan sekali agar maskara tidak menjadi sumber penyakit.
  • Hilangkan gumpalan maskara pada bulu mata sehingga bulu mata mudah disisir.
  • Usahakan tidak mencabut bulu mata atau menggosok-gosok mata karena bisa membuat bulu mata mudah patah atau lepas dari akarnya.
  • Jika memakai penjepit bulu mata, jangan pernah menarik kelopak mata Anda.
  • Saat mata terkena penyakit seperti iritasi atau penyakit lainnya maka cobalah mengganti kosmetik atau kunjungilah dokter mata.

Jika cara memanjangkan bulu mata dikombinasikan dengan cara merawat bulu mata, maka memiliki bulu mata indah bukan lagi impian.