Cara Mengatasi Ejakulasi Dini pada Pria

Sekitar 20 hingga 30 persen pria mengalami ejakulasi dini ketika sedang berhubungan intim dengan pasangan. Ketahui cara mengatasi ejakulasi dini pada pria di sini.

Waktu yang diperlukan hingga terjadinya ejakulasi berbeda-beda pada setiap pria dan tergantung dari bagaimana Anda dan pasangan menganggap apakah waktu tersebut cukup untuk memberikan kepuasan dalam berhubungan seksual.

how to overcome premature ejaculation - alodokter

Rata-rata pria mengalami ejakulasi setelah sekitar lima setengah menit sejak hubungan seks dimulai. Ejakulasi pada pria baru dinyatakan prematur oleh dokter ketika terjadi dalam waktu satu menit setelah penetrasi dilakukan. Penyebabnya bisa berasal dari gangguan pada kelenjar prostat, kelenjar getah bening di sekitar area kemaluan pria, atau kondisi lain.

Namun, faktor psikologis adalah yang paling sering menjadi penyebab terjadinya ejakulasi dini pada pria. Jika ini yang Anda rasakan, maka melakukan terapi untuk mengendalikan kegelisahan atau stres sebelum berhubungan seks bisa jadi cara mengatasi ejakulasi dini yang patut Anda coba.

Berbagai Cara Mengatasi Ejakulasi Dini

Ada berbagai cara mengatasi ejakulasi dini yang bisa dilakukan, namun untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda mungkin akan memerlukan waktu. Berikut adalah langkah alternatif untuk menunda ejakulasi dini yang bisa Anda coba lakukan dan diskusikan bersama pasangan.

  • Melakukan masturbasi 1–2 jam sebelum berhubungan seks.
  • Melatih otot panggul untuk meningkatkan kemampuan Anda menunda ejakulasi selama berhubungan seks.
  • Melatih teknik yang bernama pause-squeeze (menahan dan menekan) bersama pasangan ketika Anda berhubungan seksual. Teknik ini dilakukan dengan cara menghentikan penetrasi sejenak sebelum Anda ejakulasi dan meminta pasangan untuk meremas batang penis hingga keinginan untuk ejakulasi menurun. Anda bisa melakukan teknik ini berulang kali hingga Anda bisa menunda ejakulasi tanpa bantuan lagi.
  • Menarik napas dalam untuk meredam refleks ejakulasi juga bisa menjadi pilihan Anda agar bisa menunda ejakulasi.
  • Menggunakan kondom yang lebih tebal untuk mengurangi sensitivitas penis dan menunda ejakulasi.
  • Mengambil jeda untuk memikirkan hal lain ketika Anda mulai merasa akan mengalami ejakulasi, misalnya memikirkan kekalahan tim sepak bola yang Anda sukai.
  • Melakukan terapi seks atau konseling mengenai pengalaman seksual Anda atau pengalaman lain yang bisa menjadi pemicu ejakulasi dini bersama seorang terapis dan juga pasangan Anda.

Selain cara tersebut, dokter juga dapat merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi obat-obatan oral yang biasanya diberikan sebagai cara mengatasi ejakulasi dini, seperti paroxetine, sertraline, dan fluoxetine. Obat topikal juga dapat menjadi alternatif, misalnya lidocaine yang bersifat anestesi.

Jika Anda mengalami ejakulasi dini atau kesulitan menunda ejakulasi setelah melakukan langkah di atas, segera temui dokter untuk mencari tahu jika terdapat gangguan pada tubuh.