Cara Mencerahkan Wajah secara Alami yang Lebih Efektif

Selain lebih sehat, cara mencerahkan wajah secara alami membuat Anda tidak tergantung pada produk kosmetik yang mahal, lebih sedikit efek samping, dan hasilnya dapat lebih tahan lama. 

Beberapa orang cenderung menggunakan produk mahal untuk membuat kulit wajah tampak lebih cerah. Padahal, produk-produk ini tidak selalu efektif, bahkan berisiko menyebabkan gangguan kulit jika digunakan secara tidak tepat. Di bawah ini adalah cara mencerahkan wajah secara alami yang dapat dicoba.

cara mencerahkan wajah-alodokter

Produk perawatan wajah sesederhana mungkin

Orang sering berpikir bahwa menggunakan banyak produk perawatan wajah akan mendatangkan manfaat lebih. Kenyataannya menggunakan terlalu banyak produk berbeda justru akan mendatangkan lebih banyak risiko iritasi. Di samping itu, kandungan bahan tertentu juga dapat mengurangi manfaat suatu bahan dalam produk lain, sehingga penggunaan menjadi tidak efektif. Misalnya, asam salisilat memecah bahan seperti vitamin C atau retinol. Oleh sebab itu, gunakan produk perawatan sesedikit dan sesederhana mungkin sesuai kebutuhan Anda.

Beberapa hal di bawah ini dapat menjadi panduan.

  • Gunakan sabun dengan kandungan lembut untuk membersihkan wajah secukupnya. Mencuci wajah terlalu sering dengan sabun yang kandungannya terlalu keras dapat menghilangkan minyak alami wajah yang menjaga kulit tetap sehat.
  • Setelah mencuci muka, keringkan wajah dengan menepuk-nepukkan handuk, bukan menggesekkannya agar kulit tidak semakin kusam dan kering.
  • Hindari menggunakan produk berbahan dasar alkohol, terutama jika kulit wajah Anda termasuk kulit kering. Sebaliknya, jika kulit wajah Anda tergolong berminyak, hindari menggunakan produk berbahan dasar minyak dan gunakan yang berbahan dasar air.
  • Selalu oleskan tabir surya untuk melindungi kulit. Ulangi setiap tiga jam sekali, bahkan saat cuaca sedang mendung.
Menggunakan produk perawatan sesuai kebutuhan berarti mengurangi risiko terjadinya efek samping yang tidak diinginkan.

Perbaiki pola makan

Kurangi konsumsi makanan olahan dan perbanyak konsumsi sayur dan buah. Batasi konsumsi lemak dan karbohidrat untuk menjaga penampilan kulit. Juga batasi produk berbahan dasar susu yang juga dapat memicu jerawat. Ada baiknya masukkan makanan yang mengandung nutrisi di bawah ini dalam menu harian Anda.

  • Beta carotene dibutuhkan tubuh untuk diubah menjadi vitamin A. Vitamin ini penting sebagai cara mencerahkan wajah secara alami karena berperan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, menyembuhkan luka, dan mempercepat pergantian kulit. Untuk mendapatkan beta carotene, konsumsi sayuran dan buah berwarna kuning, oranye, dan merah seperti kentang manis, labu, dan wortel.
  • Ekstrak teh hijau kaya akan antioksidan seperti catechin yang membantu tubuh mencegah dan memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari. Kandungan ini menjadikannya tepat untuk mengatasi peradangan di kulit wajah.
  • Vitamin C dapat menutrisi kulit agar tidak kusam dan kendur dan juga mengandung antioksidan untuk memerangi radikal bebas dan mencerahkan kulit.
Konsumsi makanan yang sehat akan membuat kulit wajah lebih cerah dalam jangka panjang.

Kelola stres

Sebagian masalah pada kulit wajah, seperti jerawat dan kulit sensitif, terjadi karena stres yang tidak terkontrol. Kelola stres dengan menjaga ketenangan pikiran, melakukan hal yang disukai, dan menata ulang prioritas.

Hindari rokok, minuman beralkohol, dan paparan sinar matahari berlebih

Orang yang gemar merokok dan sering beraktivitas di bawah sinar matahari tanpa tabir surya cenderung tampak lebih tua dari usia sebenarnya, karena memiliki lebih banyak keriput dan pigmentasi pada kulitnya. Sebisa mungkin, hindari terlalu lama beraktivitas di luar ruangan antara jam 10.00 hingga 14.00, saat matahari sedang bersinar terik. Kenakan topi dan pakaian lengan panjang untuk mengurangi paparan sinar matahari.

Selain itu, rokok mengurangi aliran darah yang berperan dalam pembentukan kolagen sehingga wajah lebih berisiko keriput. Juga, hindari konsumsi minuman beralkohol karena berisiko menyebabkan kulit wajah menjadi kering.

Olahraga dan istirahat cukup

Tidur yang cukup adalah cara mencerahkan wajah secara alami yang paling sederhana. Dengan tidur 7–8 jam sehari, Anda akan terhindarkan dari kulit wajah pucat, mata bengkak, dan lingkaran hitam pada mata. Tidur dalam posisi telentang lebih baik untuk wajah dibanding posisi tengkurap. Selain itu, olahraga teratur berperan melancarkan sirkulasi dan membantu menutrisi kulit. Aliran darah yang lancar membantu produksi kolagen yang memperlambat terjadinya keriput.

Cara mencerahkan wajah secara alami memang tidak akan membawa hasil seketika. Tetapi selain menghemat biaya, cara-cara ini tidak hanya membuat wajah lebih cerah, tapi juga tubuh lebih sehat.