Cara Menebalkan Rambut Secara Alami

Tidak perlu biaya yang mahal untuk menebalkan rambut Anda.  Ada cara menebalkan rambut secara alami yang dapat Anda lakukan di rumah.

Banyak faktor yang dapat memengaruhi ketebalan rambut seseorang, antara lain faktor keturunan, polusi, nutrisi yang tidak mencukupi, perawatan rambut yang tidak memadai hingga penggunaan bahan-bahan kimia yang merusak rambut.

cara menebalkan rambut secara alami - alodokter

Untuk memiliki rambut yang tebal Anda tidak perlu merogoh kocek yang besar. Anda bisa menebalkan rambut secara alami dengan menjaga asupan dan melakukan perawatan di rumah dengan bahan-bahan yang sering kita jumpai.

Perawatan di Rumah

Berikut ini perawatan yang bisa Anda lakukan untuk menebalkan rambut secara alami dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah kita jumpai sehari-hari, seperti :

Gunakan minyak kelapa atau peroleh manfaat minyak zaitun, dengan memakainya pada rambut sekitar 30-60 menit sebelum keramas. Oleskan minyak hingga kulit kepala dengan gerakan memutar sambil dipijat perlahan. Lalu tutupi dengan handuk lembap sebelum mencucinya.

Dapatkan khasiat lidah buaya dengan membelah dan mengoleskan ke kulit kepala. Diamkan sekitar 30 menit sebelum keramas, atau gunakan 10-15 menit setelah menggunakan sampo, kemudian cuci bersih.

  • Telur

Perawatan rambut dengan telur dapat dilakukan 3-4 kali dalam seminggu. Pertama, basahi rambut terlebih dahulu lalu ambil isi dua butir telur, oleskan pada rambut dan diamkan sekitar 5-10 menit. Lalu cuci rambut dengan air hangat.

  • Avokad dan pisang

Campuran avokad dan pisang yang sudah dihaluskan, dapat langsung dioleskan ke kulit kepala. Diamkan selama 30 menit, sebelum dicuci bersih.

  • Jeruk

Untuk membantu rambut menjadi lebih tebal, Anda juga dapat menggunakan perasan air jeruk. Diamkan di rambut sekitar 30 menit, lalu cuci bersih. Air jeruk juga dapat digunakan untuk mencegah ketombe. Caranya, oleskan air jeruk beserta butiran-butirannya ke kulit kepala. Lakukan satu kali seminggu.

Didukung Nutrisi Seimbang

Selain melakukan perawatan di atas, untuk menebalkan rambut secara alami perlu didukung oleh pola makan dengan nutrisi seimbang.

Salah satu faktor yang menentukan kesehatan rambut adalah protein. Untuk memenuhi kebutuhan protein, Anda dapat mengonsumsi telur, ikan salmon, daging, dada ayam dan kedelai. Selain itu, Anda juga dapat mengombinasikan kacang-kacangan dan biji-bijian dengan nasi, jagung atau gandum untuk memaksimalkan asupan asam amino untuk produksi keratin yang mencukupi.

Kekurangan karbohidrat dapat menyebabkan rambut rontok. Untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, Anda dapat mengonsumsi nasi merah, roti, sereal dan pasta dari gandum utuh

Lemak omega 3 merupakan salah satu nutrisi yang memengaruhi kesehatan rambut. Lemak jenis ini terdapat pada selaput sel kulit kepala dan memproduksi minyak yang membuat kulit kepala dan rambut tetap lembap. Salah satu sumber lemak omega 3 yaitu minyak ikan.

Secara umum, semua jenis vitamin dan mineral sangat penting untuk kesehatan rambut dan tubuh. Vitamin B memiliki beragam manfaat, salah satunya sebagai asupan yang penting bagi rambut, terutama biotin atau vitamin B7. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan rambut rapuh atau rontok. Sumber biotin antara lain keju, yoghurt, telur, sereal dan ayam.

Kekurangan mineral zinc dapat menyebabkan kulit kepala kering dan mengelupas, serta rambut rontok. Penuhi kebutuhan zinc dengan mengonsumsi telur, daging sapi, kerang atau kacang merah.

Tips Menghindari Rambut yang Makin Tipis

Untuk memperoleh rambut tebal yang sehat, ada beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain :

  • Pilih sampo yang tepat. Perawatan rambut dapat dilakukan dengan sampo yang tepat, hindari produk rambut yang mengandung bahan kimia yang merusak folikel rambut dan membuat rambut kering, misalnya produk yang mengandung sulfat. Sampo herbal merupakan salah satu jenis produk bebas sulfat.
  • Hindari terlalu sering mencuci rambut. Hal itu dapat menyebabkan rambut rapuh atau bercabang. Gunakan air hangat untuk mencuci rambut, jangan air panas. Pakai kondisioner untuk melembapkan rambut.
  • Jangan mengeringkan rambut dengan menggosok atau membungkus rambut dengan handuk. Hal ini dapat menyebabkan rambut rentan putus. Menyisir saat rambut basah juga dapat merusak rambut. Sebaiknya biarkan rambut kering alami sebelum dirapikan dengan sisir bergigi lebar, jangan gunakan sisir sikat.
  • Batasi penggunaan alat elektronik pada rambut. Alat yang dapat meluruskan atau membuat rambut berombak dan pengering rambut sebaiknya tidak digunakan berlebihan. Jika diaplikasikan terlalu dekat pada rambut dapat merusak kutikula rambut sehingga tampak kasar dan makin tipis.
  • Lindungi dari sinar matahari dan polusi. Gunakan topi atau syal ketika beraktivitas di luar ruangan.
  • Kelola stres dengan baik. Pelepasan hormon akibat stres yang berlebihan dapat menyebabkan rambut rontok dan makin tipis. Kelola stres dengan baik dan lakukan perawatan kulit kepala, serta melakukan olah fisik.
  • Gunakan suplemen multivitamin jika perlu. Anda dapat mengonsumsi suplemen mengandung asam amino, biotin atau minyak ikan agar rambut lebih kuat dan tebal. Beberapa jenis penyakit dan obat-obatan dapat menyebabkan kerontokan rambut, jadi jangan sembarangan mengonsumsi suplemen, misalnya ketika menjalani kemoterapi atau radioterapi. Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Untuk memperoleh rambut tebal yang sehat, penting melakukan perawatan yang sesuai diiringi dengan asupan gizi seimbang. Jika terjadi gangguan atau kerusakan rambut yang mengganggu, konsultasikan dengan dokter kulit untuk memperoleh solusi yang terbaik.